<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

gp hungaria 2006 = random chaos

sesungguhnya mereka yg tak menonton grand prix hungaria hari minggu kemaren adalah tergolong kaum yg sangat merugi. bersegeralah mencari rekaman videonya di jaringan peer 2 peer, niscaya pengorbanan bandwidthmu setimpal dg tontonan yg luaarrr biasa.

jumat: free pratice



drama sudah dimulai sejak sesi latihan hari jumat. fernando cracks under pressure. ngakunya sih dia masih tenang dg selisih 11 poin dari michael schumacher. tapi kenyataannya di trek dia nggak mampu njaga mental juara. overtaking waktu bendera kuning itu salah, lebih parah lagi insiden dia dg robert doornbos. mungkin merasa dihalangi, alonso nggoyang mobilnya persis di sebelah mobil doornbos, tambah lagi hand gesture and brake testing pula. bukan cuman nggak penting, itu berbahaya. penalty 2 detik untuk masing2 catatan waktu kualifikasi fernando alonso.

sabtu: free practice



waktu itu ada bendera merah karena kasus mesin hondanya jenson button meledak. semua mobil di lintasan dilarang saling nyalip n segera masuk pit, sesi latihan dihentikan. nah situasinya waktu itu posisi fernando alonso berada di depan robert kubica di depan michael schumacher. apa yg terjadi kemudian adalah alonso melakukan brake testing lagi. keluar dari tikungan mestinya mereka nginjek gas untuk akselerasi, tapi sebaliknya alonso justru nginjek rem. kaget, robert kubica sampek pushed to swerve to avoid collision. di belakang mereka, michael schumacher bisa apa? terpaksa manuver ngambil sisi luar tikungan n nyalip 2 mobil itu. penalty 2 detik lagi untuk alonso karena kelakuannya yg berbahaya. seharusnya.

bisa jadi stewards milih menghukum schumacher demi duit dan/atau urusan politik. akan jadi balapan super seru besok kalo 2 kandidat juara dunia terlibat balapan ketat di antara traffic mobil2 yg lebih lambat. seperti yg jean todt bilang: kamu liat sendiri videonya, kemudian simpulkan apakah penalty 2 detik untuk schumacher itu fair?

setelah liat video aksi alonso hari jumat n sabtu, saya bisa simpulkan michael schumacher adalah korban dari aksi alonso dan akal2an stewards. and car number one was a dangerous object on track.

sabtu: qualification

tadinya saya nebak felippe massa yg bakal dominan, kenyataannya kimi raikkonen bisa nyolong pole di momen terakhir, haha keep walking raikkonen :p di belakang, fernando alonso harus kerja keras, bersusah payah ngejar catatan waktu ferrarinya schumacher. sempat girang dia waktu berhasil ngelewati 1 menit 19.364 detik (waktu itu schumacher dapet 1 menit 19.440 detik). tapi michael schumacher lebih gila lagi, kebut2an kayak setan! satu2nya pembalap yg bisa nembus 1 menit 18 detik. banyak hal ganjil yg bikin bursa taruhan berantakan, jenson button dapet p4, tapi penalty 10 grid karena ganti mesin. kemudian robert kubica masuk 10 besar.

fyi: hungaroring ini tipe sirkuit yg nggak banyak ngasih peluang overtaking maneuvres. posisi menentukan prestasi, dia yg start dari pole position punya peluang menang paling gede. bahkan buat pembalap sekaliber schumacher pun posisi start 11 itu mimpi buruk. apalagi alonso yg dapet p15. tapi hasil kualifikasi yg di luar top 10 itu ngasih peluang schumi n alonso untuk main2 jumlah bahan bakar, mungkin bisa nolong di pit. kimi raikkonen dipastikan sangat enteng, mungkin mclaren milih 3 stop, dg stop pertama sangat early (seperti di jerman kemaren).

minggu: race

di grid keliatan hampir semua mobil pake ban intermediate, kecuali michael schumacher n rubens barrichello yg pake full wet. vitantonio liuzzi start dari pit. wet race, tikungan pertama bakal sangat menarik :D start hebat! schumacher loncat dari p11 ke p4, alonso dari p15 ke p6, start button dari p14 juga luar biasa (kalo nggak salah dia dapet p5). balapan seru, banyak yg adu nyali ngukur braking point, banyak yg melintir. bahkan pembalap alusan dg gaya nyetir presisi macem fisichella pun melintir.

mobil2 bridgestone bener2 kewalahan nyari grip. ban basah michelin keliatan jauh lebih dominan. gap rata2 antara performance bridgestone dg michelin sekitar 4 sampek 5 detik per lap, woohoo! segala kedigjayaan paket schumi ferrari jadi keliatan lumpuh, bahkan rainmaster dioverlap alonso. rookie robert kubica pun bisa nyalip ferrarinya felippe massa, hebat. tapi di race ini schumacher mbalap secara hebat, maksa luar biasa, keliatan dari kondisi bannya yg sudah smoking and slick waktu masuk garasi.

