<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

softer soft?


banyak regulasi baru tahun 2007 ini, beberapa aturan malah berubah sangat smurf! salah satunya: kewajiban pake 2 compound ban dalam 1 race. harapannya: balapan jadi lebih seru karena 2 macem compound itu punya pengaruh grip berbeda thd aspal, sehingga berpengaruh juga pd kecepatan mobil ngelewati tikungan. kapan pake harder tyre? kapan perlu softer tyre? kenapa kubica dibaca kubitsa? kapan timing yg pas buat ganti ban? nah di area ini para race engineer punya arena balapan sendiri, adu kesaktian dan akal-akalan.

normalnya harder tyre punya grip lebih jelek daripada yg softer, kurang nggigit. tapi harder tyre lebih awet, bisa dipake lebih lama. softer tyre punya konstruksi karet lebih lunak, lebih nempel ke aspal. konsekuensinya: softer tyre itu boros, lebih cepet gundul daripada yg harder. tapi dg grip yg lebih bagus itu softer tyre bisa mbantu mobil di tikungan, bisa dipaksa mbelok lebih kenceng tanpa kuatir slip. rata2 softer tyre bisa 0,5 detik per lap lebih cepat.

jadi kapan pake harder tyre? kapan perlu softer tyre? kapan timing yg pas buat ganti ban? secara default, mereka yg start di depan sebaiknya pake softer tyre di awal race. pertimbangannya: aspal masih licin, perlu grip lebih. trus lagi, tikungan pertama selalu seru. jarak antar mobil cuman itungan senti bahkan milimeter, perlu handling presisi dan kontrol sempurna. kalo sampek mbeleset ngerem dikit aja = game over.

dg softer tyre itu juga mereka yg di depan berharap bisa kabur sejauh2nya sebelom harus pitstop. lalu biasanya setelah pitstop kedua baru ganti pake harder tyre. pd momen ini, aspal sudah jadi lebih lengket soalnya sudah ada layer karet cukup tebel di permukaan lintasan. selain itu, setelah pitstop kedua juga situasi race dan posisi pembalap sudah banyak terbaca.

strategi lain untuk yg start di belakang 10 besar: karena setelah kualifikasi mereka bebas ngatur ulang jumlah bahan bakar yg dibawa start, mereka bisa mbawa lebih banyak bahan bakar supaya bisa pitstop lebih telat. keuntungannya: yg pitstop lebih telat mobilnya jadi lebih enteng daripada yg pitstop duluan (untuk beberapa lap di sekitar pitstop window itu). artinya: mereka bisa lari sedikit lebih kenceng. tapi konsekuensinya: mereka perlu harder tyre di awal balapan.

di monaco kemaren, ada yg aneh.

2 mobil mclaren pake harder tyre untuk start. mereka start di depan. aku nggak ngerti betul apa yg ada di otak ron dennis, apa berasumsi mclarens mbawa bahan bakar lebih banyak daripada ferrarinya felipe massa? ternyata lebih ganjil lagi, massa juga start dg harder tyre, wah. cari2 informasi di formula1 dot com dan crash dot net, nggak dapet artikel yg mbahas anomali ini. di f1technical dot net juga nggak ada penjelasan memuaskan. kira2 kenapa ya? pertimbangan apa yg bikin mclarens start dg harder tyre?

Labels: ,

“softer soft?”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    goblok-goblokan wae,

    2 mclaren ada didepan, di sirkuit monaco yg kesempatan nyalip minim, satu ferrari kena musibah.

    ngga perlu ngoyo, asal selamet, ingat 2 lawan 1. 1 mobil bisa tetap didepan sedangkan mobil 2 ngalang-ngalangin mobil ferrari.

    dengan trik kayak gitu lebih pas jika melakukan pitstop pertama agak lamaan, jadi lebih baik jika pake ban hard.

  2. Anonymous Anonymous Says:

    duh postinganmu ki dudu konsumsine mbok2 koyo aku. Bingung arep komen (lha lapo moco !!!)

  3. Anonymous Anonymous Says:

    kalo analisaku yah mih *halah

    monaco tuh sempit, otomatis mobil melaju gak sekencang di sirkuit lain *cmiiw terutama saat tikungan. Kalau di sirkuit lain dipakai yg softer untuk ngindari slip karena mungkin mobil melaju dengan kec.lebih tinggi dan bisa terpelanting keluar, sedangkan di monaco karna mulai dengan kec. dibawah yang memungkinkan saat belok , kec.nya belum cukup untuk menyebabkan mobil terpelanting.

    aku juga kurang tau, coba cek deh, rata2 kec. pada saat tikungan dengan kelengkungan yang sama di monaco dengan sirkuit lainnya masing-masing berapa? mungkin bisa dijadiin perbandingan.

    trus, karena puterannya lebih pendek, kalau pake yang soft dikhawatirkan masuk pit tuk ganti ban lebih awal, bisa-bisa karna lintasan yg pendek itu jadi terkejar. Makanya dipakai yg tahan lama supaya bisa nargetin gap yang lebih panjang.

    Gitu kali yah ;))

    sekian dan terima kasih.

  4. Anonymous Anonymous Says:

    Lho memang harus dibaca kubitsa atau kubica. Itu lafal yang bener, seperti misalnya dario simic jadi simits bukan simik. :P

  5. Blogger -ndutyke Says:

    niru2 bahasanya mimih, yg kadang sarat singkatan:

    swgl.

  6. Anonymous Anonymous Says:

    Atau barangkali tracknya udah cukup panas krn cuaca (?) atau krn udah dipake berulang2 sebelumnya shg layer karet di line tracknya udah cukup banyak.