<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Museum Santet!

Museum Kesehatan

Museum Santet, menyelamatkan dan memelihara warisan budaya, tradisi dan sejarah kesehatan nusantara, dan dunia.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH - Depkes RI, di jalan Indrapura ini mungkin nggak banyak dikenal orang. Padahal koleksinya nggak kalah unik lho dibanding House of Sampoerna. Bahkan, nggak banyak yang tau bahwa di Surabaya ini 'ada' museum bertema kesehatan. Tapi kalo ditanya tentang Museum Santet, mungkin beberapa pernah dengar.

Jadi, sebenernya apa benar santet itu ada? Apakah praktik tenung itu nyata? Di Museum Kesehatan ini saya lihat sendiri benda-benda yang nggak masuk akal itu, bahkan foto bayi yang tampak penuh tancapan paku di dada dan perutnya, dan rontgen penampakan gotri di dalam tubuh manusia, ha!

Aksesoris & Aura

Pengetahuan tentang santet sebenernya cuman sebagian koleksi Museum Kesehatan ini. Banyak juga informasi tentang budaya, dan sejarah perkembangan dunia medis yang bisa dipelajari. Lengkap mulai dari praktik pengobatan dari daratan Eropa dan Mesir kuno, hingga teknologi-teknologi modern dunia medis dan proses daur ulang sejumlah peralatannya.

Pengobatan dari Barat

Alat Kontrasepsi


Penjelasan Ilmiah Tradisi Leluhur

Pada aspek budaya, mungkin orang pernah tau tradisi kurungan bayi atau kebiasaan 'kerokan' untuk mengatasi masuk angin. Tapi, apa maksud tradisi mengurung bayi tersebut? Atau adakah penjelasan ilmiah dari praktik kerokan? Atau itu hanya sugesti/mitos saja? Ingin tau kenapa keris bisa menyembuhkan penyakit? Di Museum Kesehatan ini kita bisa belajar banyak. Karena memang Museum Kesehatan ini diharapkan mampu menjadi media pendidikan atau pembelajaran bagi masyarakat umum maupun masyarakat ilmiah yang perduli terhadap upaya kesehatan.

koleksi museum

Selain tinggi nilai manfaat ilmiahnya, Museum Kesehatan juga potensial jadi situs wisata yang menarik. Dengan sedikit sentuhan pemasaran mestinya banyak orang yang penasaran liat koleksi eksotis binatang-binatang yang bermanfaat dalam upaya pengobatan, binatang-binatang lain yang beracun, atau koleksi jailangkung dan ninik towok di museum ini, atau desain celana anti perkosaan, hahahaaa... Tapi saran saya: tidak perlu takut apabila anda menemukan peta penampakan makhluk halus di sekitar kompleks museum ini. Museum ini sudah 'relatif' aman. Yah, paling tidak, demikianlah yg pernah diomongkan mas pemandunya.

koleksi museum

Catatan: Museum Kesehatan dikelola oleh petugas pegawai negeri dari Sub Bidang Jaringan Informasi dan Perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan, jadi kalo pas tanggal merah ya ikut libur. Sekedar pertimbangan momen kunjungan. Sedangkan harga tiket masuknya sangat murah, hanya 1.500 rupiah saja.

Alamat:
Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH - Depkes RI
Jalan Indrapura, no. 17, Surabaya.


Lebih banyak lagi foto-foto koleksi Museum Kesehatan di:
http://mimimama.multiply.com/photos/album/51/museum_kesehatan

Labels: , , ,

“Museum Santet!”

  1. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    di surabaya ya?
    ah, skip deehhh :p

  2. Blogger Fenty Fahmi Says:

    Wah omongannya serius ...
    Seharusnya Museum ini dikembangkan seperti House of Sampoerna ... tapi ya maklum, sponsornya dapet dari mana ??

  3. Blogger Raden Mas Angki Bukaningrat Says:

    Wehehehehe
    untung kau tak memajang foto "topenglu" ituh.

  4. Blogger Raden Mas Angki Bukaningrat Says:

    *ralat*
    "topengku" bukan "topenglu"

  5. Anonymous paman tyo Says:

    baru tahu saya kalau ada "museum santet". menarik, menarik, menarik! kesehatan (dan kesakitan) dilihat dari banyak aspek.

  6. Blogger memeth Says:

    tau ini dari intisari edisi november 2008. kemudian postingan ini makin menguatkan keinginan utk berkunjung. ^_^

    nice review, informatif bgt.

  7. Blogger Ericova Says:

    weks ^^ fotoku g nampang y mas?wkwkwk
    ada foto2nya yg waktu pulang dr museum santet n d royal g yg pk kameranya mas fam?hwhwhw

  8. Anonymous Hedi Says:

    wah temenku dari australia yg pernah bikin skripsi soal santet harus dikasih tahu nih, thx rek!

  9. Anonymous cempluk Says:

    yuk kapan2 kita jalan2 lagi menyusuri keunikan kota Surabaya..hehehe..jadi kangen jalan2 lagi ma blogger TPC..