kalo dlm kondisi kering sirkuit hungaroring biasa disebut monaco without barriers, ternyata dlm kondisi basah sirkuit ini ngasih banyak peluang overtaking. menurut penilaian saya aksi overtaking paling keren itu yg dilakukan alonso pd schumacher.

alonso: teknik balap kelas juara

perhatikan di awal2 balapan, waktu itu belom ada racing line yg kering, semua permukaan lintasan sama saja. normalnya, pembalap akan mepet ke sisi dalem tikungan di apex, melindas kerbs kalo perlu. tapi fernando alonso ternyata punya otak brilian. dia justru ngambil line lebih lebar. akibatnya apa?

dg ngambil line lebih lebar itu dia nggak perlu nginjek rem lebih keras, punya grip sedikit lebih banyak, dan menghasilkan traksi lebih besar waktu keluar tikungan. manfaatnya: dia bisa ngasih tontonan lebih menarik dg nyalip schumacher dari sisi luar tikungan. sip!

tapi itu nggak berlangsung lama, waktu lintasan sudah mulai kering dia balik ke racing line normal.

bintang balapan: robert kubica

he, entah kenapa kubica dibaca kubitsa? rasanya lebih enak kalo disebut sebagai kubika, setuju? anyway, dia bintang balapan di gp hungaria tahun ini! penampilan spektakuler untuk sekelas rookie on a wet race. mungkin dia bisa tampil tanpa beban gitu karena statusnya yg cuman pembalap cadangan, race aja sekencang-kencangnya! nothing to lose. sayang, kemudian hasil kerja kerasnya terpaksa didiskualifikasi karena setelah balapan mobil dia dinilai lebih ringan 2 kilo daripada batas minimum berat mobil f1.

semua orang bilang robert kubica keren, tapi gimana pendapat dia sendiri tentang penampilannya di hungaroring? "My start was very good. But then I struggled a bit with the conditions because I don’t have a lot of experience with the traction control and other settings. On lap two I made a mistake in the chicane and spun. Later on I made another mistake and hit the barriers. Because of this we had to change the pit stop strategy and I finished the race on intermediate tyres. They were destroyed in the end and this is why I was so slow. The result is good, but my driving today was not. I made too many mistakes."

hasil balapan



- fernando alonso = out.
- michael schumacher = out.
- kimi raikkonen = out.
- kemenangan pertama untuk jenson button.
- podium pertama untuk pedro de la rosa.
- podium pertama untuk bmw oleh nick heidfeld.



*) foto2 dari youtube.com dan crash.net

Labels: ,

“gp hungaria 2006 = random chaos”

  1. Anonymous koeaing! Says:

    koweorang toelen soeka itoe balapan ja boeng....?

  2. Anonymous iks Says:

    BUNGKUSSS!
    emang seru kalo basah-basahan!
    Ahirnya terbukti juga kalo...

    Alonso juga manusia....

  3. Blogger alencantiek Says:

    -= liat komen iks diatas =-

    yup, alonso juga manusia... apalageh schumi...

    but anyway, race kemaren emang seru sech.. bikin gw yg gak seneng f1 jadi yachh lumayan ngikutin race nya juga..

    terus, salut jugah tuch mas fahmi bisa dapet foto2nya gituh.. ;p

  4. Blogger Sisca Says:

    Asyikkk..saya nonton !!! langsung ( dari TIVI) maksudnya....terus baca ulasan di sini, jd lebih nyambung deh !!!

    Memang sepertinya ada unsur politiknya, mas :)

  5. Anonymous Imponk Says:

    sttt..
    kamu ikut f1 mania gak?

  6. Blogger irfun Says:

    wah, fahmi bakat juga ya jadi pengamat ^_^
    g nyangka ajah :p

  7. Blogger dodY Says:

    aku melok balapan blogging ae yoh! leng F1 ngga ngerti opo2 kiii? hehehe

    btw, dah update di bagian gallery! monggo mampir :-)

  8. Anonymous [ew] Says:

    aku gregetan karo schumi pas saingan ma de la rosa, di tempat yg sama dua kali schumi motong tikungan katro dah untung boilnya mogok coba kalo dia menang 5 besar aku bakar kayak jadi cumi-cumi bakar, setuju Mi ? *ora wong aku fans schumi kok :P*

  9. Anonymous Anonymous Says:

    Ulasan yang menarik. Senang dengan ulasa dari sudut pandang lain dari komentator TV dan milis. Thx.

  10. Blogger atas Says:

    Sekali-sekali podium F1 memang perlu di refresh kok, biar nggak bosen ya nggak mi?

  11. Blogger tyka82 Says:

    wes Schumi iku ngeBLOG ae, gag usah balapan maneh...

    ngkok jeneng blog'e dadine ngene: http://mimimama.blogspot.com

    eh kenapa?? wah nama itu udah ada yang make???

    wah...hehehe...Maap Mister Schumi, sampeyan cari nama laen aja ya.

    *ketawa ngakak guling2*