<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

regulasi kualifikasi F1

dlm F1, kualifikasi = salah satu sesi pembukaan untuk masing2 grand prix. dlm sesi ini tiap mobil turun sendiri2, diitung catatan waktunya untuk 1 lap. catatan waktu itu yg kemudian menentukan posisi start balapan. yg catatan waktu kualifikasinya paling kecil (tercepat) boleh start dari posisi paling depan.

sudah bertahun2, regulasi kualifikasi dibolak balik terus sama FIA. heran, mereka itu isinya orang2 pinter tapi kok ya susah banget nyari sepakat aturan main yg bagus? jaman dulu, FIA pernah ngasih waktu 1 jam untuk kualifikas, masing2 mobil bebas turun kapan saja, berapa lap, pake ban apa, n seberapa banyak bahan bakar yg dibawa = bener2 bebas.

tapi untuk alasan bisnis, penghematan budget, n menjaga gap antara tim kaya n tim miskin, regulasi diutak atik lagi. pernah sesi kualifikasi dibuat terbatas: 1 jam, 12 lap. tapi juga tetep nggak seru, banyak aksi tunggu, 15 menit terakhir baru pada panik semburat keluar semua.

terakhir, tahun 2005 ini kualifikasi dibuat 3 lap per mobil (sama dengan 1 flying lap). mereka turun bergiliran ngikuti hasil grand prix sebelumnya, yg kemaren juara dapet giliran kualifikasi paling terakhir. dg aturan bahan bakar kualifikasi = bahan bakar lomba, ban kualifikasi = ban lomba, n nggak boleh ada modifikasi mobil antara sesi kualifikasi n grand prix. ternyata lebih nggak seru. tahun depan regulasi kualifikasi dibikin agak njlimet.

tahun 2006 besok, kualifikasi dibagi jadi 3 sesi knock-out:

bagian pertama, dlm 15 menit 20 mobil boleh turun kapan saja, dg jumlah bahan bakar bebas. hasilnya, 5 mobil paling lambat dieliminasi. mereka harus start balapan dari 5 posisi paling belakang.

bagian kedua, 15 menit lagi knock-out untuk menentukan posisi 11-15, aturannya sama dg yg pertama.

bagian terakhir, 20 menit knock-out untuk menentukan posisi top ten.

hasil dari 30 menit pertama: mereka yg knocked-out, yg bakal start dari posisi 11-20, boleh ngisi ulang bahan bakar untuk grand prix. tapi 10 mobil hasil sesi 20 menit terakhir harus start dg bahan bakar yg dibawa waktu kualifikasi.

bingung? jangankan penonton, lha wong max mosley sang presiden FIA sendiri aja juga bingung kok :p .... . .-.. .--. -- .

Labels: ,

“regulasi kualifikasi F1”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    wah informatif sekali... saya baru ngerti :p

  2. Blogger Eddy Fahmi Says:

    windede: informatif? ngerti? aku curiga kita sama sekali nggak ngerti aturan main sebenernya. dibuat ruwet gini dg motif apa? mengembalikan ferrari ke podium? akal akalan apa lagi ini?