<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

demo

hari sabtu kemaren nongkrong di bengkel, servis rutin n sekalian mau mbenerin lampu belakang yg suka goyang.

nah yg menarik, di bengkel yg biasanya cuman dihuni mekanik2 kemproh dg overall belepotan oli ternyata ada mbak mbak manis senyam senyum cengar cengir nggak jelas. wuehhh... nggak biasanya makhluk alus macem gini nongkrong di bengkel. ternyata eh ternyata si embak itu adalah sales representatif dari salah satu merek oli (sebut aja oli BMW). waktu itu si embak lagi tugas mendemokan kesaktian oli gacoannya secara live, diadu langsung dg oli artis (sebut aja oli top gun). untuk mendukung demo ini, dia punya semacam mesin pengukur friksi antar logam.

demo. pertama dia pake oli artis di mesinnya. beban pd logam dinaikkan pelan pelan... sampek di posisi 250 (entah skala apa) tu logam bunyi crriiiiiiiitttttt!!!! stres pd logam udah sampek di batas toleransinya. berikutnya dia pake oli dagangannya. kali ini bunyi crit-nya baru kedengeran di posisi 450. wow... itu artinya oli dia punya kualitas hampir 2 kali lebih mulia dibanding oli artis. mampu melindungi permukaan mesin lebih baik, lebih licin, bikin mesin lebih adem n lebih panjang umur.

nah kesempatan demo berikutnya, ada bapak bapak yg lagi servis di bengkel itu juga, tapi mbawa oli sendiri. oli produksi BUMN, sebut aja mereknya mesra. testing pake mesin yg sama, prosedur yg sama, ternyata... hasil yg sama juga. oli mesra cuman dapet skor 250 di mesinnya mbak itu. si BMW dapet 450 lagi.

sambil nunggu giliran servis, iseng njajal oli yg mimi bawa di mesin itu. ini oli keren, import dari sepanyol, oli yg dipake nicky hayden n max biaggi di motogp, oli yg dulu pernah nyeponsori motor2 juaranya valentino rossi n mick doohan. bukan oli murahan jack! guess what... oli juara ini ternyata juga dapet skor 250. olinya mbak itu tetep konsisten di 450. no shit.

kayaknya ada yg nggak beres nih. masak semua 'oli lain' pasti dapet skor 250, n oli dia selalu 450?

mekanik yg konco plek sama mimi cuman mesam mesem tok... trus bisik2 "nggak mungkin oli sampeyan kalah mas, lha wong regone ae ping pindone, iku mesti onok opo opone"

nggak mau berburuk sangka, tapi asli pengen liat kalo olinya mbak itu dites duluan, trus baru tes pake oli lain di sesi kedua. kira2 apa hasilnya bakal 450/250? apa mungkin tetep 250/450? nggak tau. urusan servis sudah selesai. mesti buru2 ngebut menuju THR, mo browsing komputer... selak THR'e tutup.

---------

yah, tapi strategi demo macem gitu bisa dibilang berhasil dg sukses. mereka nggak perlu bikin iklan tv dg budget gendut, ngontrak artis2 kondang tapi awam mesin, ato buang2 anggaran promosi buat bagi2 souvenir. di bengkel itu memang kemudian ada beberapa orang yg awalnya mau pake top gun switch ke bmw. hmmm hmmm hmmm mereka berhasil nyolong pasar dg cara yg pinter tanpa budget yg mahal. smart.

Labels: ,