<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

legenda rawon setan

konon, puluhan tahun yg lalu waktu zaman revolusi di tengah kota surabaya ada warung rawon yg buka di depan gedung nirom (nederlands indische radio omroep maatschappij). sehingga dg gampang warung ini dikenal sbg warung rawon nirom. bisnis sop keluwek ini bertahan terus sampek sekarang. posisinya sudah nggak lagi di depan gedung nirom (lha nirom'e wes buyar je). disono sekarang ada hotel jw marriott. warung rawon tadi juga sudah nggak lagi dikenal sbg rawon nirom, sekarang orang nyebutnya rawon setan.

kenapa disebut rawon setan? karena warung ini baru buka sekitar jam 23:00an (bareng setan2 gentayangan), dan biasanya buka sampek kurang lebih jam 02:00an. walopun rawon setan ini cuman warung tenda di pinggir jalan, tapi konsumennya banyak yg bermobil mewah, plat nomernya juga nggak selalu L. dan hebatnya, mereka yg biasa dilayani secara mewah di restoran mahal bersedia berdiri antri lama di pinggir jalan demi rawon setan ini, setan!

jadi sehebat apa sebenernya rawon setan ini? banyak orang yg tergila2 pd rawon ini karena reputasinya. kalo temen2nya pada bilang enak, bisa disimpulkan rawon ini = betulan enak. sehingga kemudian otaknya juga akan terkondisikan untuk bilang rawon ini enak. kemudian dia akan rekomendasikan ke temen lainnya sbg rawon enak, dst... sampek reputasi ini terdengar orang2 beken: krisdayanti, bahkan presiden sby juga suka rawon ini.

soal rasa, bumbunya memang meresap ke dalem daging, dagingnya empuk, tapi teksturnya masih terasa, n potongannya gede2. sayang, kualitas daging ini mesti dikompromikan dg gajih yg generous. selain itu kuahnya juga cenderung asin, tapi agak light, kurang rich. perlu ditambah side-dish telor asin ato paru goreng dan krupuk udang biar lebih sip. menurut penilaian subyektif saya, rawon setan nggak lebih nikmat kalo diadu langsung dg rawonnya restoran ria ato rawon nguling. dan pastinya, rawon setan kalah telak kalo diadu dg rawon mama saya. mereka yg pernah ngincipi rawon mama saya pasti setuju. (catetan: tapi rawon setan ini jangan diadu dg rawonnya mbak endang, soal ini ada cerita lain lagi).

yg menarik dari rawon setan: volume porsinya sih standard, ato mungkin bisa dibilang porsi cewek ya? tapi itu cuman berlaku untuk order pertama, kalo berani minta nambah porsi kedua... surprise! volumenya = porsi kuli pelabuhan jack.

itu tadi soal produknya. berikutnya kalo bicara pelayanan, yaaa... sebenernya nggak bisa dibilang istimewa. ibu2 yg jaga kasir terkesan judes ngelayani konsumen. ini bukan cuman pendapat saya pribadi lho, orang lain juga bilang gitu. terus harganya untuk kelas warung pinggir jalan, rawon ini terbilang premium, satu porsi rawon dihargai 16 ribu rupiah. itu rawon tok lho, nggak pake nasi. kira2 wajar nggak ya harga segitu untuk kualitas rawon seperti itu? memang sih bahan bakunya (daging) bukan barang murah di pasaran.

trus lagi, di warung itu traffic pengamen2nya juga nggak mendukung suasana makan, mereka seperti punya shift tiap 3 menitan gitu kali ya? bahkan mungkin modal satu gitar dipake giliran beberapa pengamen hehehe... suasananya nggak jauh beda dg di jalan kedungdoro surabaya ato jalan sabang jakarta.

mungkin ini penyakit pedagang asli indonesia. kalo reputasi sudah berkibar, pelanggan sudah rame, mereka suka lupa aturan main: pembeli adalah raja.

sekarang, rawon setan sudah nggak dijual di warung tenda lagi. sejak bulan juli kemaren sudah dijual di depot/rumah makan (keliatannya kayak ruko). lokasinya tetep di jalan embong malang persis depannya hotel jw marriott. pelanggannya masih tetep banyak yg bermobil mewah. trus kalo mau ngincipi, konsumen nggak harus nunggu tengah malem lagi karena sekarang rawon setan buka nonstop 24 jam.

lebih lanjut, kalo mau tau komentar orang2 yg pernah mengalami kontak dg rawon setan ini (dan beberapa versi sejarah rawon mbak endang), boleh tengok tulisan2 disini.

btw ngomong2 soal setan, di deketnya kasir saya nemu stiker menarik:

(lick click to enlarge)

Labels:

“legenda rawon setan”

  1. Anonymous Hedi Says:

    Waktu kemarin dulu ke Surabaya, warung ini salah satu yg ga sempet dikunjungi...
    soal pengamen di warung makan, aku yo mangkel...tapi repot soalnya mereka cari nafkah sih.

    btw, ghostbuster itu pernah mampir ya, maklum rawon SETAN :p

  2. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    hmm...pernah diceritain Benceh...ntar kalo ke Malang, nyempatin ke sby dulu ah...

  3. Anonymous nagasundani Says:

    rawon kan yg pake tengkulak itu ya biar item??

  4. Anonymous Imponk Says:

    namun, konon dari cerita teman-teman, citra rawon setan kian meredup, jualannya gak selaris dulu. bukan dia saja, ternyata memang ekonomi Surabaya kian melemah. terbukti, daya beli masyarakat menurun drastis.

  5. Anonymous [ew] Says:

    Kalo gitu boljug nich nyicipin rawon mama sampeyan *cling..cling* :D

    Kadang gitu mi orang kalo dagangannya dah laku banyak pelanggan justru pelayanannya yang amburadul. Atau ada juga yang masakannya jadi ngga enak lagi. Soal pelayanan sebenernya salah faktor penting juga dagangan kita laku apa ngga. Cuman klo aku ngomong pelayanan di Indonesia males dah tau sendiri kayak gimana walaupun ngga semua jelek sich.

    Kalo ada orang jualan laris banget tapi makanannya kalo dirasakan biasa-biasa aja sering kali malah menimbulkan image yang negatip, jangan-jangan make faktor x, taulah dikau apa itu faktor x.

    Eh sapa tau diberi nama "setan" karena emang ada setan beneran di warung itu sebagai penglaris. Pernah dengar ngga tukang bakso yang laris banget di daerah Semarang eh taunya larisnya karena ada mahluk halus yang ikut makan disitu ;))

  6. Anonymous Guntar Says:

    ...dan pastinya, rawon setan kalah telak kalo diadu dg rawon mama saya. mereka yg pernah ngincipi rawon mama saya pasti setuju. (catetan: tapi rawon setan ini jangan diadu dg rawonnya mimimama, soal ini ada cerita lain lagi) :-D

  7. Blogger mimimama Says:

    nagasundani: tengkulak? mungkin keluwek maksudnya ya?

  8. Anonymous Anonymous Says:

    Ratings untuk Rawon Setan:
    - Lokasi: 5 Stars
    - Kemudahan parkir: 4 Stars
    - Pelayanan: 4 Shits
    - Kualitas daging rawon: 5 Stars
    - Kualitas kuah/bumbu rawon: 3 Stars
    - Kualitas menu lain2: 1 Star
    - Harga: 1 Shit

    Verdict:
    - Untuk turis: Recommended
    - Untuk penduduk Surabaya: Not Recommended

  9. Blogger b. gundul S. Farm Says:

    yang penting huenaak.. larang ga masyalah... oh iya satu tambahan info. lokasi rawon setan deket dengan lokasi pak dhe daichi... jadi jangan lupa mampir juga ke sana

  10. Anonymous Ebo Says:

    Tunggu Rawon Setan, aku bakal mampir...!!! sepertinya ulasan Fahmi emang berhasil menggambarkan rasa rawon ini. Lapar lagi nih...

  11. Blogger T A T A R I Says:

    rawon itu kan yg kuahnya warnanya item kek aer selokan itu toh kang fahmi???
    he..he...

  12. Anonymous iks Says:

    aku tuh kadang males kalo warung makan yang punya khas harus ngilangin khasnya, jadi beda yah? Tapi ga salah sih, mereka kan juga pengen maju. Rawon , enak, guriiih...enak yah di surabaya makanan enak betebaran, disini mah jarang

  13. Blogger v1rzh4 Says:

    jrawonnya enak ya???
    jadi pengen...
    ah besok makan rawon ahhh...

