<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

silverstone

heheee gombal tentang formula one lagi ni, bosen? egp, it's MY blog anyway :p kalo nggak doyan ya monggo browse situs lain.


silverstone, inggris raya. one of the greatest grands prix in the world. salah satu sirkuit balap paling tua. udah dipake balapan formula sejak tahun 50! panjang lintasan 5,141 km, 60 laps (308,355 km)

secara fasilitas silverstone terbilang sangat payah, parah. herannya upgradenya kok ya gitu2 aja. 2 tahun kemaren malah sempat ribut soal banjir di parkiran mobil penonton wehehehehee... pathetic. but hey it's silverstone. formula one punya sejarah disini. biar inggris punya brands hatch yg moderen ato donington park yg langganan dipake motogp, tetep aja formula one milih balapan di silverstone.

sama juga kayak monaco yg secara safety harusnya nggak lulus penilaian, tapi kan ya tetep aja FIA setuju balapan disono. why? monaco tempatnya orang kaya, n formula one itu balapan paling glamor sedunia. jadi ya harus ada event disono.

teknis

secara teknis sirkuit ini butuh aero downforce gede, desain mobil paling ciamik yg bakal menang. di trek mungkin kita bakal liat aksi alonso vs raikkonen. tapi entah pembalap mana yg menang, yg paling bangga nanti desainer tim juara. adrian newey? pat symonds? mike gascoyne? rory byrne?

sirkuit ini juga boros makan ban. banyak tikungan2 cepet, butuh karet lebih keras kalo mau bertahan sampek finish. tikungan pertamanya, copse, bisa dilewati dg kecepatan 250 kmh, abis gitu disusul kompleks tikungan kiri-kanan-kiri maggotts-becketts-chapel. semuanya dilewati dg kecepatan tinggi. kalo terlalu lunak, kompon ban bisa abis dimakan aspal situ. di bumi, cuman ada 1 kompleks tikungan yg lebih sangar dibanding yg ini, eau rouge-nya spa-francochamps, belgia.

n sama kayak catalunya, di silverstone angin bisa berhembus dari segala arah. kalo paket aero-nya mobil jelek oh it's gonna be bloody difficult to handle. coba liat mobil2 kuning jordan besok, perhatikan jordan. liat cara monteiro n karthikeyan megang setirnya. liat cara mereka joget2 di tikungan.

cuaca

cuaca disini unpredictable. nigel stepney (ferrari) malah bilang bahwa prakiraan cuaca paling canggih pun belom bisa dipercaya. paling akurat ya liat langit langsung. heheheee itu inggris raya, kalo misalnya kita punya event balap formula one di sentul, cuacanya bukan unpredictable kali ya? tapi programmable :p mau cerah apa ujan? mendung? ato dikasih gerimis di lokasi2 tertentu? bisa diatur daahhh... n mungkin kemudian pawang2 ujan indonesia bisa direkrut kontrak satu musim balap penuh oleh FOCA ikut keliling dunia hehehe :D

beda dg eropa daratan, inggris punya suhu udara lebih dingin. ini lumayan nolong performance mobil2 bridgestone. tapi ya gimana2 tim2 michelin masih punya keuntungan lebih gede. awal tahun kemaren banyak tim michelin yg testing di silverstone. harusnya michelin punya cukup banyak data buat balapan weekend besok. bridgestone? ferrari lebih banyak mengucilkan diri di fiorano kalo testing, jordan ama minardi? heheheee... badut.

mclaren

karena di prancis kemaren montoya DNF, dia bakal keluar kualifikasi duluan, rugi. n disini montoya kebagian jatah mesin baru, mungkin punya beberapa rpm lebih tinggi n sedikit tambahan tenaga kuda (moga2 nggak njebluk kayak mesinnya raikkonen kemaren). tapi raikkonen harus pake mesin bekas prancis kemaren (spec lama, tapi reliable). raikkonen bakal keluar kualifikasi belakangan, bagus.

secara aero, tahun ini mclaren punya body paling bagus. kira2 bakal mampu finish 1-2 di silverstone? peluangnya gede.

bob mckenzie

pernah posting tentang mckenzie disini:
http://mimimama.blogspot.com/2005/02/if-mclaren-win-race-this-year-i-will.html
n kalo mau ikut voting menentukan nasib mckenzie boleh klik disini:
http://www.mclaren.com/bobmckenzie/index.htm
heheheheheee...
heheheheheee...
heheheheheee...

Labels: ,