<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

ini cerita tentang are, nyoba ngeliat dunia

are (bukan nama sebenernya), sodara angkat yg tinggal di suburb surabaya. tipikal pemuda konservatif, agak introvert, lebih enjoy di rumah daripada keluyuran nggak jelas di mall2 metropolis. nganggur setahun setelah lulus smu nggak bikin are bosen nggak keluar rumah. sambil nunggu masuk perguruan tinggi, dia menikmati hidup maen ps, nonton tv dan hal nggak penting lain (mestinya baca buku bermanfaat, tapi bikin ngantuk katanya).

.........

nah beberapa hari yg lalu are dapet mandat ngambil surat di rumah saya. bla bla blah setelah ngobrol2, are nawari saya join bisnis. bisnis apa? bisnis sambilan yg nggak perlu banyak kerja. bisnis sambilan gimana? pokoknya enak deh, easy money. tinggal ngajak 2 temen join bisnis ini, nanti bisnisnya akan jalan sendiri, nggak usah kerja kalo nggak mau tapi duit akan tetep mengalir sendiri. ah yg beneerrr? multi level marketing ya? iya, modalnya murah kok, nanti bisa menghasilkan jutaan tiap bulan, bahkan bisa dapet jaguaarrr!

kamu sudah join sejak kapan re?
eh ya belom join, ga punya duit. maunya pinjem mama dulu, tapi ga berani. gimana ya?
pinjem mama? kamu yakin bisa balikin duit itu? kira2 butuh berapa lama kamu bisa ngembalikan duit itu? kamu punya jaminan apa?
makanya mas fahmi ikut gabung yah, kan kalo udah megang prospek bagus, nanti aku berani ndaftar, cepet break even point, nggak perlu minjem duit lama2.
lho lha kok nyimut? terus aku gimana re? aku ya nggak mau ndeposit duit tanpa jaminan.
nggak usah kuatir, kan duitnya dipake buat beli suplemen kesehatan.
sejak kapan harus mengkonsumsi segala suplemen itu? kemaren sebelom kenal produk2 itu kamu ya sehat2 aja.

.........

are pemuda lugu ini tipikal sasaran empuk jaringan mlm. dari yg kemaren dunianya gitu2 aja, tau2 dibisiki mimpi luar biasa. pasti ngiler. bla bla blah kemudian saya liatkan dikit sisi gelap skema piramid dari yahudi ini. eh dia justru membela mati2an kalo bisnis dia itu bagus. "bisnis" eh?

semakin hebat presentasi rekruitmen mereka jaman sekarang, orang yg belom gabung aja sudah fanatik kayak gitu. kalo udah gini susah. seandainya si are betulan punya cukup modal untuk dimainkan, saya bersedia ngajari gimana caranya invest modal itu di reksadana, lebih sehat. tapi dia nggak tertarik ngelirik. gombal saya kalah hebat dg uplinenya are.

.........

eh tapi kalo dipikir2 lagi, bisa jadi mlm ini baik juga buat are. kalo udah gabung dalem jaringannya, dia akan bangkit keluar, bersosialisasi, belajar networking, ngerasain direject orang, tapi insya allah jangan sampek katut belajar nipu orang. ya wes lah akhirnya saya biarin are bikin keputusan sendiri. dia sudah dapet cerita dari 2 sisi. saya cuman bisa ngingetin dia: jangan pernah berharap bisa kaya dari mlm, gunakan mlm itu hanya untuk belajar networking, capisce?

saya ajak are liat perpustakaan, saya tunjukkan disono saya punya banyak buku kiyosaki. jangan terjun ke dunia mlm tanpa senjata, kamu boleh pinjem semua buku itu. pelajari dulu yg baik, baru ndaftar. kemudian are ngambil satu buku, yg paling tipis. dasar.

saya memang salah satu orang yg anti mlm. tapi bukan berarti saya menutup diri pd ilmu. kan besok kalo udah mati, ilmu itu pertanggung jawabannya cuman 1: digunakan untuk apa ilmumu? beda dg harta: dapet darimana hartamu? dan digunakan untuk apa hartamu?

.........

btw iseng ngecek di wiki (http://en.wikipedia.org/wiki/Multi_level_marketing), ada tulisan menarik: In a legitimate MLM company, commissions are earned only on sales of the company's products. No money may be earned from recruiting alone ("sign-up fees"). sekarang perhatikan dunia mlm di indonesia, jaringan mana yg menghasilkan duit dari penjualan produk? jaringan mana yg nggak menghasilkan duit dari proses rekuitmen? ha?

setau saya, disini kebanyakan produk itu sekedar aksesori pelengkap aja. pokoknya asal ada produk yg dijual = legal.

Labels: ,

“ini cerita tentang are, nyoba ngeliat dunia”

  1. Blogger Hedi Says:

    aku juga alergi sama MLM

  2. Anonymous zam Says:

    coba cek ini: http://blog.matriphe.com/index.php/2006/05/11/hidup-adalah-pilihan/

  3. Anonymous iks Says:

    ga ada yg di jual di mlm, suplemen apa toh? ga penting ga pernah tuh liat mereknya di jual di toko. hiii aku ga percaya duit bisa datang semudah itu tanpa kita ga ngapa2in. ngajak-ngajak orang pake nipu bilang ngajak bisnis tau2 mlm mnurutku bukan usaha .

  4. Anonymous ebo Says:

    Kalo blogroll itu masuk skema apa yah..? yang penting fahmi akhirnya update postingan juga, rasanya lama betul menanti tulisan dari fahmi... walaupun tentang mlm - soalnya ngerasa, saya ini sempat jadi target empuk para entrepreneur berkali-kali dan menyerah karena rayuan mereka. Tipikal saya mungkin nggak jauh dari are sodara angkat mas fahmi... he.. he.. he.. ada yang mo nawarin saya join lagi? langkahi fahmi dulu... nanti saya donlennya fahmi saja...

  5. Anonymous Imponk Says:

    Mas mimi, aku mo diajarin invest di rekadana nih!
    Ajarin yah, biar bisa kaya :D

  6. Blogger goiq Says:

    gw bukan orang yang anti MLM, tapi setiap di prospek sama temen-temen yg laen. saya selalu bilang pada teman-teman saya. Berapa lama kamu yakin bisa jadi kaya dari bisnis ini ?? Kalo kamu sukses jadi kaya dari bisnis ini, saya pastikan saya langsung daftar sama kamu....

  7. Blogger fathur Says:

    Wah bukannya Robert T K malah nganjurin ikut MLM, dalam buku terkecilnya itu? Tambah kuat lah ilmunya si are itu nanti.

  8. Blogger Sisca Says:

    Mas Fahmi, hehehe postingan ini mengingatkan Sisca tentang masa lalu di Indonesia, bedanya teman2 yg merayu untuk MLM, justru saya modali aja...tetapi kemudian saya tidak pernah lagi mendapat umpan balik dari hasil kerja mereka *halah*

  9. Anonymous Anonymous Says:

    sebenarnya yang salah itu bukan mlmnya, mlm itu kalo perusahaannya benar, misal produk uda laku tanpa di mlmkan uda berkembang pesat, ada jg yg begitu.

    cuma ya itu saya prihatin aja mlm pelakunya byk yg ngebohongi org lain......

    tirulah john fogg, networker dunia. dia bilang jgnlah kita boong......

    tadi saya jg ga setuju masa'mlm ga perlu kerja keras

    siapa bilang
    ??

    perlu lagi

    kyk usaha lain jg perlu kerja keras

    perlu koneksi

    perlu modal

    cuma konsepnya yg menarik itu pasif income

    ya tapi hrs mati2an dulu awalnya