<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

value creation vs value capture

pernah merhatiin nggak, kalo mo beli komputer (ato peripheralnya) orang biasanya browsing dulu ke fastncheap.com ato bhinneka.com ato situs2 toko online macem gitu.

soalnya enak, orang bisa browse katalog online gratis, bisa compare barang2, n yg pasti nggak perlu repot jalan2 keliling toko, tanya2 spec ke mbak2 sales yg cemberut, nggak pake ngotot nawar2 harga, dsb. tapi, apa kemudian orang bener2 beli di fast n cheap? belom tentu.

ada beberapa alasan orang nggak beli barang di toko online:
- pengirimannya nggak langsung hari itu juga
- ada tambahan biaya kurir
- nggak punya kartu kredit
- belom percaya transaksi di internet
- nggak bisa ditawar
- dsb

konsumen surabaya biasanya abis nyari barang di fastncheap.com, mereka beli barangnya di THR. n biasanya emang bisa dapet harga lebih miring di THR ;)

jadi, fast n cheap itu salah strategi? bisa jadi gitu. buktinya kemudian mereka buat juga toko di darat. mungkin toko2 darat fast n cheap bisa ngasih keuntungan cukup gede buat bertahan hidup n berkembang. tapi katalog online gratisan mereka tetep disalah gunakan konsumen. apa konsumen jahat? ya nggak tau... salahnya sendiri ngasih fasilitas online katalog gratisan :p

bahasa kerennya fast n cheap melakukan value creation, tapi nggak dapet value capture.

Labels: