<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

brand portfolio strategy



buku ini ditulis oleh pakar brand david a aaker untuk ngajari para manajer gimana caranya mbangun 'brand portfolio strategy' yg kemudian bisa mbantu strategi bisnis suatu perusahaan dlm menciptakan relevansi produk dg situasi pasar, diferensiasi dari kompetitor di segmen yg sama, menciptakan energi di dalam proses bisnis, leverage/pendongkrak nilai produk/perusahaan, sampek kejelasan brand. di buku ini david juga banyak ngambil sample kasus di lapangan: intel, disney, microsoft, dell, sony, citigroup, dove, dsb. sayangnya dari semua contoh itu nggak ada kasus untuk perusahaan kecil-menengah, jadi mungkin teorinya agak sulit kalo mau diaplikasikan di bisnis kecil2an. tapi gpp, at least dari buku ini kita bisa tau banyak tentang brand. ternyata brand itu nggak sekedar nama ato logo.

strength: buku ini menjelaskan secara komplit segala macem teori brand, lengkap dg contoh2 kasus.

weakness: nggak ada ilmu praktikal yg bisa langsung diimplementasikan, terutama untuk small to medium business.

opportunity: dilengkapi beberapa pertanyaan untuk bahan diskusi di setiap akhir bab, buku ini mungkin cocok buat diktat kuliah bisnis. selain itu bisa juga buat referensi untuk riset tentang brand.

weakness: cara nulisnya terlalu berat, bikin ngantuk. nggak cocok dibaca orang2 awam macem fahmi (kalo buat kafi kurnia mungkin ok). pak david ini mungkin perlu mbaca bukunya patricia :p

Labels: