<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

aquaplaning

Aquaplaning: phenomenon in which the tyres of a road vehicle cease to make direct contact with the road surface, owing to the presence of a thin film of water. As result, the vehicle can go out of control, particularly if the steered wheels are involved.

http://www.tiscali.co.uk/reference/encyclopaedia/hutchinson/m0006552.html


---------

akhirnya musim ujan beneran nih heheheee... jangan lupa ati2 di jalan, fenomena hydroplaning ato aquaplaning bisa berbahaya! aquaplaning biasanya terjadi kalo kita mbawa kendaraan di atas 50 kmh, tapi bisa juga dibawah itu kalo banjirnya lumayan dalem. beberapa tips yg mungkin bermanfaat selama musim hujan ini antara lain:

  • slow down. ngebut waktu ujan ternyata berbahaya, apalagi kalo pas ngebut tau2 ketemu ama genangan air, kendaraan bisa ilang kontrol gara2 aquaplaning. sayang, padahal lumayan seru tuh ya :p
  • jaga jarak. jarak pandang kita berkurang. reflex kita mungkin cepet, tapi bawaan kendaraan nggak bisa spontan gitu. ukuran aman buat di dalem kota kurang lebih sekitar 3 detik dari kendaraan di depan.
  • ambil jalur persis sama dg kendaraan di depan. karena ban dia bisa mbantu mecah genangan air, mengurangi efek aquaplaning. jadi kalo kita lewat jalur itu grip ban ke aspal lebih kuat. eh tapi jangan mbuntuti terlalu deket kalo ujan, tetep jaga jarak, nggak perlu njajal teori slip-streaming.
  • jangan pake rem. kalo perlu ngurangi kecepatan, lepas gas aja. kalo emang bener2 perlu ngerem ya diusahakan se-alus mungkin, jangan spontan langsung ngerem keras. rem mendadak (apalagi nggak pake ABS) bisa bikin slip, kendaraan jadi ilang kontrol.
  • nyalakan lampu. walopun siang hari, kalo ujan nyalakan lampu. karena lampu nggak cuman mbantu pandangan kita tapi juga mbantu kendaraan lain liat kendaraan kita.

Labels: ,