    *komentar gak penting* :D

  14. Anonymous naga Says:

    :))..iya kali MI!...
    maklum gua udah lupa istilah2 indonesia!
    maap!!!
    kabur...malu gua!

  15. Blogger ~fitri~ Says:

    16 ribu untuk seporsi rawon?? weleh weleh...

    tapi aku belum pernah ngrasakke sih yo. kalau memang enak bener, ya, mungkin aku rela-rela saja. daripada ngiler tujuh keliling...

  16. Blogger spy Says:

    Rawon syetan..??
    Apa pake resep syetan..daging kambing syetan..yang jual syetan..
    pembeli syetan? Harganya...busyetan
    rasanya..? uenak syetan..halah ga lucu

  17. Anonymous -gita- Says:

    mi aku mbok block po, ga iso ngeshout maneh. huhuhuhuhu

    rawon setan kuwi gerobakmu ke berapa mi?

  18. Anonymous tyka82 Says:

    oh, aku wes tau nyoba rawon endang. biasa ae lah rasane. nothing special. kecuali kalo di rawonnya keselip koin emas....

    nah itu baru spesial.

    *komen ngawur, lgi BU CPT jadi money oriented gt de...*

  19. Blogger Keke Rachmad Says:

    Antrian panjang terbukti ngundang banyak orang buat nyobain. Enak ga' enak mah belakangan. Pisangku, J.Co, Bread Talk... antriannya buset... Rasanya... Ah, biasa aja :)

  20. Anonymous nia Says:

    hhm.. kalo rawon setan sih lumayan enak seh... tapi hargana itu loh.. makan rawon bisa sampe 50rb.. muke gile dah...

  21. Blogger Sisca Says:

    Wah...namanya bikin sensasi ..malah jadi ngetop


    Sisca pengen nyobaaaaaa !!!!

  22. Blogger mil Says:

    emoh mi. aku bete. empal'e atos. kalo rawon, paling deket yg di pinggir taman bungkul. rawon & soto daging. dari jadul juga heheheh. 7000-an seporsi, lengkap krupuk udang. ada perkedel, telor asin, sama tempe, dll. heheeh.. malah promosi.

    sebetulnya, rawon favorit ada di sidoarjo. rawon hang tuah :D

  23. Blogger Bangsari Says:

    jadi pengin merasakan rawong masakan ibunya sampeyan mas. buat buka bersama kayana sip tuh. he..he..

  24. Anonymous Anonymous Says:

    loh kalo udah buka 24jam... ga jadi nama rawon setan lagi dong ya...:) udah ilang cirinya... justru rame karena hanya dijual pada jam "malam" gitu... :0

  25. Blogger pecinta Says:

    saya makan di rawon setan di fatmawati dekat d'best bulan lalu dan menemukan lalat didalam rawonnya.pelayanan juga kurang ok.dan kasirnya tidak becus menghitung

  26. Anonymous Anonymous Says:

    saya makan rawon setan di cibubur. kesannya? harganya mahal, kuahnya dikit, daging nya juga dikit sekali, nyaris gak ada. tukang parkir nya preman warga setempat, emang sih mereka gak jahat ama gw, cuma gw risih aja pas mo keluar mobil gw dikerubuti 3 atau 4 orang dari mereka (ngasih aba aba), kayak apaan aja. kesimpulan? gak lagi makan di rawon setan, antara harga vs jumlah daging/kuahnya gak seimbang, kesannya gw rugi makan di situ. mendingan di RM Mirah (Tebet), rasanya sama enaknya, daging dan kuahnya lebih banyak, harga kaki lima. harga mahal di rawon setan sedikit terkompensasi di hati gw karena gw makan satu ruangan ama Vicky Burki kala itu hehehhehehehhe, jadi ON burung gw ngeliat dia pake youcansee.

  27. Anonymous kristi Says:

    fenomena rawon setan memang mengagumkan.beberapa hari yang lalu, saya bersama pacar dan teman teman saya mencoba rawon setan di jalan sabang disebelah tukang cetak foto fuji.ternyata tidak hanya jual rawon saja.saya coba iga penyet dan rujak cingurnya.enak sekali,recommended