<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

regulasi ban F1 2006

tahun ini FIA bikin aturan boleh ganti ban lagi waktu balapan. acara pitstop bakal jadi lebih seru. mungkin otak direktur tim jadi lebih cerdas pula karena dilatih mikir strategi pit yg ciamik.

dampaknya apa? ban mobil2 F1 nggak perlu dibikin keras biar bisa bertahan sampek finish. tahun ini mereka bisa pake kompon karet yg lebih lunak, lebih boros, tapi lebih kuat daya cengkeramnya. sehingga = mekanikal grip antara mobil dan aspal lebih kuat. sehingga = aerodinamik grip bisa dikurangi. karena semakin kuat aero grip berarti juga semakin kuat pula aero drag yg timbul.

tapi, ini berarti juga supplier ban balap F1 mesti riset lagi untuk nemu konstruksi kompon ban yg kampiun. musim balap tahun 2004 kemaren mereka juga boleh ganti ban, apa data2 tahun 2004 nggak bisa dipake? dalam dunia F1, jeda 2 tahun itu = sangat panjang. peralatan yg dipake tahun 2004 kemaren sudah obsolete. ya, data2 2004 memang masih bisa digunakan sbg referensi, tapi supplier ban mesti belajar lagi seperti apa konstruksi chassis mobil F1 2006, seperti apa suspensinya, n seberapa banyak pengaruh gaya (downforce) yg dihasilkan sayap2 mobil baru? semuanya sama sekali baru.

anyway, mari berdoa moga2 nggak terjadi lagi kasus indianapolis 2005. prediksi: pasaran bridgestone bakal naik di pertengahan sampek akhir tahun ini. untuk musim ini mereka dapet tambahan 2 tim papan atas yg pake ban bridgestone, nggak cuman ferrari + 2 penggembira. semakin banyak tim papan atas yg pake bridgestone = semakin banyak masukan data untuk riset = semakin 'canggih' ban yg bakal diproduksi.

bandingkan dg michelin yg pasti bakal pensiun dari F1 akhir tahun ini. seberapa banyak duit yg mereka rela hamburkan demi gengsi 'jawara formula one'? kayak gimana mood kerja orang2 mereka di lab? kira2 apa masih bakal ada inovasi yg 'extraordinary'?

jadi, kira2 kenapa tahun 2006 ini FIA ngembalikan aturan boleh ganti ban? bukannya mereka sudah sepakat nyusun regulasi2 baru untuk mengurangi biaya operasional? kalo boleh ganti bankan berarti lebih boros? bener? ya kalo ngeliat sejarah 2005 kemaren memang tim ferrari nggak cuman kalah, tapi ajuuurrr! kalo kemudian pernah terjadi acara ngobrol2 santai antara montezemolo n ecclestone ya saya nggak tau n juga nggak berkepentingan. mari berharap balap F1 musim 2006 ini jauh lebih seru n jauh lebih banyak surprise!

apa saja bisa terjadi di formula one.
--azrul ananda.

Labels: ,

“regulasi ban F1 2006”

  1. Blogger Sisca Says:

    Balap mobil kelewat mahal Mas, gimana kalo balap karung aja, gak perlu ganti ban :)

  2. Blogger Ling Says:

    oh gitu ya, gue baru tau kalo udah gak ada pitstop, trus skrg ada lagi..

  3. Anonymous naga Says:

    ya kita lihat saja nanti. Welcome to f1 2006!

  4. Anonymous [ew] Says:

    "mari berharap balap F1 musim 2006 ini jauh lebih seru n jauh lebih banyak surprise" ....ya surprise akhirnya Ferrari dengan Schumi bisa menjadi jawara lagi di arena F1 Racing olala beeiibeeeh... ^_^

    Serunya ? Tim Honda juga sudah bisa kembali bersaing selain ada juga Mclaren dan Renault tentunya. Jadi ? Sekali Honda tetap Honda yeeeaahh... !