<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

blog-nya echa

karena ditulis pake bahasa english, mapendoz.com jadi berkualitas export hehehe... bahasa internasional bikin blog yg satu ini bisa dinikmati semua orang di seluruh dunia.

ukuran font cukup kecil tapi nggak kekecilan, bikin orang bisa baca postingnya echa tanpa banyak terganggu scroll, tapi kalo line-spacing-nya rapet2 gitu rasanya kok agak mengganggu mata yah? hey ini kan html, bukan ms-word, mana bisa ngatur line-spacing? mmm... mungkin untuk layoutnya bisa dibantu dengan mengganti align justify jadi left. sepele sih, tapi rasanya kok jadi lebih mudah dibaca. yah tapi suka suka echa lah dia mo nulis kayak gimana :p mapendoz.com kan blog-nya echa, dia bebas berkreasi sesuai mood, tanpa batas.

warna pastel yg dipake soft n bikin mata adem, enak buat dibrowse tengah malem hahahaaa... LOL :))

di blog ini dulu ada shoutboxnya, sekarang diremove. mungkin echa pikir semua blog punya shoutbox, buat apa pasang shoutbox lagi? jadi nggak ada bedanya dong ama yg lain? jadi blog pasaran, kurang menarik, nggak ada diferensiasi. trus echa punya ide kreatif yg bagus banget untuk solusi diferensiasi ini, ucapan terima kasih pada visitor yg udah ngasih comment. original.

kemudian dari sudut pandang marketing, ada yg menarik dari blog satu ini. di setiap posting echa selalu berterima kasih sama mereka2 yg udah ngasih comment di posting sebelumnya. dengan menyebutkan nama mereka di posting terbaru bikin para komentator itu merasa diperhatikan, dihargai lebih tinggi derajatnya ;) sehingga dari situ mereka jadi rajin balik ke mapendoz.com dan lebih sering lagi nulis comment. kalo kata hermawan kartajaya, yg kayak gini ini yg disebut diferensiasi, yg bisa bikin brand mapendoz.com jadi terkenal, masuk ke top of mind para blogger. kalo mo baca2 blog, yg mana dulu? ya baca mapendoz.com dulu lah.

echa bikin layout yg simple, mudah diavigasi. bikin blog ini cuman dibagi jadi 2 kolom, 1 kolom lebar untuk tulisan2 dia, satu lagi kolom kecil untuk lainnya. beberapa desain kreatif yg sangat canggih bahkan eksperimental justru membingungkan visitor. apalagi ditambah kosakata aneh2 yg maksa kita mikir dulu untuk ngerti maksudnya. yah layout mapendoz.com fahmi nilai bagus, enak dibaca ;)

ok, dari semua komponen teknis tersebut diatas, mapendoz.com udah boleh dibilang blog yg cukup bagus, tapi apakah 'bagus'nya mapendoz.com ini bisa bertahan lama? apa bisa sustaineable? blog ini kan bagian dari internet, di internet segala sesuatu cepet expired, teknologi bisa berkembang lebih cepat daripada trend fashion di paris. kalo mapendoz bertahan seperti ini, nggak lama lagi bakal banyak blog yg niru konsepnya echa, trus jadi pasaran deh, nggak different. untuk itu echa menjaga blog-nya dengan cara merespon semua comment dan masukan dari para visitor dengan cepat. dari sini mapendoz.com bisa dinilai menerapkan teori visitor-centric site, dimodifikasi dari tulisannya hermawan kartajaya, on becoming a customer-centric company.

kalo dibandingkan ama blog kompetitor, kita ambil salah satu contoh, blog-nya enda. disono banyak informasi berupa ilmu teknis dan berita hangat yg bisa dipelajari. semuanya langsung tersurat jelas di setiap postingnya. kalo di blog satu ini, banyak ilmu desain dan ilmu marketing yg bisa kita pelajari, sayangnya echa agak malu2 nulis konsepnya heheheh jadi dia share ilmunya secara tersirat aja dari tampilan secara keseluruhan.

fahmi nggak ngerti sejarah pembangunan blog ini dulu kayak gimana, entah echa nulis seperti itu secara natural ato dari riset empiris jangka panjang, tapi yg pasti hasilnya bagus banget, outstanding.

wes wes wes... walah... fahmi ini ngomong apa ya? kayak orang pinter aja, ayok sarapan.

“blog-nya echa”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    wes gile...nggak nyangka ada yg tulis ttg mapendoz.com :D kalo ttg text-align: justify sih aku sendiri yang buat jadi begitu, menurut gw sich, kalo yang left gitu kok jadi keliatan acak-acakan yach? :D [jadi tulisannya panjang pendek] tp itu hanya menurut gw lho...ah ntar coba line spacingnya di edit ah, soalnya wkt itu coba ngedit eh malah gak ada paragraf postingannya :( gimana caranya yach? dan yg bikin kecil, font familynya juga pengaruh kali yah selain font size?

    wihh kalo ttg plugging url tiap org yg udah komen sich itu iseng aja lagi sbenernya :D maksudnya biar tau siapa aja yg udah komen biar bisa komen balik [tentu aja kalo postingan mereka asik di komenin heheh]. Kalo boleh tau, Hermawan Kartajaya siapa ya?

    wah thanks bgt yah hihihih baru kali ini ada orang yg review blog gw, ini barusan pertama kalinya...nggak nyangka bgt heheh...dan iyah, weekend sich iya, live a real life, tp tadinya gw kira kamu itu update blog tiap hari, krn udah dari Thursday kan barusan update hari ini? :P

    echa
    ---
    www.mapendoz.cOm

  2. Blogger Eddy Fahmi Says:

    oops... sorry, i really missed that one. but hey, mindah shoutbox ke halaman tersendiri ide bagus ;) great job echa.