<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

cheng hoo

sapa itu cheng hoo? laksamana cheng hoo (beberapa referensi menyebutnya sbg zheng he) lahir tahun 1371, nama kecilnya ma he. orang bilang "ma" itu dari "muhammad". anaknya haji ma, generasi keenam dari sayyid ajjal shams al-din omar. ma he sebenernya bukan asli orang cina. dia berasal dari pegunungan yunnan (asia tengah) yg waktu itu dibawah kekuasaan bangsa mongol. kemudian terjadi penyerangan oleh dinasti ming ke daerah yunnan (tahun 1382). ayahnya terbunuh, ma he jadi tawanan. setelah itu, ma he dilatih jadi kasim kerajaan. selama hidup ikut dinasti ming, ma he pernah naik pangkat jadi kepala ajudan pangeran dan penyusun strategi perang. kemudian karena keberaniannya di pertempuran, nama ma diganti jadi cheng. trus karirnya berlanjut jadi komandan angkatan laut kerajaan.

di bawah komandonya antara lain: 30.000 marinir, ratusan pejabat ming, akuntan, saudagar, 180 tabib, 5 ahli nujum, pakar feng shui, pakar obat2an herbal, pandai besi, tukang kayu, pengrajin kapal, penjahit, koki, dan banyak penerjemah. semuanya ikut berlayar dg 62 baochuan (kapal harta raksasa ming), dan banyak lagi machuan, fuchuan dan jung (kapal2 perang yg lebih kecil n lincah) yg selalu ikut mengawal baochuan. fyi: ukuran baochuan itu diperkirakan 120 meter, dg lebar 50 meter, punya 9 tiang layar, luas geladak 4.600 m2, dan beratnya 2.700 metrik ton (=10x lebih berat daripada kapalnya vasco da gama). ndenger cerita armadanya cheng hoo yg amat sangat raksasa itu, dulu orang2 bule sempat menganggap cerita cheng hoo ini sekedar mitos. sampek kemudian ditemukan peninggalan rudder kapal sebesar 42 m2 di sungai yangtze, nanjing.

sejarahnya, cheng hoo ini memimpin armada kapal harta raksasa ming keliling dunia sekitar tahun 1405 - 1433. misinya antara lain: bisnis, eksplorasi, diplomasi, pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya. selama itu cheng hoo sudah keluyuran ke sri lanka, india, negara2 timur tengah, sampek ke afrika: somalia, kenya n tanzania. waktu itu peta dunia belom dibuat, vasco da gama belom ke india, christopher columbus belom ke nemu benua amerika. dlm pelayarannya, cheng hoo juga sempat ngelewati perairan nusantara, menumpas pasukan bajak laut chen zuyi di selat malaka, dan mampir mendarat di pantai jawa (tepatnya semarang) sekitar 1405 - 1407.

6 abad kemudian, tahun 2003 kemaren masjid muhammad cheng hoo diresmikan di surabaya. lokasinya nggak jauh dari hi-tech mall (thr), di belakangnya makam pahlawan situ (maap nggak apal alamatnya hehe). ini masjid menarik. pertama karena bangunannya yg "cina" itu keliatan eksotik di surabaya, bisa jadi obyek wisata. kedua, masjid ini juga jadi alat pemersatu. komunitas cina muslim di surabaya nggak banyak. dg adanya masjid ini mereka jadi lebih mudah bersatu, kumpul bareng, kerja sama, paling enggak jadi punya wadah untuk mengeluarkan suara.

sejauh ini, setelah 3 tahun operasional, masjid muhammad cheng hoo nggak cuman dipake jum'atan. banyak kegiatan menarik disono, molai pengajian, pelatihan sampek macem2 pelayanan untuk masyarakat gitu lah. beberapa yg saya pernah tau antara lain: pengobatan alternatif sebangsa akupunktur ato pijat gitu. kegiatan2 macem gini terbuka untuk umum, nggak harus cina ato muslim. sip kan?




kalo kamu pernah bosen jum'atan di masjid deket kantor, coba sekali2 ngincipi pengalaman sholat di masjid muhammad cheng hoo. trus boleh juga jum'at depannya lanjut nengok masjid ampel n jalan2/makan2 di kampung nggubah ;)

Labels: , ,

“cheng hoo”

  1. Blogger Sisca Says:

    Selain makan2, nanti kalo ke Surabaya agendanya di tambah mengunjungi mesjib ini heheheh

  2. Blogger doeljoni Says:

    Minggu maren ke Cheng Ho, Mi ?
    :D

  3. Anonymous -gita- Says:

    aku kok ketoke kenal cheng hoo yo. oiyo nang semarang kan yo ono *wink*

  4. Anonymous iks Says:

    mih sering-sering aja solat di mesjid itu, dzikir, ato dhuha-an, sukur2 dapet kenalan amoy manis

    hehe..

  5. Blogger Ancilla Says:

    sbnernya cheng ho juga wujud persaudaraan dan persatuan lintas agama dan ras seharusnya...

    kaya di semarang itu.

    tapi sayang, jaman skarang lebih suka tampil "beda" daripada "satu".

  6. Anonymous paman tyo Says:

    catatan kakinya:

    *) penulis adalah city tour guide untuk surabaya. gratis pula :D

  7. Blogger .:nien:. Says:

    iku ngunu biyeeen nggon ku olah raga pas SD.

    Gambare ketok magrong2 tibane sak cuplik!!

  8. Anonymous koeaing! Says:

    wa bole djoewa itoe masdjied....ik bole kassie taoesjia di sitoe ntaran....

  9. Blogger desigNani Says:

    *sirik mode on* mau juga ke sono..liat sejarahh....

  10. Anonymous golda Says:

    ck ck ck.. beneran itu masjid? kirain klenteng beneran :p

    ada pelajaran silat dan barongsay gak ya di sana?

  11. Anonymous Fany Says:

    Jadi masjidnya itu sekedar buat menghormati? atau bener2 peninggalannya cheng ho?
    eh aku baru tau yg di sby ada juga..