  10. Anonymous ndop Says:

    laaah... ulasane kok lebih menarik dari yang lain ya??

    baguuus... aku baca dari a-z...

  11. Anonymous cisthouse Says:

    hmmmm, medeni...aq gag wani melu wingi..hiii

  12. Anonymous vin Says:

    walah mi...tak kiro museum santet iku majang alat2 bin pernah-pernik santhet thok...tibak'e mung nama lain museum kesehatan hehehe...

  13. Anonymous nico Says:

    beh... indrapura tuch sebelah mana yak saya mau coba ke sna ah

  14. Blogger Anang Says:

    mi gambar katok anti perkosaan endi? haha

  15. Anonymous latree Says:

    kayanya serem banget deh...

  16. Blogger escoret Says:

    temen tribalku di waru,dulu pernah ngajak ke sini...kekkeke..

    sayang,dulu waktunya mepet...when2,tak mampir....


    *bawa karung*

  17. Anonymous Jiewa Says:

    Si Angky lagi neropong apa sih ?

  18. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    Mi, kalau malam di depan gedung ini ada warung Belut khas Malang..wenakkk digoreng kremes githu..*adoh los pokus

  19. Anonymous ichaawe Says:

    aku baru denger ttg museum ini.
    bener2 menarik utk dikunjungin.
    heran..kok gak terkenal yah??? payah deh masayarakat indonesia..doyannya jalan2 ke mall aja. tempat menarik kayak gini malah di acuhkan

  20. Anonymous dimasdhea Says:

    kapan2 harus k museum santet nii :)

  21. OpenID noviantopr Says:

    Wah kerisnya bisa tak minta itu buat koleksi

  22. Blogger Linny Says:

    Kak fahmi!
    Mana posting selanjutnya?
    Jangan terlalu lama berhibernasi, bro. Entar beneran jadi beruan kutub pulak! Gya!

    Bro, museumnya bener ada hantunya ya?

  23. Blogger Linny Says:

    Kak fahmi!
    Mana posting selanjutnya?
    Jangan terlalu lama berhibernasi, bro. Entar beneran jadi beruan kutub pulak! Gya!

    Bro, museumnya bener ada hantunya ya?

  24. Anonymous shei Says:

    WAaah, keren jugak yaaa!!!

    SAia dulu pernah mau diajak KAkak Sangkil, tapi ndak jadi,
    PEngeeeen....

  25. Anonymous BambangOke Says:

    Wah dukun santetnya ada ga mas.

  26. OpenID anysaja Says:

    sebenarnya museum itu bagus juga ya. Tapi menurutku agak aneh juga. gak ada pembagian yang jelas. Terakhir aku kesana, ada banyak mesin-mesin kuno yang dipajang. sayang waktu itu gak ada pemandu yang nemenin, jadi gak sempet nanya. Hai mi, apa kabar?

  27. Blogger DenaDena Says:

    apdet woooiii. pacaran ae

  28. Anonymous iks Says:

    kok museum kesehatan yah? museum pesakitan lebih pas hehe...omong2x biaya masuknya lebih murah Museum Gajah cuma Rp 700,- . Iya ke museum bagus banget tuh, apalagi buat yg lagi pacaran murah meriah hemat *weks pacarne pelit* :P

  29. Anonymous tukyman Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  30. Blogger Link-com Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  31. Blogger Hapi Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  32. Blogger Carlos Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  33. Blogger Keyword Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  34. Blogger Hapi Says:

    This comment has been removed by a blog administrator.

  35. Anonymous bodrox Says:

    ha.. ha.. ha.., ini baru museum khas Indonesia.

  36. Anonymous Anonymous Says:

    eh, ada ya ? baru tau..menarik juga spertinya..
    mmm..kapan ya ke surabaya..?!

    imgar

  37. Anonymous rozy Says:

    baru tahu ada museum seperti ini
    thanks infonya pak

  38. Blogger sunardi Says:

    Waaa... Lengkap ya museumnya.

    Mesti kesana ini. Unik-unik barang peninggalannya.

  39. Anonymous Sommerset Says:

    I want to use this article, can you please translate this article in English? Cause translating in google or babel fish is not so accurate and it's so weird. Thank you for your effort.. I appreciate it

  40. Anonymous -tikabanget- Says:

    serem gak mi? :(
    aku gak mau abis dari situ trus malemnya mimpi aneh aneh..

  41. Anonymous titiw Says:

    Sori mau OOT mas. Kok blog.efahmi.info gak bisa dibuka ya..? piye..? (halah sok jawa..) Kalo sempet boleh gak bales ke site aku atau imelku? thx before.. Aku merindu soalnya nih mas.. :)

  42. Anonymous blogger senayan Says:

    salam kenal
    wowowowow blog yang bagus mas
    mantab
    thanks ya infonya

  43. Anonymous zovy Says:

    Waduh mas..denger kata santet aja kita udah ngeri...ini memang sampean pemberani sampai posting tentang santet hehehe..awas ditempelin lho...he..by the way..its a good article

  44. Anonymous Investpanas Says:

    weeew ini blog lain dari yang lain emang percaya nggak percaya santet itu ada nggak yang jelas jangan minta pembuktian wiiih

  45. Blogger tjahaju Says:

    hmm.. aku ga ke museum ini wktu d sby kmaren. serem klo pas mo kesana sendiri, hekeke..

  46. Anonymous Investasi Says:

    santet memang ya percaya nggak percaya tapi kita harus percaya ghaib itu ada , santet saya pernah melihat kasus sendiri ya ngeri memang tapi ya itu faktanya dan jauh jauh lah kita dari dunia itu salam kenal ya

  47. Anonymous peluang bisnis Says:

    penyelamatan n pelestarian budaya.,
    memang patut dilaksanakan
    terlepas dengan santet itu masuk akal / tidak

  48. Anonymous Bisnis Says:

    santet ya menurut saya nggak masuk akal itu ghaib tapi ngeri pokoknya lah thanks

  49. Anonymous aksesoris wanita Says:

    oh ... museum yang pernah masuk tv ini, banyak koleksi benda benda bersejarahnya

  50. Anonymous bisnis online Says:

    tapi saya ingin juga lohke sana setelah lihat post ini jadi tambah penasaran ingin cepet ke sana thanks ya salam kenal

  51. Anonymous anang Says:

    thank infonya mbak

  52. Anonymous singolawu Says:

    wew... santet,,,,
    masih ada ya bro kyk gituan....
    salute....

  53. Anonymous arisnb Says:

    wah ada-ada saja museum santet :d

  54. Anonymous Rock Says:

    Blognya keren banget mas... ajarin cara buat spoilernya dong...

    btw tukeran link yuk??? linknya mas Fahmi sudah nongkrong di "ROCK", silahkan di cek... Makasih sebelumnya & salam kenal...

  55. Anonymous Griya Kuliner Says:

    Boleh nih visit kapan-kapan.....

  56. Anonymous news berita Says:

    aku jd pingin liat deh,menarik dan serem

  57. Anonymous atsie Says:

    wah.. serem juga yaa.. klo dtg bisa kena santet dong?

  58. Anonymous andee Says:

    wah bgus bgt nih musemnya...serem..

  59. Anonymous sr Says:

    yee

  60. Anonymous Irwan Kurniawan Says:

    ada ada aja postingannya..
    Artikel Ilmiah

  61. Anonymous Tira Says:

    serem bener yach O_O

  62. Blogger e-alkes blog Says:

    Duhh kemaren ke Surabaya gak mampir,...gak tau ada museum beginian

  63. Anonymous kangoyot Says:

    Mantabss...
    thanks boss...

  64. Anonymous giriayoga Says:

    wah,ni bisa tak kunjungi... :)

  65. Anonymous free arcade games Says:

    sep bro infonya, nanti kalo aku ke surabaya ke museum santet dah

    BTW, gambar2nya keren broo!

  66. Anonymous Gebyar Speedy Pekalongan Says:

    Ngeri Gan namanya..... hehe

  67. Anonymous Aditya Perdana Says:

    Wuihhh, ada ya museum santet... serem gan...

  68. Anonymous rental Says:

    serem amat ya...
    ada-ada ajah nih musium..

    tapi ga papa budaya indonesia memang unik

  69. Anonymous Mutiara Pembelajar Says:

    kok museum santet????????serem coy

  70. Anonymous wahyuprio Says:

    thnks infonya
    malah sy baru tau klo ada museum santet, harusnya dijaga tuh musiumnya, bnr musiumnya asli keren, tp klo HTMnya 1500 tuh pegawenya gajinya berapa y??

  71. Anonymous Achiles Says:

    Keren museumnya... kayaknya ini lain dari yang lain

  72. Anonymous Ade Fr Says:

    Seharusnya museum seperti ini lah yang dikembangkan oleh pemerintah karena bagaimanapun juga museum santet mempunyai koleksi yang tidak kalah dengan museum-museum yang sudah lebih maju.

  73. Anonymous toko kado Says:

    nice info, santet sbnrnya sesuatu yg sptnya tabu di masyarakat, jadi tidak banyak orang yang tahu. apalagi dijadikan sebagai warisan budaya. museum ini sangat berguna sekali untuk membuka wawasan. good article : )

  74. Anonymous Best Christmas Toys 2011 Says:

    Wah.... Hebat ya. Jadi semua maintenancenya harus hari-hati lho sebab semua barang keramat.

  75. Anonymous Best Car Gps Reviews Says:

    Wah.... Hebat banget museum... angker gak ya??

  76. Anonymous raharja Says:

    sayang jauh dari rumah gue mas

  77. Anonymous computer zone Says:

    ngeri juga bacanya ya bos, ampe merinding loh, btw artikel yang unik, thanks

  78. Anonymous trend aksesoris Says:

    wah,. museum yang unik,. dan cukup menarik koleksinya,.
    seharusnya museum ini lebih dilirik dan dikembangkan lagi,. ^^

  79. Anonymous jepit rambut Says:

    keren kereeennn musiumnya

  80. Anonymous obat herbal kanker prostat Says:

    anak-anak sekarang udah gak doyan ke museum semoga lewat artikel ini bisa menarik minat mereka mengunjungi museum