<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

durban street race

grand prix afrika selatan, kwazulu-natal, durban. entah kenapa afrika selatan bela2in nyulap jalanan durban jadi sirkuit balap padahal mereka sudah punya kyalami yg sudah masuk grade 1 (boleh dipake balap formula one). tapi, seru juga a1gp punya event street race macem gini, nggak kalah sama monaconya formula one ato macaunya formula three asia.



durban.

sama juga seperti monaco n macau, sirkuit jalanan berarti kiri kanan trek langsung tembok, nggak punya run-off-area, nggak punya banyak lokasi untuk aksi salip menyalip, hampir semua tikungan = blind corner, n perlu konsentrasi penuh pembalap, mereka bisa lari ngebut 250 kmh dg jarak cuma 5 cm dari tembok, n sekali ada insiden bisa jadi langsung red flag! panjang lintasan durban = 3.283 km, dg trek lurus terpanjang 700 m. tapi yg seru itu tikungan pertama, right-hander-hairpin. wah wah... baru liat petanya aja saya sudah nebak bakal banyak drama disitu, dan ternyata bener :p

latihan.

babak latihan nggak disiarkan live di tivi. tapi coba perhatikan babak kualifikasinya, banyak mobil pake hidung item. kenapa? itu sebenernya hidung cadangan yg belom dicat seperti livery mobil. hidung utamanya udah abis dipake nyium tembok. pembalap pakistan bahkan sempat tabrakan serius, dibawa ke rumah sakit, n akhirnya batal turun balapan.

kualifikasi.

kualifikasi di a1gp terbagi jadi 4 sesi, masing2 15 menit, 3 lap (1 flying lap). normalnya, pembalap nggak langsung rebutan keluar kualifikasi di detik pertama, bagusnya nunggu mobil lain keluar dulu, ninggal skid-marks di trek. dg demikian, mobil yg keluar belakangan punya lebih banyak grip dg aspal. tapi di durban ini pembalap sampek antri nunggu lampu ijo kualifikasi. kenapa? ini sirkuit jalanan, sekali ada insiden bisa jadi langsung red flag! n selama nunggu periode red flag itu, bisa2 abis tempo 15 menitnya. batal kualifikasi = start dari belakang.

di durban, direktur tim pasti pusing menentukan timing keluarnya pembalap mereka:
keluar duluan = belom ada grip bagus di trek,
keluar belakangan = resiko batal keluar sama sekali karena red flag,
keluar tengah2 = bisa terganggu traffic.

seperti kasus tim lebanon, pas lagi flying lap, ketemu mobil afrika selatan yg jalan pelan. nyoba ngelewati dari sebelah dalem, nggak dapet racing line, melintir. sial juga buat tim indonesia, mikola salah ngukur titik ngerem di tikungan 5, melintir.

sprint race.

eventful! belom juga penuh 1 lap, ananda mikola ditabrak rookie italy, retired. lap pertama itu memang masih crowded sekali, posisi mobil indonesia juga terjepit di tengah2, kalo misalnya pembalap italy mau bersabar dikit mestinya insiden itu nggak perlau terjadi. tapi yah namanya rookie, street race pula, shit happens.

di lap terakhir juga drama masih seru. tim republik ceko yg sudah kerja keras memperjuangkan posisi 2 terpaksa harus drop ke 4 gara2 ban flat-tyre setelah nyenggol mobil china. di depan, tim belanda nekat ngejar tim prancis. sayang setelah manuver berani di tikungan 5 terpaksa kontak ban dg mobil prancis. mobil prancis masih bisa recovery n finish juara, mobil belanda melintir, retired. sial.

feature race.

waddahell! global tivi tolol, begitu online tau2 udah lap kedua. posisi ananda mikola juga entah dimana. start mungkin bukan event paling seru, tapi itu jelas event paling penting. bekalangan baru tau kalo mobil indonesia terpaksa start dari pit setelah insiden di sprint race tadi.

drama masih seru di feature race, lebih seru malah. tim prancis kalah tarikan dg tim swiss waktu start. mobil republik ceko stall di grid. ada juga insiden kabel nyangkut di mobil inggris. saya pikir harusnya mobil itu segera kena black flag, tapi ternyata enggak.

ada yg curang, tapi nggak kena hukuman. mobil canada sempat tabrakan n kehilangan hidungnya. tapi nggak segera masuk pit. di lap berikutnya dia nabrak pecahan hidung itu n hancur semburat memenuhi trek. mungkin secara teknis itu tergolong racing-incident tapi secara etika itu nggak bagus. bah.

anyway, race ini tetep punya tontonan bagus, aksi gila2an tim new zealand n tim belanda hebat, jempol! setelah gagal nyalip mobil prancis di sprint race, akhirnya tim belanda berhasil nyalip mobil inggris di feature race, dan menang! selamat buat tuan meneer jos verstappen, sampeyan memang punya skill n spirit juara.

brake testing.

di formula one, kadang ada pembalap senior yg suka usil ngerjain rookie dg brake testing. mereka ngerem beberapa meter di depan titik pengereman normal sebelum tikungan, hasilnya rookie di belakang kaget, banting setir. di durban, entah untuk alasan apa pembalap india ngerem di trek lurus jauh sebelum tikungan. pembalap indonesia yg slipstreming persis di belakangnya kaget, escape maneuvre = injek rem keras2, banting setir ke kiri, sial = nabrak tembok. terbanting balik ke tengah trek, nyenggol mobil india. rasain, kualat.

herannya setelah insiden si india gila itu kok marah2 ya? saya sama sekali nggak liat mikola bikin salah.

Labels: ,

“durban street race”

  1. Blogger Eddy Fahmi Says:

    koreksi, gambar diambil dari:
    http://www.sutton-images.com/a1gp/

  2. Anonymous Anonymous Says:

    eh itu indonesia kapan majunya sih?

    maju ke PODIUM ???

    trus emang tanggal 10-12Februari 2006 ini bakal ada lagi A1 racing di Indonesia, tepatnya di sentul bukan?

  3. Blogger Sisca Says:

    Mas Fahmi,

    Hanya lewat map aja, kamu sdh bisa memperkirakan bakal banyak rintangan, kayak paranormal deh....
    Saya turut mendoakan semoga pembalap Indonesia naik podium, February mendatang.

    Saya sampai bela belain review http://f1.racing-live.com/f1/index.html meskipun kurang mengetahui sepak terjang perbalapan ;)

    Hobby kamu sungguh tidak biasa ya....Salut buat kamu.

    Selamat beraktivitas.

  4. Anonymous Anonymous Says:

    jadi ini critanya penonton kecewa ? :D itu pembalap india kenapa ngerem tiba-tiba ? salah pencet kali :P

    eh hostnya A1 siapa mi kemarin ? tetep si OL tah ?

  5. Anonymous Anonymous Says:

    itu kalo shit happens trus ada kecelakaan... then you'll find the steering wheel in someone's apartment/house then? :D

  6. Blogger Goiq Says:

    siaaaaaaaaaaaaaaaaalll, gw ga nonton.