<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

writing down the bones



you have permission to write the worst junk in the world and it would be okay


ditulis natalie goldberg, tahun 1986 kemaren. isinya bagus buat belajar nulis, mulai dari level yg paling beginner sampek gimana nulis topik besar: eroticism.

this book is about writing. it is also about using writing as your practice, as a way to help you life and become sane. what is said here about writing can be applied to running, painting, anything you love and have chosen to work with in your life.

di buku ini natalie ngajari kita nggak perlu ragu buat nulis, tentang apa aja. nggak perlu dicoret2 (editing), biar tetep original katanya. n kita juga nggak perlu malu dg apa yg kita tulis. di beberapa bab natalie juga ngasih masukan gimana cara kita nyari topik/bahan tulisan. seperti meme's listing* gitu lah, tapi kayaknya lebih luas.

ditulis dg gaya enteng n potongan masing2 bab nggak terlalu panjang, buku ini nggak terlalu berat buat dibaca kalo lagi santai, nggak perlu terlalu serius.

jadi buat kamu2 yg lagi belajar nulis (ato ngeblog), buku ini bisa jadi referensi bagus, recommended. mungkin nggak bisa instant ngajari nulis yg indah2 kayak pujangga gitu, tapi cukup bagus nambah semangat biar tetep latihan nulis.

ngomong2 tentang tulisan2 indah sekelas pujangga, ini ada cerita tentang kerajaan kecil di asia tenggara yg asli fiktif! tadinya sempat percaya kerajaan itu bener ada, padahal gombal :p

btw, tadi malem waktu mbaca buku ini, fahmi denger ada yg balapan di sekitar galaxy, pengen liat tapi males keluar. dari suaranya kayak knalpot freeflow, mungkin turbo, tapi nggak pake NOS. hehehe tumben ada race rabu malem gini. mungkin cuman ngetes mesin.



* dapet link dari blog hantu, thx tu.

Labels: