<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

ehh... what's up doc?

Kingdom: Plantae
Division: Magnoliophyta
Class: Magnoliopsida
Order: Apiales
Family: Apiaceae
Genus: Daucus
Species: carota

doyan wortel? fyi, wortel ini sebenernya bukan sayuran asli indonesia. wortel ini barang import dari daerah asia tengah, pertama kali ditemukan tumbuh liar di afghanistan sekitar abad ke-7 masehi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. setelah ketauan manfaatnya, wortel mulai dibudidayakan di sekitar laut tengah, terus menyebar ke eropa, afrika, asia, sampek akhirnya sekarang kita bisa beli wortel di pasar terdekat, nggak mahal.

wortel banyak mengandung beta carotene, phytochemicals, n potassium. kandungan beta carotene wortel sangat tinggi (754ug), jauh lebih tinggi daripada kangkung (380ug) ato bayam (404ug). beta carotene ini di dalam tubuh manusia diubah jadi vitamin a. manfaatnya antara lain untuk meningkatkan imunitas, menyehatkan kulit, mengurangi jerawat, menjaga kesehatan mata, tulang, gigi, n alat reproduksi, menurunkan kadar kolesterol n darah tinggi.

kandungan phytochemicals wortel bisa mengurangi resiko kanker, stroke, osteoporosis, infeksi kandung kemih, n bikin awet muda.

buat yg biasa ngerokok, minum2 ato pernah terlibat obat2an, kandungan potassium wortel bisa mbantu menetralkan kembali tingkat keasaman darah. selain itu potassium juga berguna menjinakkan racun, terutama logam berat karena polusi udara metropolis.

jadi, gimana cara mengkonsumsi wortel yg baik dan benar? beda yg sayuran lain, wortel bagusnya dimasak dulu. soalnya dg dimasak gitu, kandungan nutrisi wortel bisa keluar dari dinding selnya yg tebal n keras. setelah dimasak, kandungan antioksidannya juga meningkat. selain itu, wortel bisa juga diproses jadi jus. kalo bisa ngambil ekstraknya, buat apa makan ampasnya? ya nggak?

jus wortel nggak enak? ternyata tidak sodara sodaraaa... jus wortel bisa dibuat enak! rahasianya: jus wortel itu nggak plain wortel aja, perlu ditambah campuran jambu segar n madu (lebih sip lagi kalo ada kurma). wess... kalo bahan2nya komplit, dosisnya pas n cara mbuatnya bener, hasilnya pasti asli cihuy! (nggak perlu tambah gula lagi)



dan kalo mau jus wortel tapi males bikin sendiri, bisa beli ke mimi hihihi :D nggak mahal kok, satu gelas dua ribu lima ratusan ;)

Labels: