<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

reksadana

kemaren ada yg nanya lagi tentang reksadana. daripada ngoceh terus tanpa biaya konsultasi kayaknya mending fahmi tulis disini aja yah, trus nanti kalo ada yg nanya lagi tinggal kasih permanen link kesini aja hehehe :D

apa itu reksadana?
bahasa linggrisnya mutual fund, ato kalo diterjemahkan ya kurang lebih dana gabungan heheheh. cara kerjanya para investor ngumpulin duit, trus dititipkan ke manajer investasi untuk ditanamkan di instrumen2 investasi di bursa. kayak gimana aturan main di bursa? investor nggak perlu tau, pokoknya titip duit ke manajer investasi aja n nerima laporan perkembangan modalnya udah berapa sekarang. urusan pusing biar si manajer investasi aja :D

apa kelebihan reksadana dibanding instrumen investasi lain?
reksadana itu gabungan duit para investor, jadi masing2 investor nggak perlu modal banyak untuk invest. bandingkan aja kalo mo invest di obligasi minimal 1 milyar, terjun langsung ke saham harus beli 1 lot, kurang lebih sekitar 25-30 jutaan, deposito minimal 5 juta, kalo di reksadana punya duit 250 ribu udah bisa ikut investasi.

selain itu di reksadana kita punya manajer investasi yg ngurusi perkembangan modal, kita nggak perlu tau aturan main bursa, ngikuti perkembangan politik tiap hari, ngawasi kondisi ekonomi negara dsb... semuanya diurus manajer investasi. kita sebagai investor cukup titip modal aja, tau tau udah kaya hahahaaa :))

resiko di pasar saham gede banget, apalagi kita2 yg awan tentang dunia seperti itu wuihh... kalo di reksadana resikonya lebih kecil, tapi keuntungannya lebih gede daripada deposito. tapi jangan lupa walopun resiko kecil, tetep 'ada' lho.

macem2 reksadana apa aja?
  • reksadana saham, modal kita lebih banyak dimainkan di bursa.

  • reksadana pendapatan tetap, modal dimainkan di obligasi, surat utang, commercial papers, ato efek2 beragun asset.

  • reksadana campuran, gabungan dari 2 diatas.

  • reksadana pasar uang, modal dimainkan di valuta asing, deposito berjangka, n sertifikat bank indonesia.

masing2 punya resiko yg berbeda, semakin besar resikonya, hasilnya juga semakin besar.

ok, tertarik invest di reksadana, gimana caranya?
  • cari informasi dulu tentang reksadana, perusahaan manajer investasi, alamat kontaknya. perusahaan manajer investasi sekarang udah pada punya website sendiri2, enak kita bisa belajar banyak dari internet :D

  • pilih produk yg cocok, saham resiko gede pendapatan gede, kalo pendapatan tetap resikonya kecil tapi dapetnya juga nggak seberapa banyak.

  • bikin kontak ama perusahaan manajer investasi, minta dikirim formulir pembelian n jangan lupa prospektusnya juga. urusan kontak ini bisa via telpon, surat, fax, sampek imel juga. pengalaman fahmi di ciptadana kontak via imel dibales kurang dari 2 jam, transfer duitnya pake atm, formulir penjualan/pembelian di-fax aja.

  • beres, kamu jadi investor hahahaaa... :))

  • untuk ngikuti perkembangan investasi, kita bisa cek di internet ato koran. biasanya tiap 3 ato 6 bulan sekali juga dikirimi laporan hasil investasi n prospektus ke rumah.

kalo masih kurang jelas, kamu cek beberapa referensi reksadana ini:
www.perencanakeuangan.com/KenalRD1.html
www.watizzit.com/index2.html
www.indoexchange.com
www.ciptadana-asset.com
www.e-samuel.com

trus untuk ngikuti perkembangan nilai aktiva bersih, cek disini:
www.bisnis.com/pls/portal30/harian
(masuk menu reksadana di sebelah kiri bawah)

Labels:

“reksadana”

  1. Anonymous yeka Says:

    Thx bgt buat infonya! Kebetulan lg dpt tugas nyari informasi ttg reksadana.

  2. Anonymous sri Says:

    Terima kasih infonya .
    Sebab dah setahun saya invest diReksadana/Mutual Fund tapi masih kurang faham.
    Sri

  3. Blogger Adityo Hidayat St. Majo Kayo Says:

    untuk mengikuti perkembangan nilai aktiva bersih, bisa diakses di:
    http://www.portalreksadana.com

    disana tersedia data kinerja dari semua produk reksadana di Indonesia. sama halnya seperti bisnis.com, sumber datanya dari Bapepam.

    semoga bermanfaat :)

  4. Anonymous apriansah Says:

    thanks for info