<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Museum Santet!

Saturday, November 22, 2008 by efahmi

Museum Kesehatan

Museum Santet, menyelamatkan dan memelihara warisan budaya, tradisi dan sejarah kesehatan nusantara, dan dunia.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH - Depkes RI, di jalan Indrapura ini mungkin nggak banyak dikenal orang. Padahal koleksinya nggak kalah unik lho dibanding House of Sampoerna. Bahkan, nggak banyak yang tau bahwa di Surabaya ini 'ada' museum bertema kesehatan. Tapi kalo ditanya tentang Museum Santet, mungkin beberapa pernah dengar.

Jadi, sebenernya apa benar santet itu ada? Apakah praktik tenung itu nyata? Di Museum Kesehatan ini saya lihat sendiri benda-benda yang nggak masuk akal itu, bahkan foto bayi yang tampak penuh tancapan paku di dada dan perutnya, dan rontgen penampakan gotri di dalam tubuh manusia, ha!

Aksesoris & Aura

Pengetahuan tentang santet sebenernya cuman sebagian koleksi Museum Kesehatan ini. Banyak juga informasi tentang budaya, dan sejarah perkembangan dunia medis yang bisa dipelajari. Lengkap mulai dari praktik pengobatan dari daratan Eropa dan Mesir kuno, hingga teknologi-teknologi modern dunia medis dan proses daur ulang sejumlah peralatannya.

Pengobatan dari Barat

Alat Kontrasepsi


Penjelasan Ilmiah Tradisi Leluhur

Pada aspek budaya, mungkin orang pernah tau tradisi kurungan bayi atau kebiasaan 'kerokan' untuk mengatasi masuk angin. Tapi, apa maksud tradisi mengurung bayi tersebut? Atau adakah penjelasan ilmiah dari praktik kerokan? Atau itu hanya sugesti/mitos saja? Ingin tau kenapa keris bisa menyembuhkan penyakit? Di Museum Kesehatan ini kita bisa belajar banyak. Karena memang Museum Kesehatan ini diharapkan mampu menjadi media pendidikan atau pembelajaran bagi masyarakat umum maupun masyarakat ilmiah yang perduli terhadap upaya kesehatan.

koleksi museum

Selain tinggi nilai manfaat ilmiahnya, Museum Kesehatan juga potensial jadi situs wisata yang menarik. Dengan sedikit sentuhan pemasaran mestinya banyak orang yang penasaran liat koleksi eksotis binatang-binatang yang bermanfaat dalam upaya pengobatan, binatang-binatang lain yang beracun, atau koleksi jailangkung dan ninik towok di museum ini, atau desain celana anti perkosaan, hahahaaa... Tapi saran saya: tidak perlu takut apabila anda menemukan peta penampakan makhluk halus di sekitar kompleks museum ini. Museum ini sudah 'relatif' aman. Yah, paling tidak, demikianlah yg pernah diomongkan mas pemandunya.

koleksi museum

Catatan: Museum Kesehatan dikelola oleh petugas pegawai negeri dari Sub Bidang Jaringan Informasi dan Perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan, jadi kalo pas tanggal merah ya ikut libur. Sekedar pertimbangan momen kunjungan. Sedangkan harga tiket masuknya sangat murah, hanya 1.500 rupiah saja.

Alamat:
Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH - Depkes RI
Jalan Indrapura, no. 17, Surabaya.


Lebih banyak lagi foto-foto koleksi Museum Kesehatan di:
http://mimimama.multiply.com/photos/album/51/museum_kesehatan

Labels: , , ,




1st anniversary Tugu Pahlawan

Tuesday, November 04, 2008 by efahmi

1st anniversary Tugu Pahlawan

Komunitas Blogger Surabaya | tugupahlawan akan merayakan ulang tahun yang pertamanya pada tanggal 10 november 2008. Beragam kegiatan unik dan menarik akan dihadirkan pada tangal 9 - 10 november 2008. Dengan mengangkat tema Suroboyo Go-Blog, diharapkan rekan - rekan blogger Surabaya berpartisipasi aktif untuk menyukseskan acara HUT TPC ini.

