<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

yahoo akan dimatikan pada tgl 17 november

sample hoax di yahuu messenger

tidak perlu menjadi ilmuwan roket untuk memahami pesan di atas adalah hoax belaka, cuman butuh akal sehat.

ayolah, buat dirimu berguna, apa sulitnya sih melakukan langkah verifikasi sederhana untuk memastikan pesan berantai itu asli atau tiputipu? nggak sulit kok, gampang, segampang berjalan jalan di taman. cuman googling dikit lah... niscaya dalam tempo detikan sudah banyak referensi bona fide yg menjelaskan kenapa pesan tersebut nggak make sense.

berita buruknya adalah, pesan semacam ini sudah bersirkulasi tahunan di internet. dan dugaan saya (ya allah, semoga saya salah), tahun depan pun masih akan bersirkulasi lagi. dalam catatan snopes, pesan ini sudah beredar sejak desember 1999, *gawk!* tentu saja dengan mengalami sejumlah modifikasi dan migrasi medium penyebaran.

sesungguhnya, adalah ide bagus untuk melakukan verifikasi kebenaran pesan berantai sebelum meneruskannya. dan pada selemah2nya iman pun, tidak meneruskan pesan tersebut sudah terhitung ikut meredam lajunya arus penyebaran kebohongan.

eh tapi ada yg menarik dari hoax di atas. kalo sesuatu hal yg konyol dan pantes diguyu secara nista gitu mampu beredar tahunan dan menggalang banyak massa, mestinya bisa 'dimanfaatkan' juga toh ya?

coba ya, misalnya pada sample fiktif, yg terhormat tuan bill gates lagi iseng, beliau membuat hoax untuk disebar di jaringan yahoo messenger dan google talk (tetapi tanpa menyebarnya di jaringan live messenger, untuk menghemat benwit lah). pesannya seperti gini:
"awas, awal tahun 2009 interpol akan merazia lisensi linux pada semua laptop di bandara. laptop yg ketauan pake linux bajakan akan disita, dan pemiliknya akan dikenai denda 9 juta. segera install windows asli pada komputer anda. sebarkan informasi ini pada keluarga dan kerabat anda."

hmmm… mungkin nanti bisa diperhatikan statistik penjualan sistem operasi produk microsoft, efeknya seperti apa, haha.


sedikit tips dari saya:
lakukan verifikasi & koreksi apabila mampu. atau pada kondisi awam, berdiam diri adalah pilihan aman. lha daripada ikut menyebar hoax secara gegabah, yg berakibat mengumbar keidiotan diri pada publik. karena sesungguhnya hal demikian adalah memalukan. memalukan.

Labels:

“yahoo akan dimatikan pada tgl 17 november”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    Kalau aku kejam Mas, kalau sampe ada yang nyepam hoax gituan apalagi lebih dari sekali dan terutama lagi nggak kenal, langsung saya hapus dari friend list dan saya block :))

  2. Anonymous Anonymous Says:

    haha, kalo shei daridolo di kirimin kayak gitu, sampe yang nyangkut nama2 agama skalian, ngga pernah direken..habis, kaya memforward sms,bikin pulsa abis aja, nah kalo forwad imel/chat males ah, ndak ada waktu n_n

  3. Blogger Herru Suwandi Says:

    yang aku kok heran mi, kok ya adaaaa yang ngereken email hoax disebar-sebar gituh. padahal akyu tau kalo orang itu bukan orang yang memiliki kecerdasan setara lumut

  4. Anonymous Anonymous Says:

    Biasanya mereka adalah pengguna internet pemula yang belum tahu apa itu hoax dan pesan berantai. Kita dulu pernah mengalami fase itu bukan? :)

  5. Anonymous Anonymous Says:

    saya juga dapet hoax macam ini. Ngeselin. Yang donor darah gimana? Antara percaya dan tidak. Kalau menganggap hoax habis perkara. Kalau beneran berarti kita tidak menolong. Waduh. hihi

  6. Anonymous Anonymous Says:

    untungnya saya ndak pernah dapat gituan.. hehehe... mudah2an aja tidak, kalo dapat, ya delete ajah. selesai maslah.

  7. Blogger Ms Mushroom Says:

    idem sama shei ... :D, males nulis ... :p

  8. Blogger aR_eRos Says:

    wew sama mas, sayah juga dapat pesan persis spt tu. pengirimnyah juga samah 'Pardy CC'. untungnya sayah gak ikut2an forward. buang2 waktu ae.

    gimana misalnya saya ikut2an bikin hoax nyang kurang lebih isinya:
    "Perhatian Keras! Barang siapa yang tidak add-nya id eRos baik YM, FS, Plurk terutama link blog. maka bisa dipastikan komputer, laptop atau hape anda akan meledak dalam hitungan menit.segera sampaikan info ini kepada user lain"
    bisa dipastikan tidak lebih dari satu jam PR blog sayah = 10 dan alexa 10 besar wkakakaka

    mau coba? silahkan!

  9. Anonymous Anonymous Says:

    Kalo aku paling benci itu kalo yg "Hari ini adalah hari pertemanan sedunia.. bla bla.."

    Kalo hari ini hari pertemanan, kok tiap bulan terima message sejenis ? :P Aya-aya waeee..

  10. Blogger latree Says:

    hihihhi....

  11. Anonymous Anonymous Says:

    iya tuw, saya juga dapet message itu..hoax aja ya ternyata?

  12. Anonymous Anonymous Says:

    mesej gak penting blasssss

  13. Anonymous Anonymous Says:

    walah...biasane langsung tak close ae mi...gak ngenak-enaki wong chatting :D

  14. Anonymous Anonymous Says:

    hahahahaha... hoax versi baru...

  15. Blogger farhan.badutz Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  16. Anonymous Anonymous Says:

    weh, kayaknya gak ngaruh deh buat orang2.... saya juga dapet lho.... ada yang mau saya kirimin juga??

  17. Anonymous Anonymous Says:

    Hehehe..
    Ternyata ngga' kebukti koq tgl 17 November yg lalu..
    Btw, aku punya Abang yg adalah seorang webdesigner dan web programmer, sering sekali meneruskan pesan-pesan spt itu.
    Weleh.. weleh...

  18. Anonymous Gebyar Speedy Pekalongan Says:

    Heran saya.. masih ada aja orang yg eprcaya ma gosip murahan kyak gitu///