<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

logika agama



logika agama
penulis: muhammad quraish shihab
penerbit: penerbit lentera hati
cetakan pertama: oktober 2005
isbn: 979-9048-32-x

Agama adalah akal, dan tidak ada (tidak dianggap ber-) agama siapa yang tidak memiliki akal.
--Hadits

muhammad quraish shihab ini bukan sekedar ulama, pemuka agama, tapi juga ilmuwan. gelar doktornya diperoleh melalui studi di universitas al-azhar, mesir. nggak sekedar doktor honoris causa ato miscellaneous causa seperti yg banyak diterima orang2 beken.

buku ini sebenernya kompilasi ato rangkuman beberapa pemikiran quraish waktu beliau masih sekolah di mesir sono. topik yg dibahas antara lain: perubahan dan evolusi (ini menyangkut agama dan ilmu pengetahuan), islam dan akal, dan jalan pencerahan diri.

2 bab pertama buku ini berisi rekaman dialog quraish dg gurunya di al-azhar. di bab pertama, dialog mereka tentang perubahan n perkembangan, tentang agama n ilmu pengetahuan. pokok pikiran yg bisa ditangkep dari dialog tsb: agama itu nggak berkembang, nggak berubah. nabi muhammad itu rasul terakhir. al-quran itu kitab suci terakhir. ajarannya sudah sempurna. berlaku untuk seluruh alam semesta. yg bisa mengalami perubahan n perkembangan itu ilmu pengetahuan.

di bab kedua: islam dan akal, dijelaskan bahwa yg dimaksud akal adalah tali pengikat yg menghalangi manusia terjerumus ke dalam dosa n kesalahan. akal semacam itulah yg menjadi tujuan dan yg harus diusahakan untuk meraihnya, karena yg demikian itulah yg menyelamatkan seseorang. tanpa akal, siapa pun akan terjerumus walau memiliki pengetahuan teoritis yg sangat dalam.

banyak orang yg sebenernya berotak jenius masih ragu menggunakan akalnya karena takut melanggar batas yg diperbolehkan agama. tapi banyak pula orang yg begitu yakin dg kemampuan akalnya sehingga mematok kemasuk-akalan sebagai ukuran diterima-tidaknya suatu ajaran agama. hmmm... jadi orang2 awam n lemah macem saya gini perlu berhati2 dlm mengkaji fenomena di alam. jangan sampek lepas dari pegangan agama gara2 terlalu asik dg sains.

sebenernya material dlm buku ini sangat dalem, serius. tapi quraish bisa nulis dg cara yg ciamik sehingga enak dibaca, sederhana n gampang dipahami. resminya buku ini dijual 32.500 rupiah. tapi karena beli di uranus, dapet diskon 20% hehe lumayan... iya saya juga suka yg murah2 :D

Labels: ,

“logika agama”

  1. Anonymous Qky Says:

    saya juga suka kupasan-kupasan Pak Quraisy, karena beliau tidak memposisikan diri sebagai orang yang 'paling benar'.

  2. Anonymous iks Says:

    aku jg suka denger Beliau qultum waktu ramadhan dan biasanya aku catet di buku ramadhan buat dikumpulin ke ibu guru :D

  3. Blogger emily Says:

    nah ini info yg bagus.
    thnx mimi!

  4. Blogger unai Says:

    Terus ae cak review buku...lumayan..hehe *secara mata sedang gak bisa diajak kompromi kalo baca banyak...
    thanks ya...menambah khasanah ilmu cie...eh kok dapet diskonan terus sih?

  5. Blogger Apink a.k.a. Bubbzy Says:

    wah
    kayanya aku perlu beli nih mi...
    dijual nggak ya di wina?
    :D