<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

easy money?

nggak nyangka ternyata bisnis wartel yg cuman recehan n ongkang2 kaki jaga kasir itu bisa bikin duit puluhan juta rupiah! percaya? nggak percaya? ini fakta.

kebetulan kenal seorang pemilik wartel, dia cerita kalo barusan beli rumah di sekitar tanggulangin, sidoarjo, dg harga (ngakunya) 22 juta. ya mungkin dia orang yg rajin menabung, bergaya hidup sederhana, dan setia memelihara bisnis wartelnya puluhan tahun...

eh ternyata salah jack, itu wartel baru beroperasi 2 tahun! wuik, 2 tahun = 22 juta, 1 tahun = 11 juta (bersih). itu sudah bersih setelah setelah dipotong buat biaya hidup dia sehari2: makan + kopi + rokok + listrik + air + bensin + etc... cuman dari wartel aja dia bisa dapet > 22 juta dlm 2 tahun?? *sungguh dia tergolong kaum yg sangat beruntung*.

bisnis wartel sebenernya bisnis simple. pokoknya jangan ngantuk aja jaga kasir, boleh disambi nonton sinetron, ato sambil wiridtan moga2 banyak rejeki, ato sambil ngisi TTS, ato sambil baca buku, ato bahkan sambil nulis buku? tunggu pelanggan datang, n duit mengalir sendiri. hehe masih nggak masuk akal kan gimana bisa dapet 22 juta? ya operasionalnya memang cuman gitu. tapi penentuan gagal/berhasil-nya bisnis wartel ini sudah ditentukan jauh sebelum wartel itu sendiri buka. perencanaan.

dari ngobrol2 itu ketauan kalo pemilik wartel jitu milih lokasi-nya: jl. panggung, daerah surabaya utara, nggak seberapa jauh dari pelabuhan, daerah gudang n bongkar muat kapal. konsumennya: banyak orang2 kapal yg lagi mampir di surabaya. n bisa ditebak, tujuan telponnya: lebih banyak yg interlokal, bahkan mungkin internasional. cuman yg agak berat mungkin ngelakoni gaya hidup nocturnal, maklum aktivitas bisnis gudang/pelabuhan memang lebih banyak malem hari. tapi nggak masalah toh kalo udah biasa. siangnya tutup, yg punya wartel istirahat. pasar telekomunikasi siang biar dimakan wartel2 kompetitor yg biasa buka 'jam kantor'. nggak terlalu banyak aktivitas bisnis di daerah situ kalo siang. FYI: menurut cerita sang pemilik, orang nelpon di wartel itu sampek antri. buka maghrib sampek subuh, nggak ada KBU yg nganggur, semua selalu terisi, hebat!

ah, beruntung dia dapet lokasi bagus. betul gitu?

ternyata, walopun kamu2 yg tinggal di komplek perumahan tetep bisa dapet profit gede dari bisnis ongkang2 kaki ini. perhatikan baik2: memang bener orang2 penghuni komplek perumahan sudah pada punya telpon PSTN di rumah, bahkan punya henfon komplit GSM n CDMA pula. lebih dari cukup, udah nggak butuh wartel lagi. tapi liat anak2 mudanya... apa mereka bisa bebas pacaran pake telpon rumah? bisa bocor tagihan telponnya, terus mamanya ngomel2. mau pake henfon? lha duit buat beli pulsa masih minta mama. lagian mereka pasti malu bicara2 gombal kayak gibran gitu kalo sampek kedengeran mama, papa, ato adiknya yg masih sekolah SD. wartel = solusi murah meriah. selain itu, wartel2 di komplek perumahan ternyata banyak dipake langgangan oleh PRT. entah mereka nelpon siapa, dimana, tapi yg jelas PRT = pasar basah buat bisnis wartel. biasanya: PRT cuman dapet akses nerima telpon aja di rumah, terus catet pesan dari penelpon buat tuan/nyonya. kalo pun mereka dikasih akses nelpon, apa nggak sungkan sama tuan/nyonya? mereka merasa lebih bebas kalo ke wartel, nggak ada yg tau dia mau ngobrol sama siapa, berapa lama, n pake duit sendiri.

gimana?

Labels:

“easy money?”

  1. Anonymous hantu Says:

    ah namanya juga bisnis, sama seperti potong rambut di salon, cocok-cocokkan. :p

  2. Anonymous nana Says:

    ayo mi buka, ntar traktir aku kalo dah sukses, traktir ke surabaya sebulan sekali maksudnya buat nongkrong di starbucks dan pizza hut *alah*

  3. Blogger mimimama Says:

    hantu: iya, aku sendiri juga belom 100% yakin kalo besok pagi buka wartel terus bisa gampang kayak gitu. butuh perencanaan serius n luck.
    nana: sebulan sekali ke surabaya? jangan na, nanti kamu jatuh cinta :p

  4. Blogger blossom Says:

    nah iya klo di kompleknya rame, klo sepi kan miris jugah mi, apa perlu buka di pinggir jalan raya ajah yg pasti bakalan dibutuhin tuh

  5. Blogger doeljoni Says:

    creativity is more powerfull than knowledge..
    ah dikau lagi siap-siap pensiun dari dunia pekerja dan membuka lembaran seorang bisnisman ?

  6. Anonymous e-Fun Says:

    wartel: yang jaga cewe cantik ---> rame! *pengalaman sering ke wartel waktu dulu kos*

  7. Blogger Ling Says:

    fahmi hahahahahaha.. bisnis wartel ya, di deket kos ku banyak banget wartel tuh,, laku gak ya kalo tambah satu lagi ? hehehe

  8. Anonymous hericz Says:

    di jogja tuh, banyak banget warnet. sangking banyaknya sampe ada yg gak pernah dapet pelanggan.

    tapi kayaknya walau nganggur, warnet tetap nggak rugi sih. cuma balik modalnya yg agak lama.

  9. Anonymous Imponk Says:

    Hehehe... ayo ayo ayo ayooo buka!
    Ntar aku yang jaga :D

  10. Anonymous naga Says:

    sebenernya juga untung2an ya? kalo bisnis ke konsumen langsung, lokasinya harus bener2 strategis. Sekrang tergantung lokasi itu sewa apa punya sendiri. Kalo sewanya mahal, hati2 aja...
    Menarik juga punya wartel, sambil nunggu wartel, kita tetep bisa nge-blog mi! :P