<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

double standard?

hari minggu kemaren pas ketemu temen, dia cerita kalo abis repot semingguan kemaren. repot ngurus surat2 rumah buat dipake jaminan minjem duit ke bank. ceritanya si temen ini lagi butuh duit gede buat modal dia start usaha.

ngurus sertifikat rumah (di surabaya) itu memang ruwet, tapi bukan itu yg menarik. pas ngobrol itu temen saya sempat ngasih tips (sapa tau suatu saat nanti perlu minjem duit ke bank), dia bilang = jangan bilang butuh duit untuk usaha/bisnis, ngaku mau renovasi rumah or something gitu deh. terus jumlahnya di-mark-up (hwah, republik indonesia sekali!). nah dari situ nanti ambil sebagian untuk renovasi rumah betulan (biar nggak nipu2 banget), selebihnya buat modal bisnis.

kenapa mesti gitu? karena pinjaman produktif macem modal bisnis gitu nanti dikenakan bunga lebih gede oleh bank. bunganya lebih kecil kalo pinjeman duit digunakan untuk kebutuhan konsumtif, mbangun rumah lebih megah misalnya.

ini jelas nggak sehat.

saya masih belom bisa nangkep kenapa bank memberlakukan double standard macem gitu ya? toh sama2 pinjem duit, sama2 ada surat berharga sbg jaminan. kredibilitas dan kemampuan pemimjam untuk mbayar cicilan hutang juga sama2 disurvey detail.

coba2 ngambil sudut pandang pihak bank, kira2 gini kali ya: kredit konsumtif itu = pinjaman biasa, dikenakan bunga biasa. tapi kalo kredit produktif, bisa jadi si peminjam kemudian jadi lebih kaya dg tambahan modal tsb. dari sini mungkin pihak bank nggak mau terkesan nolong orang gitu aja, it's business, bank juga pingin katut kaya, pingin kecipratan pisan. jadi dasarnya memang sifat tamak aja. ato ada sesuatu yg saya kelewatan? cmiiw.

eh sebenernya ada fenomena yg mirip gitu juga dlm transaksi kartu kredit. secara default, pemegang kartu sudah dikenakan iuran tahunan untuk penggunaan jasa kartu itu, selain itu juga dikenakan bunga kalo tagihannya nggak segera dilunasi awal bulan depan.

plus, beberapa merchant masih nambah lagi charge 3,5 persen dari nilai transaksi. tapi ini nggak berlaku di semua merchant. dari sedikit pengamatan di lapangan, biasanya toko2 elektronik dan emas2an yg nambah 3,5 persen. kenapa kalo belanja di hero ato matahari nggak kena tambahan 3,5 persen?

anyway, balik ke cerita teman saya tadi. karena dia sudah terlanjur jalan dg rencananya, ya saya biarkan aja. moga2 nanti ada yg bisa dipelajari dari pengalamannya. tapi dalem hati saya pingin ngusulkan untuk coba ke lembaga pembiayaan syariah aja, yg pake aturan main bagi hasil.

bukannya sok alim, tapi riset pasar memang menunjukkan kalo aturan main syariah itu lebih sehat. dlm buku syariah marketingnya hermawan kartajaya dan muhammad syakir sula tersebut bahwa kasus non performing loan di lembaga keuangan syariah tidak lebih dari 2,3%. bandingkan dg di bank konvensional yg tidak kurang dari 5% (bahkan untuk beberapa bank diatas 8%).

pah, whatever... :p

Labels: , ,

“double standard?”

  1. Anonymous Anonymous Says:

    o...aku yg pertama komen. asi, biasanya gini ntar dapet souvenierrr...

    btw Pak, emang pinjem duit di Bank Syariah bisa yah? kirain cuma nabung doank...

  2. Anonymous Anonymous Says:

    Adekku kebetulan kerja di bank mandiri, ada syariah-nya kan, trus awakmu tau ngirim artikel soal syariah pisan. Tapi berdasarkan keterangan adekku, bank syariah itu sama aja dg banyk konvensional kok, beda kemasan aja.

  3. Anonymous Anonymous Says:

    oo...alesan ngutangnya juga harus ikutan dobel standar. Sip, cak. Mendidik nih

  4. Anonymous Anonymous Says:

    katanya sih, syariah memang lebih unggul..

  5. Anonymous Anonymous Says:

    Halah, aku ra seneng ngutang. Aku seneng ngutangi he..he.. namanya juga rentenir..

  6. Anonymous Anonymous Says:

    Aku juga ora mudheng, Dik Fahmi. Orang mau produktif kok dialangi. Mestinya dibantu, pake grace priod segala.

    Lebih ora mudheng lagi, kalo aku mau ngelunasi utang ke bank sebelum jatuh tempo terakhir malah kena penalti.

    Lho kalo aku minjem duit sama Dik Fahmi Rp 100.000, diangsur Rp 10.000 untuk 11 kali, trus pada angsuran ke-3, karena bosen ngutan, pengin aku tutup berikut bunga bulan ke-4, mestinya dik fahmi seneng kan?

    Soal kartu kredit, ada yang lebih aneh lagi. Ada merchant yang nolak kartu debet, maunya kartu kredit. Lho dikasih duit yang langsung masuk ke rekening kok ndak mau. Aneh.

    Ada juga yang sok aneh, misalya beberapa gerai telkomsel. Hanya mau terima kartu kredit dan kartu debet. Takut duit palsu? Pake deterktor dong. Biar teller gak teler? Lha buat apa digaji?

    Soal pajak, ada yang sangat khas Indonesia. Bagian keungan sebuah kumpeni ketika kasih pinjaman duit buat *beli rumah secara tunai*, kasih saran, "harga di bukti pembayaran anda turunin aja, supaya murah ongkos urus di notaris dan... pajak!" tax fraud emang asik.

  7. Blogger EnDah Rezeki Says:

    Wah........... mending minjem duit tetangga dong.. *ra ana bungane