<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://draft.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

mathematical funfair

teka teki di bawah ini diambil dari koleksi lawas brian bolt, the mathematical funfair, cambridge university press, 1989, isbn 979-403-878-4.

reuni ibu ibu

pada sebuah acara reuni sekolah, lima ibu2 yg semasa sekolahnya merupakan teman kental duduk mengelilingi sebuah meja. (pada waktu mereka masih sekolah, nama akrab mereka masing2 adalah: siska, santi, sari, sita dan susi. tetapi, kini, ketika semuanya sudah menikah, mereka juga sering dipanggil bu + nama suami mereka). masing2 memesan segelas minuman, sepiring makanan berikut dessert pencuci mulut. siska dan bu santoso memesan kola, sedangkan sita dan bu siregar memesan es kelapa kopyor. bu saleh hanya memesan air putih karena ia sedang diit. siska dan bu sadikin memesan steak. sari dan bu saleh memesan ayam goreng. untuk dessert, sari dan bu subangun memesan puding, sedangkan santi dan bu saleh memesan es krim. ibu yg lain memesan salad buah. tidak ada dua ibu yg duduk berdekatan memesan hidangan yg sama.

siapa yg memesan ayam panggang dan apa yg dimakan susi?


kalo yg di bawah ini dari koleksi lain brian bolt, a mathematical pandora's box, cambridge university press, 1993, isbn 979-605-030-7.

mengukur lebar sungai

dalam perjalanannya menjelajahi daerah pedalaman, dr. shah dan keponakannya ravi sampai di tepian sebuah sungai yg cukup lebar. dr. shah menantang ravi untuk mengukur lebar sungai namun tidak boleh kebasahan. ravi menjawab tidak mungkin sebab ia tidak mempunyai alatnya, namun dr. shah meyakinkan bahwa, dengan sedikit berpikir dan mencoba, ia akan dapat mengukur lebar sungai dalam satuan langkahnya dg sangat mudah. dan, memang benar, ravi berhasil. apakah kalau anda menjadi ravi juga akan berhasil? tentu saja di situ tidak ada jembatan!


yak, segitu dulu. permainan tersebut di atas bisa diselesaikan secara matematis lho, bukan sekedar pertanyaan akal-akalan kayak gimana caranya masukkan gajah ke dalem kulkas. jadi siapkan kopi, camilan, dan kertas oret2an kalo perlu. selamat menikmati dan have a nice day :)

tak tunggu di comsys, sapa yg bisa ngasih jawaban bener paling cepet?



bonus: sudoku dari google gadgets.

update: sudoku-nya dihapus aja, karena saya ternyata script sudoku dari google gadget ini nggak asik :p anyway, kalo mau maen sudoku digital ya silakan cari sendiri di internet. ato boleh pasang sudoku sendiri di blog kamu pake script dari google gadget (kalo suka) hehehhh.

Labels:

“mathematical funfair”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    waduh lagi kerjo ki..ndak sempet maen-maen. Kecuali ono hadiahe. BTW, rajim bgt posting.

  2. Anonymous Anonymous Says:

    teka teki yg pertama aku agak lupa gmana cara ngerjainnya. yg pasti sih biasaya pakai trik ax x by gitu gitu.

    nah yg kedua, itu gampang. ambil 1 batang kayu, ukur panjangnya, pegang sejauh tangan, samakan tingginya pada pohon di dekatmu, lalu catat jarak dari kamu berdiri dan pohon itu berdiri. kamu dapat perbandingannya.

    sekarang gunakan batang kayu yg sama, ukur pada pohon di pinggir sungai, kamu akan dapat perbedaannya, nah itu ukuran jarak sungai.

    sudoku, maaf.. ngga tertarik mengerjakannya :p

  3. Blogger -Fitri Mohan- Says:

    aku tertarik sudokunya. tapi males ngisinya. :D

  4. Anonymous Anonymous Says:

    daripada puyeng mikir mending nanya pak rt wae lah dia kan punya data warganya.

    kata pak rt, jeng siska itu bu subangun, jeng susi = bu saleh, jeng sita = bu sadikin, jeng sari = bu santoso, jeng santi = bu siregar.

    jadi kalo ditanya apa yg dimakan jeng susi yang liat aja apa yg dimakan bu saleh, yaitu ayam goreng plus es krim minumnya air putih aja.

    Siapa yang makan ayam panggang ? ya jeng santi alias bu siregar.

  5. Blogger mina Says:

    aku cuma bisa jawab yang soal nomor 1. btw, masalah tempat duduk itu sebenarnya tidak penting kan? tanpa itu, bisa dijawab.
    nomor 2, gak tau gimana.
    sudoku, aduh.... gak pernah ngerjain satu pun. susah gak sih, aturannya gimana?