<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

tulisan ngawur orang yg nggak bisa bobo

untuk bisa lari n lompat2, pasti awalnya belajar melangkah dulu, nah ceritanya bayi fahmi sekarang lagi pengen bikin langkah pertama, langkah kecil, mungkin kepeleset, ato bahkan jatuh. untuk meminimalkan resiko jatohnya, bikin rencana langkah dulu.

and langkah kecil itu kira2 bakal berwujud warung.

rencananya kayak gini :

1. kenapa warung?
benernya ada 2 pilihan, jual makanan ato jual hiburan. 2 bisnis ini dijamin laku nggak peduli kondisi kaya ato krisis, manusia butuh konsumsi makanan n hiburan, kalo ngelihat situasi 1998 kemaren, diskotik bertahan, warung pecel juga bertahan. trus kenapa nggak jual hiburan? bener2 blank, kalo makanan kayaknya ada sedikit cahaya, bisa meraba2 walopun gelap. aku juga punya network yg bisa dimintai bantuan/petunjuk.

2. kenapa warung?
ini model bisnis B2C yg nggak pernah shifting trend-nya, benernya bisa juga sih kalo mo jadi konsultan B2B tapi kalo ilmunya udah obsolete nggak kepake, harus update terus. warung mungkin nanti perlu selalu update juga, tapi nggak bakal ngerombak banyak.

3. model bisnis
idealnya warung yg bakal running nanti itu model warung yg bisa ditinggal, operasionalnya dipegang ama orang yg bisa dipercaya, jadi nggak perlu ngantor di warung terus tiap hari, kan jadi sama aja ama kantor di kombes pol :p eh tapi itu berarti harus ngangkat manajer operasional, berapa duit??? ah shit!

4. franchise? (Y/N)
to franchise or not to franchise? benernya kalo mo jadi franchisee enak sih, brand udah kondang, nggak perlu banyak2 kerja buat marketing. tapi franchise itu biasanya mahal, aku kan modal dengkul aja hehehe... fresh corn tu butuh modal 'cuman' 16 juta, kalo franchise laen kayaknya berlipat2 lebih mahal lagi deh kayaknya. ya idealnya suatu hari nanti jadi frachisor yg megang merek terkenal! ...hehehe

5. menu yg dijual
nggak boleh njual barang yg cepet kadaluarsa macem bubur ayam, nasi pecel, roti dsb. yg mo dijual tu macem kopi, biskuit/snack, permen, es krim, dsb. jadi kalo bahan baku nggak habis kejual hari ini masih bisa disimpen buat besok.

6. lokasi
harus di tempat yg volume-nya besar, nggak harus di lokasi orang2 kaya, tapi deket ama mereka yg snob enough to spend money. misalnya deket sekolahan, kampus, ato tempat nongkrong anak muda. volume besar ini udah terbukti efeknya, contohnya wal-mart ato orang jual gorengan di depan warung bamboe itu, dagangan dia justru lebih laris daripada waroeng bamboe-nya sendiri.

7. style
warung nanti harus dibangun jadi tempat yg cozy buat nongkrong. nggak perlu look good, tapi harus comfort abiss! bikin warung yg nggak sempit, nggak sumuk n sinar matahari nggak nusuk mata, tapi bukan berarti jadi remang2 yg rawan razia gitu. starbucks, dome ato cocofrio bisa jadi referensi bagus, zangrandi ato excelso jelek, terlalu rame, terbuka, panas, berisik!

8. gimana cara nangkep pelanggan?
jadi inget teori value capture-nya 83. targetnya nyari orang yg lagi bengong nungguin jemputan macem di bandara/stasiun/terminal, mereka pasti mau ditawari ngemil ato ngopi sbentar sambil dengerin musik2 easy listening ato baca koran. kerjasama ama warung internet/game center sebagai feature tambahan. di dalem mall, tempat orang jalan2 n liat2, kalo yg gini berarti desain interiornya harus ciamik soro, kalo nggak eye catching nggak bisa value capture donk? cuman value creation aja? rugiii... ato di food court sekalian, trafficnya pasti gede, tapi gambling, tambah juga banyak saingan di kiri kanan, rame. di sekolahan waktu buyaran anak sekolah ato pas istirahat, prinsip yg ada di otak sekolahan tu istirahat = jajan!

9. modal
darimana n gimana caranya ngumpulin modal? kalo mecah pundi2 reksadana aku nggak mau, kongsi sama temen berarti harus share profit dong? kalo bisa rekrut/kerjasama dg mereka untuk operasionalnya aja. minjem duit? minjem kemana? interestnya seberapa? trus nanti kalo gagal, mbalikin modalnya gimana?

10. great plan! how am i gonna do it???
good question :p

------------------------------------

udah, gimana, bagus nggak? sampek segini dulu ya ceritanya, capek, besok bikin cerpen laen lagi deh ;)

fahmi!
(sang pemimpi)

“tulisan ngawur orang yg nggak bisa bobo”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    heheh, rencana lawas ae cak.. bukak warung sego rawon. aku tak dadi langganan setiamu.

  2. Blogger Eddy Fahmi Says:

    waduh, kalo warung rawon kayaknya kurang cocok ama point nomer 5 deh faj, resiko kadaluarsa barang dagangannya masih terlalu gede.