<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

sepasang mata bola

sepasang mata bola
gemilang murni mesra
telah memandang beta
di setasiun jogja

sepasang mata bola
seolah olah berkata
pergilah pahlawanku
jangan bimbang ragu bersama do'aku...



powered by ODEO

beberapa orang bisa nebak lawan bicaranya lagi jujur ato bohong, dari matanya. dari matanya gimana? ya nggak tau, pokoknya keliatan.


kemaren aku liat ada gajah naek becak, namanya bona, haha.


sepasang mata bola orang mau bohong ato mau jujur matanya ya tetep aja kayak gitu. bunder, tengahnya item, pinggirnya putih. lha terus gimana mata bisa dipake ndeteksi bohong/jujur? gini, konon kata orang pinter bola mata itu bisa secara tidak sadar bergerak sinkron dg isi otak.

di dalem otak, daya ingat manusia disimpan dlm 3 korteks: penglihatan, pendengaran, dan peraba/perasa.
  • daya ingat penglihatan secara khusus merekam informasi2 visual macem warna, bentuk, kedalaman, gelap terang, dsb. misalnya kita inget seperti apa desain interior rumah teman lengkap dg posisi2 furniturnya pisan.

  • daya ingat pendengaran merekam informasi suara. misalnya lirik lagu2nya chrisye ato quotes keren dari 300.

  • daya ingat peraba/perasa tentu saja merekam informasi2 macem alusnya sutra, dinginnya bromo, ato kecutnya jeruk.

nah selain untuk memori, di dalem otak juga ada 3 korteks untuk imajinasi. misalnya imajinasi penglihatan: bayangkan kaos fuchsia kelunturan tinta magenta. kira2 kayak gimana warna barunya? ato contoh lain imajinasi peraba/perasa: kita ngerti gimana rasanya rawon, kita juga ngerti gimana rasanya pecel. lalu gimana kira2 rasanya kalo pecel dikasih kuah rawon? hayo. yg beginian ini urusannya imajinasi, bukan memori.

nah balik ke bola mata lagi. secara nggak sadar, gerakan mata bisa sinkron dg kerja otak. pas ngingat2 kayak gimana kostum si perampok waktu beraksi, dan senjata apa yg digunakan, mata saksi mata akan mengarah ke kiri atas. sebaliknya kalo mengarah ke kanan atas, kemungkinan besar dia dusta. kenapa bisa gitu? ya tanyakan ke ilmuwan betulan, aku nggak sepiro ngerti hehe. pd praktiknya, yg perlu diperhatikan adalah ingatan visual = kiri atas, imajinasi visual = kanan atas. lengkapnya:
  • memori visual = kiri atas

  • imajinasi visual = kanan atas

  • memori pendengaran = kiri tengah

  • imajinasi pendengaran = kanan tengah

  • memori perasa = kanan bawah

  • imajinasi perasa = kiri bawah

tips: menggerakkan mata secara sengaja ke arah2 itu juga bisa mbantu menstimulasi kerja otak. misalnya pas ketemu teman lama tapi lupa nama, boleh coba gerakkan mata ke kiri atas. moga2 bisa lebih gampang balik memorinya.

nah, setelah tau yg beginian, kita boleh iseng ngetes bener nggaknya dg beberapa sample dialog sama orang lain. coba pancing2 dg obrolan yg agak2 sensitif hehe. tapi jangan testing ngobrol dg sesama blogger, nggak asik. bisa jadi lawan bicara juga baca, juga 'tau', juga iseng, bahkan lebih hebat lagi dia sudah melatih matanya untuk selalu fokus waktu bicara hahahaaa... halah mbuh, mau percaya ato enggak, itu urusanmu.

Links: fortune teller

Labels:

“sepasang mata bola”

  1. Anonymous chantee Says:

    aku speechless....
    kalo matanya jereng alias gak kompak, visual nya piye ?? :P

    besok dirimu tak test mi...
    btw iku fotone sopo mi...kok kaya nya kenal

  2. Blogger DenaDena Says:

    Wah aku komen opo ki Mi.. Mbuh pisan ae wes.

    kirim2an imel? aku laha seneng nek mbok kirimi duit mas hehehe

    Inel_kosmo@yahoo.com

  3. Blogger T A T A R I Says:

    percaya kok aku..
    besok takcoba deh

  4. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    wah kalau dikasih bocoran gini..apa masih berlaku mi ?... buat aku yang sering nyari alasan bo'ong bisa kucoba neh..biar kelihatan beneran..huehueue..

  5. Anonymous iks Says:

    nah kalo cara ngartiin mata 'MAU ANU' gimana mih? hueheheh

  6. Anonymous mina Says:

    pelajaran bagus nih *jadi juling liatin mata orang*

  7. Anonymous koeaing! Says:

    soeda perna kassie denger ini istilah poenja gaia blon boeng ? MATANE PITJAK !...mantab pan ?

  8. Anonymous Hedi Says:

    Kalo soal bohong atau enggak, yang mesti diperhatiin sebenernya pupil mata (pergerakan dan ukuran), Mi. Cuma kan susah, bergerak dikit aja sangat sulit merhatiinnya.

    Eh, kabarku sibuk banget, mirip peak season :D

  9. Anonymous dodski Says:

    kalo matanya juling gimana tuh? apa ga repot analisis-nya? hehehe


    *kabuuuuuuuuuuuuuuur* :-D

  10. Blogger b0wo Says:

    pernah liat orang kesurupan sampe matanya putih semua... nampaknya dia sedang berusaha keras mengingat2 imajinasi nya secara KERAS

  11. Blogger Keke Rachmad Says:

    Yang penting mah mata pencahariannya :))

  12. Anonymous kaena Says:

    uda aku coba mik, kurang berhasil :( yang ada malah dilemparin kertas gue..