Agenda kegiatan HUT TPC yang pertama ini kami bagi ke dalam 2 acara besar, diantaranya :
Pelaksanaan : 09 November 2008
Waktu : 06.00 wib
Tempat : Taman Bungkul Surabaya
Acara :
. Acara Jogging Minggu Pagi
. Games

Pelaksanaan : 10 November 2008
Waktu : 19.00 wib
Tempat : RM Pecel Pincuk Jemur Sari - Surabaya
Acara :
. Gathering TPC dengan makan bersama
. Pemotongan kue tart secara simbolis
Untuk melakukan pendaftaran keiikutsertaan peserta ulang tahun TPC yang pertama, silahkan mengunjungi blog Tugu Pahlawan. Liputan lengkap perjalanan acara 1st anniversary TPC yang pertama ada di dagdigdug

Labels:




aksi donor darah tugupahlawan.com

Wednesday, October 29, 2008 by efahmi

gimana cara blogger surabaya merayakan hari blogger nasional (27 oktober 2008 kemaren)? member tugupahlawan.com melakukannya dg donor darah. praktis*, nggak perlu repot dan keluar anggaran, dan tinggi nilai manfaatnya :)

aksi donor darah tugupahlawan.com

terpujilah kalian sodara angki, dion, khuclukz, fayyas, cempluk, dan rofiq. semoga aksi sosial kalian bisa jadi inspirasi buat banyak orang, insya allah. aku sendiri ya pernah ndonor, tapi sayang sekali senen kemaren pas kebetulan nggak bisa ikut berpartisipasi. moga2 3 bulan ke depan bisa ikut donor bareng mereka.

buat yg tertarik ndonor, boleh langsung dateng ke unit transfusi darah palang merah indonesia surabaya di jalan embong ploso no. 7-15. itu kalo dari panglima sudirman, ambil jalur kiri, sampek ketemu tugu bambu runcing, belok kiri. gedung PMI ada di sebelah kiri jalan. prosesi pengambilan darah nggak sakit dan nggak lama, paling setengah jam sudah beres semuanya.

*) semuanya sudah siap di unit transfusi darah palang merah indonesia surabaya, tinggal datang, donor, dan makan2.


Credits: fotografi oleh angki, dokumen tugupahlawan.com

Labels: ,




yahoo akan dimatikan pada tgl 17 november

Friday, October 24, 2008 by efahmi

sample hoax di yahuu messenger

tidak perlu menjadi ilmuwan roket untuk memahami pesan di atas adalah hoax belaka, cuman butuh akal sehat.

ayolah, buat dirimu berguna, apa sulitnya sih melakukan langkah verifikasi sederhana untuk memastikan pesan berantai itu asli atau tiputipu? nggak sulit kok, gampang, segampang berjalan jalan di taman. cuman googling dikit lah... niscaya dalam tempo detikan sudah banyak referensi bona fide yg menjelaskan kenapa pesan tersebut nggak make sense.

berita buruknya adalah, pesan semacam ini sudah bersirkulasi tahunan di internet. dan dugaan saya (ya allah, semoga saya salah), tahun depan pun masih akan bersirkulasi lagi. dalam catatan snopes, pesan ini sudah beredar sejak desember 1999, *gawk!* tentu saja dengan mengalami sejumlah modifikasi dan migrasi medium penyebaran.

sesungguhnya, adalah ide bagus untuk melakukan verifikasi kebenaran pesan berantai sebelum meneruskannya. dan pada selemah2nya iman pun, tidak meneruskan pesan tersebut sudah terhitung ikut meredam lajunya arus penyebaran kebohongan.

eh tapi ada yg menarik dari hoax di atas. kalo sesuatu hal yg konyol dan pantes diguyu secara nista gitu mampu beredar tahunan dan menggalang banyak massa, mestinya bisa 'dimanfaatkan' juga toh ya?

coba ya, misalnya pada sample fiktif, yg terhormat tuan bill gates lagi iseng, beliau membuat hoax untuk disebar di jaringan yahoo messenger dan google talk (tetapi tanpa menyebarnya di jaringan live messenger, untuk menghemat benwit lah). pesannya seperti gini:
"awas, awal tahun 2009 interpol akan merazia lisensi linux pada semua laptop di bandara. laptop yg ketauan pake linux bajakan akan disita, dan pemiliknya akan dikenai denda 9 juta. segera install windows asli pada komputer anda. sebarkan informasi ini pada keluarga dan kerabat anda."

hmmm… mungkin nanti bisa diperhatikan statistik penjualan sistem operasi produk microsoft, efeknya seperti apa, haha.


sedikit tips dari saya:
lakukan verifikasi & koreksi apabila mampu. atau pada kondisi awam, berdiam diri adalah pilihan aman. lha daripada ikut menyebar hoax secara gegabah, yg berakibat mengumbar keidiotan diri pada publik. karena sesungguhnya hal demikian adalah memalukan. memalukan.

Labels:




posting lebaran

Wednesday, October 01, 2008 by efahmi

selamat hari raya idul fitri, 1 syawal 1429h.

mohon maaf lahir dan batin

taqobbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum
semoga allah menerima (amal) dari kami dan (amal) dari kalian (dan juga menerima) puasa kami dan puasa kalian

ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal fa’izin
semoga allah menjadikan kami dan juga kalian (termasuk) dari (golongan orang2) yang kembali (kepada fitrah) dan yang menang (melawan hawa nafsu)

mohon maaf lahir dan batin

Labels: , ,




le grand voyage

Tuesday, September 30, 2008 by efahmi

on their way to mecca, they found each other

le grand voyage

[spoiler alert!]

le grand voyage (2004), yg disutradarai ismael ferroukhi ini nggak beredar di jaringan bioskop 21. aku dapetnya nonton film ini dari dipinjemi dokter astri yg baik hati hihihi, thx. le grand voyage sudah banyak dinominasikan dan memenangkan sejumlah award.

lha terus apa yg istimewa dari film ini?


potret kehidupan orang tua - anak yg alami

beda dg film produksi hollywood yg banyak rekayasa, le grand voyage terasa lebih alami. potret kehidupan orang tua - anak yg alami tanpa perlu dibumbui dialog2 cerdas.

le grand voyage mampu menggambarkan gap antar generasi dan perbedaan pemikiran antara orang tua dan anak dg sedikit dialog.

diceritakan reda (nicolas cazale) yg sedang mempersiapkan diri untuk ujian, dan sedang ada hubungan dg lisa, harus meninggalkan semuanya demi nganter bapaknya (mohamed majd) pergi haji, nyetir mobil 3000 mil dari perancis sampek ke arab. karakter bapaknya sendiri adalah figur dominan yg keras kepala, imigran maroko di perancis yg taat menjalankan syariat islam, tanpa kompromi.

satu mobil, dua karakter yg sama2 keras. nah dalam perjalanan itulah mereka saling belajar mengenali profil satu sama lain. sampek akhirnya ketika datang di mekkah, reda dan bapaknya sudah bukan lagi karakter mereka di awal perjalanan.


btw, naik mobil? dari perancis ke mekkah?

lha iya, di film ini diceritakan reda dan bapaknya berpetualang dari perancis ngelewati italia, slovenia, kroasia, serbia, bulgaria, turki, suriah, jordan, hingga arab saudi (cmiiw). kenapa kok nggak naik pesawat ae toh? kan semua jadi lebih simple? apalagi selama di perjalanan ini mereka sering ribut. buat bapaknya sih ini perjalanan spiritual penuh makna, tapi buat reda ini siksaan.

bapaknya reda ngotot pingin naik mobil karena beliau punya analogi 'air laut baru akan kehilangan rasa pahitnya setelah ia menguap ke langit'. dan untuk menemui kemurniannya itu, air laut harus mengangkasa melewati awan. itulah mengapa sang bapak berpendapat lebih baik naik haji berjalan kaki daripada naik kuda. lebih baik naik kuda daripada naik mobil. lebih baik naik mobil daripada naik perahu. lebih baik naik perahu daripada naik pesawat. semakin sulit perjalanan menuju mekkah, (menurut sang bapak) maka semakin memurnikan jiwa.

trus lagi, buat sang bapak, kota mekkah sangat istimewa karena beliau belom merasa tenang kalo belom menyempurnakan ibadah haji. masalahnya, sang bapak nggak bisa nyetir. jadilah beliau minta tulung reda buat nyupir. sang bapak nggak akan mampu memenuhi kewajiban haji ini tanpa reda. redalah yg jadi penentu bapaknya bisa naik haji ato enggak.


movie goof

le grand voyage sukses mengiris-iris hati dengan sempurna. berjalan linear, diawali dg 2 karakter yg jauh beda, trus selama perjalanan mereka saling belajar, sampek akhirnya sang bapak ditemukan meninggal setelah memurnikan jiwanya dg menyempurnakan ibadah haji.

bahkan di bagian belakang film, penonton bisa ikut merasakan paniknya reda yg kehilangan bapak, sampek ikut merasakan klaustrofobia di antara himpitan para jemaah haji. pukulan keras buat reda yg barusan menemukan profil bapak selama perjalanan, lalu harus kehilangan secara instan.

tapi sayang kesempurnaan ide cerita ini masih dibolongi kesalahan teknis.

le grand voyage

pertama, digambarkan reda dan bapaknya masuk wilayah mekkah (dg potongan cerita mobil melewati perbatasan berupa gerbang berbentuk alquran besar). ini situasinya reda non muslim, dan bapaknya belom berihrom. catetan: jemaah haji mengenakan kain ihrom di lokasi miqot di luar mekkah.

lalu yg kedua, kostum ihrom bapaknya kebalik. kain ihrom tidak diselempangkan di pundak kanan gitu. sependek pengetahuanku sih bahu kanan itu mestinya terbuka, yg ditutup malah bahu kirinya.

trus masih ada lagi sejumlah goofs, tapi masih bisa diterima lah untuk ukuran 'film'. cuman dua yg di atas itu yg rasanya fatal. aku nggak tau film ini apa dikerjakan oleh orang muslim atau bukan? eh tapi kalo dikerjakan non muslim, kok bisa dapet gambar di dalam wilayah tanah haram?


penilaian

anyway, secara keseluruhan, film ini sip lah, bahkan buat sejumlah orang bisa jadi pemicu inspirasi pisan lho. perlu diburu, penting ditonton. kalo kamu belom nonton, cari lah :D

Labels:




terapi salat tahajud

Sunday, August 31, 2008 by efahmi

menyembuhkan berbagai penyakit.
terbukti secara medis dan ilmiah.

terapi salat tahajud

isbn: 979-114-014-6
penulis: prof. dr. moh. sholeh
penerbit: mizan media utama

lebih dari 14 abad perintah dan keutamaan tahajud diajarkan dari generasi ke generasi. al-quran maupun al-hadis menyatakan bahwa dahsyatnya kekuatan salat tahajud bagi pembentukan jiwa. dengan berjalannya waktu, mulai bermunculan berbagai analisis mengenai keutamaan salat tahajud, satu di antaranya adalah buku ini yang membahas dari sudut medis dan akademis.
(testimoni dikutip dari prof. dr. komaruddin hidayat)

buku ini pada mulanya adalah sebuah disertasi yg berhasil dipertahankan penulis di fakultas kedokteran universitas airlangga pada tahun 2000. disertasi itu berjudul "pengaruh salat tahajud terhadap peningkatan respon ketahanan tubuh imunologik, suatu pendekatan psikoneuroimunologi". disertasi itu kemudian diterbitkan ulang dalam bentuk buku dg bahasa yg lebih populer sehingga hasil dari penelitian bisa diakses dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.

secara redaksional, buku ini terbagi jadi tiga bagian: yg pertama berupa telaah bibliografik psikoneuroimunologi dg nalar deduktif tentang anatomi sistem kekebalan tubuh. eh bagian yg ini memang masih ada kesan elitis dan lebih cocok dikonsumsi kalangan akademis. tapi gpp, makan aja sampek abis.

bagian kedua, berisi deskripsi dari sumber2 normatif tentang salat tahajud, lalu ditutup dg sebuah kesimpulan hipotetik tentang psikoneuroimunologi salat tahajud.

dan bagian ketiga, adalah deskripsi laporan penelitian tentang pengaruh salat tahajud terhadap peningkatan respon ketahanan tubuh imunologik: suatu pendekatan psikoneuroimunologi.

satu temuan menarik yg diungkap prof. sholeh di buku ini adalah bahwa penyelenggaraan sholat tahajud secara ikhlas mampu menurunkan respons sekresi kortisol dan meningkatkan perubahan respons ketahanan tubuh imunologik. dg dasar temuan ini, konsep ikhlas yg sedemikian sentral dalam kesadaran religius, tetapi amat sukar menemukan parameternya, memperoleh penjelasan empirik: penurunan respons sekresi kortisol dan peningkatan perubahan respons ketahanan tubuh imunologik dalam kasus salat tahajud dapat digunakan sebagai indikator ikhlas untuk bidang amal saleh lainnya.

anyway, pada dasarnya ini buku yg bagus buat berbagai kalangan, pembaca nggak harus jadi dokter atau praktisi medis untuk mempelajari buku ini. bahkan dalam buku ini nggak cuman bisa dipelajari tahajud dari sudut pandang medis dan akademisnya saja, pembaca juga akan dapat makna salat tahajud, hakikat khusyuk dalam salat, bobot bacaan ayat dalam salat tahajud, sampai etika salat tahajud.

Labels: , ,




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers