<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

cara belok yg baik dan benar



sekarang fahmi mo share cara nikung yg enak pake motor. pertama tentang rem. idealnya ngerem waktu masih di trek lurus sebelum belokan, kalo udah belok udah waktunya buka gas lagi. ngerem sambil nikung berbahaya, fahmi udah pernah berapa kali ndelosor yah? hehehe

ok, di trek lurus udah ngerem, sekarang masuk tikungan. waktu ngelewati tikungan, teknik yg bener tu membelokkan motor dg cara mindah titik berat ke arah tikungan, bukan dg cara membelokkan stang ke arah tikungan. catet tuh... arah stang motor tetep kenceng lurus ke depan. jadi kalo kita liat pantat max biaggi megal megol waktu lewat chicane itu maksudnya dia berusaha mindah berat badan + motornya ke arah tikungan. stang cuman dipertahankan untuk menjaga keseimbangan.

teknik itu tadi namanya body-english, efeknya terasa lebih efektif kalo motornya cukup enteng macem underbone sebangsa shogun, jupiter, f1zr, ato rg-sports. buat yg besar2 macem cbr, monster ato fatboy ada jurus tambahan untuk ngelewati tikungan, namanya counter-steering. caranya membelokkan stang berlawanan arah dg tikungan. lho? iya bener... nggak percaya? kamu coba ndiri lah di jalan, kalo bisa ngambil tikungannya jangan kurang dari 40 km/h, tapi jangan terlalu kenceng juga, bahaya!

jadi untuk contoh kasus belok ke kanan, pindahkan berat badan ke kanan, trus tekan stang sebelah kanan ke depan, stang kiri cukup menyeimbangkan aja. efeknya, ban depan mengarah ke kiri, contact-patch pindah dari tengah ke kanan, motor akan miring ke kanan, belok ke kanan ;)

benernya ada trik lain untuk motor gede yg punya power gede n ban gundul gendut, namanya rear-wheel-steering. kalo yg ini fahmi belom berani komentar, soalnya belom pernah ngincipi hehehe.

eh btw trik aneh2 ini cuman bisa dipake kalo tikungannya medium ato panjang n sepi loh, jangan dicoba di tikungan tajam (hairpin) ato jalanan macet. kamu2 yg di surabaya bisa coba testing di jalanan deket kampus unesa sono, sepi, lebar, alus, n cukup aman.

do it at your own risk, jangan nyalahin fahmi kalo jatoh hihihi... :D

Labels: ,

“cara belok yg baik dan benar”

  1. Blogger dils Says:

    Gimana caranya belok kanan maju jalan ? *eh, itu di baris berbaris yak ?* hehehe...

  2. Blogger Bhima Says:

    wah...beda pembalap mah....:), sayang mi, guw gak punya motor, jadi tutornya gak bisa dipraktekin...:D

  3. Blogger faj Says:

    menurutku,mi.. jalanan surabaya pada umumnya sangat enggak enak sekali kalo dipake balapan gitu. nggronjal-nggronjal gak karuan pek. iku dalan koyo kripik kentang, bergelombang. terutama daerah dharmahusada depan FK!

  4. Blogger mimimama Says:

    dils: holmaaattt... glak!

    bhima: ada tutorial mobil juga lho bhim, cek di archive deh.

    faj: lha kon mbulet nang kono ae faj, coba mlaku2 nang daerah unesa kono lho :p

  5. Blogger Ben Says:

    panduan buat yg dibonceng mana? :D

  6. Blogger linda Says:

    keknya mesti praktek langsung deh, soale teori sama praktek kadang beda mi ;)