<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

belajar nulis resensi

udah lama fahmi pengen beli tanah/rumah buat simpenan. benernya lebih minat beli tanah, soalnya bebas biaya perawatan n punya potensi buat dijadikan lokasi macem2. tapi sejauh ini yg fahmi tau tanah tu nggak ada yg dijual sistem kredit, semuanya minta dibayar tunai! gila... duit puluhan/ratusan juta dapet dari mana coba? mo minjem duit dari sponsor juga gimana caranya fahmi belom ngerti, sama sekali blank.

ok, situasi ideal kayaknya masih terlalu sulit diwujudkan, alternatif kedua, beli rumah.

seumur hidup ya baru kali ini nyusun rencana pembelian paling gede. bayangin, gimana ngumpulin uang muka aja masih blank, tabungan cuman dikit (itupun nggak semuanya cair), trus resiko yg mungkin terjadi waktu mbayar cicilannya gimana? kalo sekarang fahmi beli rumah, katakanlah dicicil 15 tahun, trus di tahun ke-5 fahmi bangkrut, gimana? gimana nanti ngatur pos pos belanja dengan penghasilan yg masih segini? gimana kalo... gimana kalo... gimana... duh banyak banget pikiran negatif yg nongol yah :p

barusan baca buku tulisannya mike rini, judulnya mewujudkan rumah idaman - tip & trik memiliki rumah dan mendapatkan kpr bank (isbn 979-20-5423-5).



buku ini kecil n murah, tapi manfaatnya banyak banget. dari buku ini fahmi dapet beberapa gambaran untuk persiapan n strategi pembelian rumah ;)

di bab 1
dijelasin tentang macem2 tempat tinggal mulai kos, nyewa, apartemen, beli rumah, segala kelebihan n kekurangan masing2.

di bab 2
dijelasin tentang perbedaan manfaat macem2 tempat tinggal tadi pada macem2 situasi hidup orang, tips n trik nyari sumber dana ato pembiayaan uang muka rumah.

di bab 3
pembicaraan udah mulai fokus pada 'beli' rumah. disono ada daftar panjang persiapan pembelian n spec rumah kayak gimana yg mo dibeli.

di bab 4
pembicaraan jadi lebih fokus lagi, disini dibahas gimana caranya beli rumah sistem kredit, mulai konsep kredit, kesanggupan finansial, pemilihan jangka waktu pembayaran cicilan, resiko2 yg mungkin terjadi dsb... dari bab 4 ini juga fahmi baru ngerti kalo besarnya cicilan rumah + cicilan lain + pembayaran hutang nggak boleh lebih dari 30% pendapatan per bulan. kenapa nggak boleh lebih dari 30%? kamu baca sendiri aja bukunya hehehe... selain itu disini juga ada strategi yg sama sekali belom terpikirkan. coba pikir kira2 enak mana nyicil rumah itu 5 tahun, 10 tahun, ato 15 tahun? banyak orang berpikiran semakin cepet lunas semakin baik, rite? belum tentu.

di bab 5
isinya itung-itungan. berapa besar kredit yg bisa didapet? berapa harga rumah yg mampu dibeli? dan detail2nya... hello accountant... please help me on this one!

di bab 6
ada trik2 bikin proposal kredit ke bank, nggak semua permohonan kredit dikabulkan, rite? trus kayak gimana strategi jitu dapet kredit dari bank? buat dulu portfolio keuangan yg sehat. karena ternyata bank nggak ngeluarkan kredit karena ada jaminan yg nilainya lebih besar dari nilai kreditnya, bank ngeluarkan kredit karena kondisi keuangan debitur.

di bab 7
ada trik2 tawar menawar harga rumah yg mo dibeli. selain itu dibahas juga perbedaan cara beli langsung ke developer, lewat broker, alih kredit, ato beli bekas tanpa perantara.

di bab 8
ada beberapa perincian biaya yg lumayan bikin lemes. apa bener uang muka itu besarnya 30% dari harga total? ternyata enggak, bisa jauh lebih banyak dari itu, urusan birokrasi, asuransi, hukum, dsb... wadooo... belom lagi belanja2 furniture n alat2 perawatan rumah yg harus dibeli segera, mmm... "biaya tak terduga" ternyata lumayan gede juga yah!

di bab 9
ada beberapa contoh kasus n konsultasi.

dah, segini aja dulu yah, besok jalan2 ke gramedia lagi, kulakan buku yg lain ;)

“belajar nulis resensi”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    wah bagus dan bermanfaat ya bukunya. terutama buat yg belum punya rumah :) -enda: http://enda.goblogmedia.com

  2. Blogger mimimama Says:

    dapet informasi buku ini dari milis SSR-InfodanArtikel

  3. Anonymous Anonymous Says:

    Yup, dilemanya sama ya :) Kalo buat simpanan kayaknya enakan tanah, tapi musti cash. Tapi kalo rumah walaupun bisa cicil musti siap2 keluar biaya perawatan juga yang gak kecil :)

    -erly-
    http://grayarea.goblogmedia.com

  4. Blogger gretan Says:

    hm...bliin rumah dunk!!!gak nolak lho!!:P

  5. Anonymous Anonymous Says:

    pinjem dong...