<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

gimana pembalap formula nyetir sedan



http://www.youtube.com/watch?v=I_5j-bsvCEA

ini video ayrton senna megang honda nsx-r di suzuka, jepang. perhatikan di sebelah kiri bawah, liat cara senna mainin kaki di pedal gas dan rem. kadang toe nginjek rem, heel ngontrol bukaan gas, kadang vice versa, kadang 'megang' pedal rem dan gas pake setengah telapak kaki.

dulu, saya juga sempat ngintip sepotong telemetry ferrari waktu mobil ngelewati tikungan. waktu itu michael schumacher sudah pake pedal rem di kaki kiri, rubens barrichello masih nginjek rem pake kaki kanan (kopling sudah pindah ke setir). dan ternyata schumacher bisa lebih cepat di tikungan. sama seperti senna, waktu itu schumacher juga nginjek pedal rem dan gas barengan. pas pedal rem diinjek penuh, pedal gas nggak dilepas penuh (mungkin masih sisa 10%). hasilnya = mobil punya power sedikit lebih gede untuk akselerasi keluar dari tikungan, cool ;)

eh tapi itu honda nsx-r lho, sedan sport. sekedar for your information aja. wes nggak usah iseng ngegas secara gitu pake toyota innova ato avanza :p nggak bisa. layout pedal di sedan sport memang didesain dekat supaya pembalap bisa lincah mensmurf kakinya di pedal. kalo mobil jalanan justru didesain jauh supaya nggak terjadi rem diinjek bareng gas. boros kampas dan bensin, ndul!

eh tapi... kalo kamu memang hobby begituan, boleh coba main pake rem tangan ;) tapi testing = resiko silakan tanggung dewe lho, saya cuman ngasih tau aja hehe.

Labels: , , ,

“gimana pembalap formula nyetir sedan”

  1. Anonymous Hedi Says:

    Hahaha...waktu awakmu ngirim nang emailku, aku gumun kok ga diposting, rupanya...sibuk praktek ta (nganggo Avanza :P)

  2. Blogger ariesw Says:

    kampas rem mu langsung entek ta waktu nyoba trik iki, opo langsung ngguling?
    hehehehe
    teknik nge rem karo belok'e koyok ngedrift yo *kemeruh mode on*

  3. Anonymous Brahmasta Says:

    Makanya jangan kebut-kebutan di jalan ya :D

  4. Blogger Bangsari Says:

    saya ikut bangga ada orang indonesia yang ikut membalap bersama michael schumacher. :D

  5. Anonymous haha hehe Says:

    eits... paragraf terakhir disembunyikan :p

    eh tapi... kalo kamu memang hobby begituan, boleh coba main pake rem tangan ;) tapi testing = resiko silakan tanggung dewe lho, saya cuman ngasih tau aja hehe.

  6. Anonymous Guntar Says:

    Clip yg keren banget. Sip ^_^

    Tapi aku baru tau klo Senna terbiasa dg mobil setir kanan. Apa ndak pati ngaruh ya antara setir kanan apa kiri.
    Untungnya letak gas dan kopling ndak wolak walik antara setir kanan ama kiri :-P

  7. Anonymous de Says:

    Paling aman nyoba'e nang THR ae. Numpak bombom car.

  8. Blogger tyka82 Says:

    honda nsx-r iku opo'ne honda karisma ambek honda legenda??

    eh kliru yo...legenda iku kan merk biskuwit :D

    http://tyka82.blogspot.com/

  9. Anonymous preaxz Says:

    wueueue .. yok opo awake peno.
    ayrton senna iku lak wis almarhum se?

  10. Blogger mimimama Says:

    preaxz: lho yok opo yok opo? ayrton senna pancen wis almarhum tahun 1994, crystal clear. so what's the problem?