<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

how customers think



Everything else has been reinvented – distribution, new product development, the supply chain. But marketing is stuck in the past.
--Elliot Ettenberg, an article in The Economist.

kemaren baca buku tulisannya gerald zaltman, judulnya how customers think, essential insights into the mind of the market. material di dalem buku ini nggak cuman ngajari tentang seperti apa pola pikir konsumen, tapi lebih luas juga menjelaskan pola pikir manusia secara umum, dan aktivitas/respon2 bawah sadar, kemudian bagaimana memanfaatkan itu semua untuk mempengaruhi orang lain.

how customers think dibagi jadi 3 bagian:
bagian pertama yg terdiri dari 2 bab, menjelaskan gambaran umum marketing saat ini, dan introduksi pd paradigma baru marketing.
bagian kedua, 8 bab yg panjang lebar, berisi tentang penjelasan tentang the mind of the market, prinsip2 paradigma pemasaran baru, lengkap dengan contoh kasus nyata di lapangan.
n bagian terakhir, 3 bab, mengajak pembaca untuk berpikir dg cara yg berbeda, berpikir lebih dalem tentang paradigma baru pemasaran tadi. Mencoba membaca gambaran yg lebih detail lebih daripada apa yg ada di benak kustomer dan konsumen.

buku ini ditulis dg gaya yg sangat teoritis, konseptual. mungkin lebih cocok dikonsumsi mereka2 yg master ato doktor marketing. orang awam macem fahmi cuman bisa nangkep sedikit informasi, sekedar tau aja tentang pola pikir para konsumen/kustomer hehehe... btw buku ini bagus dibaca kalo lagi insomnia, soalnya asli bikin ngantuk :p (apalagi mbacanya ditemeni richard clayderman ato solas gitu)

---------

Knowing that customers prefer a container that has a round shape rather than a square shape is important. Knowing why they prefer this shape is even more important, because it may suggest a desirable configuration that is neither round nor square.
--Gerald Zaltman, How Customers Think, p.15.

Labels: