<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

modifikasi vs safety

kenapa ya mereka suka lepas spion? tepatnya spion sebelah kiri.

modifikasi motor sekarang aneh2, nggak masuk akal. ada teman saya barusan beli motor. dari pabrik dikasih spion komplit kiri kanan. tapi yg dipasang cuman sebelah kanan. "lho lha yg kiri nggak pake? kenapa?" saya tanya gitu. jawabnya "lho lah buat apa? yg kanan ini aja juga cuman buat cantolan helem hehehe". tapi saya masih tetep nggak ngerti, kenapa yg sebelah kiri yg dilepas? mitos?

nggak cuman itu, spion kanan standard ahass itu ternyata 2 minggu kemudian dilepas juga. ganti spion variasi produksinya posh. ukurannya lebih kecil, n posisinya nggak tinggi, hampir mepet dg handle stang. mau ngintip apa pake spion segitu? "halah... pokok ada spionnya aman, nggak ditilang".

nggak heran banyak pengemudi mobil sampek misuh2 gara2 bad habit bikers di jalan. mereka biasa nyerobot kiri kanan nggak pake liat belakang.

saya sendiri punya motor bebek juga, tapi spionnya komplit. justru ngerasa nggak safe kalo minjem motor temen yg nggak ada spionnya (ato ada spionnya tapi nggak bisa dipake liat belakang). nggak berani bikin manuver aneh2 kalo nggak liat situasi di belakang dulu.

he, tapi kalo mayoritas biker feel safe nggak pake spion, trus saya paranoid sendiri, jadi sapa yg salah? polisi juga nggak nilang mereka yg spion kirinya ilang ato yg cuman pake spion kecil2. jadi sapa yg salah?

satu lagi, di jalanan juga nggak sedikit motor yg pake karet ban kecil2 kayak sepeda. lebih parah lagi suspensinya dipotong pendek. ceper. hahahaaa tolol! heran mereka mbawa motor kayak gitu ke sekolah/kampus. emang enak? kan keras, nggak nyaman, glodakan, pantat sakit, awas mandul. iya kalo motor mereka dipake dragrace, suspensi bener perlu keras. karet ban juga bener perlu yg lebih kecil biar tarikannya spontan. lha kalo cuman dipake harian itu namanya menyiksa diri, mbuang duit pula. biar keliatan bagus? di mata saya motor2 macem gitu keliatan bodoh.

coba, bisa ngelewati polisi tidur nggak?

motor saya sendiri juga nggak pake ban standard. ban variasi yg saya pake punya profil lebih gendut. gunanya supaya punya contact-patch dg aspal lebih lebar. jadi lebih safe buat manuver aneh2. mau nikung sampek miring2 juga nggak takut jatuh. kalian tau tikungan balik kanan depan TP itu? disitu kalo sepi saya biasa belok 60kmh, nggak kuatir jatoh. yg jadi korban justru foot-step standard. terlalu miring sampek nggasruk :p bengkok.

daripada duit dibuang buat modifikasi yg salah gini, mending dipake beli rem cakram buat belakang, ato ganti karburator lebih gede, ato pasang alarm, ato beli jaket kulit, ato beli helem fullface macem ink, index, agv, etc... ;)

Labels: