<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

tahu teck-teck "pak ali"



tahu teck-teck "pak ali". walopun cuman depot kecil pinggir jalan, reputasinya sudah kesohor puluhan tahun. lokasinya di jalan dinoyo 147-a, surabaya. tepatnya di sisi timur jalan, persis seberangnya toko roti suzanna (deket jembatan bat).

jalan dinoyo ini nggak punya bahu jalan cukup lebar buat parkiran yg layak. jadi kalo kesitu mending naek motor aja, dan perhatikan timingnya kalo mau ngincipi tahu teck pak ali. buka sore sampek malem. tapi kalo jam2 pulang kantor, jalanan macet. lewat maghrib, waktunya makan malem, warung penuh, terlalu malem keabisan :p jadi bagusnya sekitar 16:30 - 17:00 gitu kalo mau kesitu. bungkus bawa pulang lebih hemat, soale kan nggak perlu beli minum hehe.

soal kebersihan, ya standard warung2 pinggir jalan lah. suasana ruang makan juga sebenernya nggak terlalu spesial, terkesan sumpek, sempit. cuman di temboknya aja dipajang foto/tanda tangan seleb2 yg pernah ngincipi tahu teck-nya pak ali. sekilas keliatan ada katon, nirina, cathy, daniel, nia zulkarnaen, robby tumewu, dan pastinya arletta danisworo + crew wisata kuliner.

nah produknya, tahu tek, ini yg luar biasa.



apa itu tahu tek? gorengan tahu, gorengan kentang, lontong, disiram bumbu petis, terus diatasnya ditaburi kecambah, krupuk.

bumbu petisnya itu yg spesial. pak ali pake petis fresh kualitas wahid, terasa thick, heavy, sedep. tambah lagi campuran kacangnya bikin gurih. terakhir tentu saja komposisi gula + garam yg bikin bumbu jadi rich. optional: boleh tambah lombok sebanyak selera. semua itu diulek alus, lembut di lidah hehe.

itu tadi tahu tek versi pak ali yg original. tapi menanggapi permintaan pasar, pak ali nambah telor ke produknya. ini harusnya berubah nama jadi tahu telor hehe.

soal harga, satu porsi tahu tek dg telor dihargai 7.500 rupiah.

lha kenapa makanan itu disebut tahu tek? konon, dulu tahu macem gini dijajakan pake rombong, ngider keliling jalan. untuk ngundang calon pembeli, itu sutil dipukul2kan ke wajan, jadi bunyi tek-tek-tek... ada sejarah versi lain: bunyi tek-nya dari gunting. iya, motong tahu, kentang, dan lontongnya pake gunting, bukan pisau.

---------

sayangnya pak ali ini cukup puas bertahan dg warung kecilnya. tipikal orang indonesia memang gini, kalo sudah tua, sudah merasa cukup memenuhi kebutuhan hidupnya, udah nggak ada ambisi lagi buat ekspansi.

bandingkan dg colonel sanders, walo sudah pensiun, semangatnya masih on, bisa jualan ayam goreng sampek ke seluruh dunia.

kalo mau, mestinya pak ali nggak akan kesulitan nyari investor buat diajak kerja sama. cari lokasi baru yg strategis, bangun rumah makan lebih gede, ngasih space parkiran lebih luas. bahkan nantinya tahu teck-teck "pak ali" ini potensial di-franchise-kan ke investor lain.

kebab turki baba rafi-nya hendy itu kan contoh bagus. ato paling enggak soto ambengan-nya pak sadi.

warungnya pak ali ini sudah jadi salah satu obyek wisata surabaya, perlu dilestarikan. hayo, sapa mau jadi investornya? sapa mau kerja sama dg pak ali? brand sudah ada, keuntungan sudah di depan mata.

Labels:

“tahu teck-teck "pak ali"”

  1. Blogger iFa Says:

    wahh,,
    jadi pengen, hihihi..

  2. Blogger Dwi Murdianto Says:

    wahh.. saya paling suka yang namanya info kuliner soalnya bikin ngiler..huhehee..

    Dwi Murdianto

  3. Blogger DenaDena Says:

    Kon gak nambahi tanda tangan pisan tah, Mi? Mewakili blog seleb he..he..

  4. Anonymous [ew] Says:

    dikampung juga ada yg jual keliling cuman kmrin pas lebaran coba beli ternyata dah ngga seenak dulu pas jamannya aku SD.

    Kalo di Jakarta yang mirip ya Ketoprak cuman pake sambel kacang ngga gitu sedep apalagi pake bihun segala ngga minat makan.

  5. Anonymous galih Says:

    Rasane bener-bener mak nyosss....

    *hiks.. jadi kangen banget ama tahu tek surabaya...*

  6. Blogger mina Says:

    kok porsinya dikit banget gitu, Mi? apa kenyang? :D

  7. Anonymous triadi Says:

    wah nambah lagi nih pelestari kuliner ndonesa..selamat selamat...pokoknya tetep sehat biar bisa jalan-jalan dan tetep makan enak hehehe

  8. Blogger ariesw Says:

    nang kampungku ono mi, wong lewat dodol tahu tek, mungkin petis'e paling enak diantara wong dodol tahu tek sing lewat liyane. tapi kudu bengi, regone 1 porsi cuman 3000. murah meriaaahhh. dijamin weeenaaakk.

  9. Anonymous Fany Says:

    waduh blm pernah ngerasain...
    nanti ya kalo ke surabaya aku ditraktir! huehueheu

  10. Blogger radityo Says:

    ojo lali nabung buat nikmatin Festival Jajanan Bango 2007 yang bakal digelar si Suroboyo.......

    Klik:

    http://kecap-bango.blogspot.com

  11. Blogger radityo Says:

    iku tahu kok wernane ireng tho?
    rupane koyo welut gosong.....

  12. Blogger Laksono Says:

    iyo mas koq mek sak cuplik menune..
    tahu tek memang enak. kalo pulang ke surabaya menu wajib kalo malam ngenteni rombong tahu tek lewat, selain sego pecel buat sarapan..

    Surabaya memang tiada duanya

  13. Anonymous budiw Says:

    Aku kok gak sependapat denganmu mi..

    http://budiwijaya.or.id/node/78

  14. Anonymous Han Says:

    tak kiro lontong cecek, cak ! hahaha, aku kangen ambek lontong cecek pojok prapatan sepanjang, uenak jeh :D

  15. Blogger dadan Says:

    ya mi .. kadang sering heran juga sama orang kita. Merasa cukup puas menjadi raja lokal.
    Cukup sering aku temui bakul makanan yang enak dan ramai, tapi gak pernah punya niat dan keinginan untuk menjadi lebih 'sukses'..

    Memang ada yg udah berpikiran untuk menjadi lebih sukses, namun bila dibandingkan yang tidak, rasanya populasi mereka belum banyak...


    Paradigma budaya kah ?