<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

marketing in venus



lagi nungguin siaran langsung balapan F1 di indianapolis. bengong. jadi pengen nulis tentang marketing in venus. but berhubung bukunya lagi dipinjemin ke irma, ada yg agak2 lupa gitu deh jadinya hehehe... kalo ada yg luput, pls koreksi yah :D

di buku men are from mars, women are from venus, john gray menjelaskan bahwa tipikal pria penduduk mars itu cenderung logis, rasional. sedangkan wanita penduduk venus cenderung emosional. dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini hidup manusia para penduduk bumi bukan semakin rasional, justru sebaliknya semakin emosional. bumi telah menjadi venus.

penduduk bumi sekarang adalah wo-men. wo-men disini bisa berarti bener2 wanita, ato bisa juga woman oriented man. diakui ato tidak, sekarang pria pun sudah berperilaku seperti wanita. orang macem david beckham nggak cuman jago bikin berita dari lapangan bola, di luar lapangan pun dia selebriti yg sering bikin banyak berita dengan gaya rambutnya terbaru, ato mode baju yg dipake ato gaya hidup metroseksualnya... di indonesia juga nggak beda, banyak pria yg suka creambath di salon ato rajin ke spa kalo weekend/liburan. fyi: orang macem tantowi yahya itu sehari mandi 3 kali lho, and masih ditambah pake lotion2 pelembab, spa, dsb.

perubahan gaya hidup ini membuat bisnis perlu ikut menyesuaikan strategi marketingnya. al ries ama jack trout dulu pernah ngomong bahwa 'positioning is not what you do to a product. positioning is what you do to the mind of the prospect. that is, you position the product in the mind of the prospect'. konsep positioning ini menurut para penulis marketing in venus sudah obsolete. penduduk bumi sekarang sudah lebih emosional, bukan rasional. jadi menempatkan produk di dalam top of mind sudah nggak jamannya lagi. sekarang sudah waktunya menempatkan service quality di dalam heart para prospect.

untuk membantu memasarkan produk/servis di venus, buku punya 18 prinsip yg bisa digunakan sebagai guidance. 18 prinsip itu dikelompokkan jadi 3 kategori: 1 perubahan business landscape, 2 strategi, dan 3 taktik. 18 prinsip tsb menjelaskan konsep marketing gaya baru hasil perkembangan teknologi informasi.

buku ini juga dilengkapi dengan 3 kaset yg isinya obrolan hermawan tentang 3 kategori tersebut diatas. diceritakan dengan gaya bahasa yg nggak terlalu serius, kaset2 itu lumayan nemenin fahmi di mobil, biar nggak ngantuk hehehe.

“marketing in venus”