<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

pitstop

beda dg balap karung, formula one punya pitstop. ini yg bikin formula one lebih dari sekedar arcade / permainan ketangkasan. apa itu pitstop? di wikipedia disebutkan sebagai berikut:

a pit stop is where a racing vehicle stops in the pits during a race for refuelling, new tyres, repairs, mechanical adjustments, a driver change, or any combination of the above. by making pit stops cars can carry less fuel, and therefore be lighter and faster, and use softer tyres that wear faster but provide more grip.
(dikutip dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Pit_stop)

aksi fernando alonso n michael schumacher di trek basah hungaroring kemaren memang luar biasa seru. tapi di belakang mereka, adu kesaktian antara flavio briartore dan jean todt nggak kalah sangar. sebelom berangkat ke hungaria, tim sudah melakukan riset segala macem n nyusun rancangan strategi yg bakal dimainkan, lengkap dg plan b, mungkin c. tapi ini formula one bung! apa saja bisa terjadi di formula one. faktanya: hari sabtu alonso n schumacher harus terima penalty 2 detik untuk setiap catetan waktu kualifikasi. tambah lagi faktor cuaca roller-coaster yg bikin race jadi unpredictable.

segala strategi yg mereka siapkan jauh hari sebelomnya = percuma.

ini giliran manajer tim (kerja sama dg race engineers) untuk beraksi. berapa banyak bahan bakar yg bakal dibawa start? kira2 bakal dapet start dari grid berapa dg bahan bakar segitu? pembalap bakal dikasih berapa stop selama race? lap keberapa? isi bahan bakar lagi seberapa banyak? ganti ban? paahhh... makanya jangan heran kalo manajer tim formula one banyak yg turbo. mereka ini yg bertanggung jawab bikin keputusan kritis, dan dicaci maki kalo keliru. tapi kalo kemudian menang, pembalapnya yg hebat, wek.

sirkuit hungaroring itu tipe trek yg nggak ngasih banyak peluang overtaking pd kondisi normal. kalo ada pembalap yg drop posisinya karena pitstop, dia akan sulit ngejar lagi ke depan. jadi secara default pitstop lebih sedikit lebih baik. satu cukup, maksimal dua stop lah. kalo stop sekali, bagusnya ya di lap 35 (dari total 70 lap) supaya load bahan bakar di dalem mobil seminimal mungkin.

pertimbangan lain, kondisi permukaan lintasan abrasif, banyak makan karet ban. untuk ini, justru semakin banyak pitstop semakin baik. supaya grip ke aspal tetep kuat, ban harus sering diganti. pemilihan karet ban harder mungkin bisa membantu mengurangi jumlah stop, tapi ada konsekuensinya: less grip. nah loo.

yg lebih bikin bingung lagi itu faktor cuaca. kebetulan waktu balapan di hungaroring kemaren start gerimis. mayoritas pembalap (dg disepakati race engineers n team managers) memutuskan memilih ban intermediate. lebih bingung lagi top ten qualifiers, mereka nggak boleh revisi jumlah bahan bakar. beruntung mereka yg start di belakang, bisa mengurangi jumlah bahan bakar, berharap cuaca segera berubah, supaya bisa segera stop untuk ganti ban. semua ini sesuai regulasi.

eh di tengah balapan, ternyata hujan tambah deres. mereka yg intermediate perlu ganti full wet. kasian mereka yg start di depan, mungkin masih banyak bahan bakar di mobil, belom waktunya stop, tapi mereka harus ikut masuk pit ganti ban.

abis ujan deres, ternyata trek cepet garing. scott speed pembalap pertama yg dg gagah berani memutuskan ganti ban grooved (ban kering). speed melintir, akhirnya balik ganti intermediate lagi. dohh... apa ndak pusing itu manajer timnya?

eh otak masih pusing, tambah lagi nongol safety car. buat yg belom stop, ini timing paling ideal untuk stop, apalagi kalo momennya pas dg jadwal pitstop yg direncanakan. mereka beruntung nggak akan ketinggalan jauh karena mobil lain sepur2an pelan di belakang safety car. tapi buat beberapa pembalap, safety car justru bisa ngerusak gap/prestasi yg sudah dia buat. kenapa nggak nongol 2 lap tadi heh? kenapa baru sekarang??? wtf!!

bahkan tim sekaliber ferrari pun bingung ngurusi pitstop ini. perhatikan tuh jean todt sampek turbo perhatikan di pitstop kedua schumacher, mereka memutuskan gambling nggak ganti ban sampek finish. hasilnya: ferrarinya michael schumacher terhitung 4-5 detik lebih lambat per lap dibanding hondanya jenson button. anyway, akhirnya schumacher finish di garasi hehehhhh :D

jenson button, selain aksi startnya yg luar biasa, dia didukung juga oleh keputusan brilian race engineer dan nasib, akhirnya jadi juara. bayangkan, dia start dari grid 14, cuman berharap bisa menikmati balapan, tanpa target. hasil ini nggak kalah ganjil kalo dibandingkan dg kemenangan giancarlo fisichella di brasil, ato rubens barrichello di jerman, ato olivier panis di monaco, ato podiumnya tiago monteiro di amerika. bursa taruhan jadi berantakan, semuanya unpredictable.

dan di luar segala bogus teknis itu semua, pitstop juga punya pengaruh bisnis. aksi mereka menarik perhatian kamera. kamera menarik perhatian sponsor. sponsor bawa duit :p

halah halahhh... tapi semua gombal tersebut diatas nggak valid. sekedar pengamatan awam saya di depan tivi sambil ngemil kacang heheee :D kalo mau tau gimana2nya yg bener ya tanya langsung aja sama ron dennis, gerhard berger dan kawan2nya itu. saya kan cuman sok tau :p eh tapi saya pernah tau dikit tentang pitstop di blogosphere.

kadang blogger ngalami block. blank, nggak ada ide mesti posting apa. sampek ada beberapa yg memaksakan diri nulis gini: "sebenernya gue lagi ga ada ide, ga tau mau nulis apa, tapi demi mempertahankan frekuensi, ya posting beginian aja deee hehehe..." :D beberapa yg lain resmi pamitan hiatus dg sopan, liburan dulu dari blog. tapi ada juga yg tau2 ngilang. url-nya tewas 404. keputusan pitstopnya bloggers juga banyak karena faktor cuaca: mood naik turun, lembur ajur2an, archive terbaca oleh boss, tagihan speedy yg nggak masuk akal, warnet langganan pailit, dsb dsb dsb...

di formula one, pit crew cuman butuh 5-6 detik untuk ngganti ban. dan total paling lama 12-14 detik sudah termasuk isi bensin dan ganti moncong rusak ato setel ulang sudut serang sayap. tapi kalo blogger pitstop, temponya sama sekali nggak bisa ditebak. ya bergantung faktor cuaca itu tadi. ada yg 2 hari wes gatel nulis lagi, ada yg 2 bulan kemudian balik online, bahkan ada yg sampek lupa login/passwordnya apa hahahaaa... cihuy kan? ;)

Labels: , , ,

“pitstop”

  1. Blogger ~fitri~ Says:

    aku baru tau lho kalo race director itu peranannya gede banget. ya maklum, taunya cuma nonton. :)

  2. Anonymous prapto Says:

    kalo F1 punya pitstop, kite kite punya moshpit, kalo aries punya armpit!!! hahahah

  3. Blogger T A T A R I Says:

    haduh..ra mudeng F1 aku
    ngertiku F4 mas..
    he..he..he..

  4. Anonymous budiw Says:

    wah.. cocok iki ambe' postinganku..

    --budiw
    ps: preview disengaja, supaya mengurangi spam--, teori tanpa bukti.

  5. Blogger Bangsari Says:

    waduh, saya dah lama ngga ngikutin F1...

  6. Blogger doeljoni Says:

    ente pegang tim apa ?

  7. Anonymous skuterman Says:

    ngebut maning ... :)

  8. Anonymous iks Says:

    nyeeh..

    intinya mau pitstop lagi tah mih?

    saya paling sebel klo williams udah pake strategi stop 3x dah lah watatita ajah...secara walo bawa bahan bakar dikit tetep aja ga bisa masup grid depan

  9. Anonymous paman tyo Says:

    mestinya dikasih catatan kaki:

    *) penulis adalah pengamat f1 (dan penggemar f4)

  10. Anonymous Imponk Says:

    dari sini jelas, sang pengamat ternyata ndukung Button :D

  11. Anonymous andriansah Says:

    baru baca 4 kata pertama udah bikin gw ngakak

    HAHAHAHAHHAHA

  12. Blogger Sisca Says:

    Seperti membaca kupas tuntas mobil balap !!! salut mas :)

    soal hiatus, mood dan alasan2nya...setuju mas..kalo sisca bukannya gak mau nulis, tp waktunya belum kebagi..antara ngeblog dan kewajiban ..:)

  13. Anonymous golda Says:

    jangan lupa ajak aku ke Rawon Setan kalo lagi di Surabaya yah!