<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

centreline downwash generating wing

apa itu centreline downwash generating wing (CDG wing)? tadinya saya sudah nulis draft buat ngobrol soal CDG wing. tapi ternyata jadinya terlalu puanjang hehehh... jadi ya enaknya baca2 aja beberapa referensi di bawah ini. disono informasinya komplit molai dari segala latar belakang munculnya konsep CDG wing sampek detail teknis dan sebagainya.

1. press release resmi dari FIA
2. penjelasan dari F1Technical.net
3. analisa CDG wing di The Racing Blog
4. info tentang ferrari FXX dari ForbesAuto.com



nah dari press release resmi FIA itu tersebut bahwa konsep CDG wing ini muncul dari risetnya FIA bekerjasama dengan AMD sebagai official technology partner.



yg menarik ternyata selain sebagai official technology partner of the FIA, AMD juga sponsornya ferrari. itu logonya ada di sayap ferrari.



kemudian coba tengok lagi gambar konsep CDG wing yg diusulkan FIA dan AMD ini (click to enlarge):



dan dibandingkan dg sayap belakang mobil ferrari FXX:



mirip? kebetulan? sejauh ini saya belom tau ada konstruktor mobil formula one yg sudah mbangun prototip sayap ini, belom ada yg testing di trek betulan ato at least di dalem wind tunnel. tapi ferrari FXX itu sudah lolos segala macem bentuk testing, sudah diproduksi, dan sudah dijual. artinya ferrari sudah punya data komplit soal CDG wing.

kalo tahun 2007 tim2 konstruktor mobil formula one nggak segera punya proposal alternatif untuk masalah overtaking, dan CDG wing betulan diberlakukan tahun 2008 besok, kompetisi jadi nggak seru lagi. soalnya sapa yg bakal juara gampang ditebak.

Labels:

“centreline downwash generating wing”

  1. Anonymous paman tyo Says:

    Bikin tim yuk. FJR: Fahmi Jelek Racing. :D

    Ini anak bener-bener kedanan balap yak. :)

  2. Anonymous Anonymous Says:

    FIA = Ferrari Internationale de l'Automobile

  3. Anonymous [ew] Says:

    iya yg juara bakal bisa ditebak siapa lagi kalo bukan honda 555 kikikiiii... :P

  4. Blogger Arief Says:

    CDG wing ini pake airfoil NACA berapa ya? hehe ... ntar bisa dilihat Cl-Cd nya di bukunya Ira W. Abbot ... :D nice post!

  5. Blogger mimimama Says:

    arief: walah, koefisien drag dan angka2 teknis lainnya belom ketauan kali ya? belom ada yg njajal sih. tapi kalo diamati secara awam, downforce yg dihasilkan kurang gede karena posisinya yg di belakang ban, pasti anginnya rusak kena turbulen. trus lagi konstruksi single end-plate gitu mestinya gampang patah kalo pake material serat karbon, perlu sesuatu yg lebih rigid (dg konsekuensi nambah berat sayap). mbuh lah... :p

  6. Anonymous tyka82 Says:

    *acung jari*

    bisa dipasang di MIO saya gag??

    http://tyka82.blogspot.com/

  7. Blogger T A T A R I Says:

    ora mudeng !!!

  8. Blogger Arief Says:

    Dari simulasi yang sampeyan tampilkan itu bisa ketahuan pressure-nya, lalu bisa dihitung koefisiennya; tidak perlu lagi mengetahui pake airfoil apa sebenernya. Betul sekali downforce (atau saya lebih suka downward pressure) tidak terlalu besar (area berwarna merah di belakang F1 yang mengindikasikan pressure tidak terlalu besar), tapi mungkin udah sufficient untuk mempermudah mobil mendekati buntutnya. komposit serat karbon bisa di-tailor supaya memperoleh rigidity yang anda inginkan, dengan mengatur arah serat dan tebal laminate. Komposit serat karbon ini sangat cocok untuk F1 karena crashworthiness-nya lebih baik dari logam (impact energy absorbtion-nya lebih baik dari logam). Kalau pake logam nanti bisa bermasalah dengan joining, tapi dengan komposit, kita bisa bikin double-slots itu jadi integral dengan empennagenya.

    :)

  9. Anonymous Guntar Says:

    Kira2 kiprah AMD apa ya dlm hal ini. Apakah dia yg membiayai dan mengarsiteki simulasi desain baru ini.