<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

formaldehyde

formaldehyde can be toxic, allergenic, and carcinogenic. at concentrations above 0.1 ppm in air, formaldehyde can irritate the eyes and mucous membranes, resulting in watery eyes. if inhaled, formaldehyde at this concentration may cause headaches, a burning sensation in the throat, and difficulty breathing, as well as triggering or aggravating asthma symptoms. bla bla blah... [wiki]

ya ya di tivi kita sudah pernah liat liputan tentang makanan yg dikasih formalin biar awet dsb... buat banyak orang mungkin sekedar berita. ah itu kan di tivi, lagian peredaran makanan begituan kan nggak luas, nggak sampek ke'sini'. it won't happen to me lah. kita2 kan selalu beli makanan dari tempat yg dapat dipercaya, bahkan sayuran dan buah2an pun dipilih yg organic.

eh sek, sbentar, sebenernya definisi 'organic' itu benernya gimana toh? vocab ini masih terasa agak ganjil hehe tapi nggak penting lah...

balik ke formaldehyde lagi. it won't happen to me lah. kita2 kan selalu beli makanan dari tempat yg dapat dipercaya, bahkan sayuran dan buah2an pun dipilih yg organic. tapi situasinya jadi menarik kalo pas nerima bingkisan makanan (ato minuman) dari orang lain. ya yg namanya hadiah mosok harus di-scan dulu, ngelewati QC dulu? kalo nggak cihuy mesti retur, nggak lucu.



yg di atas itu buah pir yg mak cling tau2 nongol di meja makan kami. kata pembawa acara di tivi, buah yg penampilannya begini ini boleh dicurigai mengandung formalin. kulit buah nampak seger, tapi tangkai buahnya sudah mulai bosok. bisa diduga buah seperti ini udah nggak fresh lagi. tapi diakali supaya tetep keliatan fresh, supaya tetep laku dijual.

demi duit, orang berani bermain2 formalin. mungkin oknum2 itu sebenernya ngerti betul pengaruh formalin pd tubuh manusia. tapi kan cuman dikit aja, nggak pa pa. mungkin oknum2 itu sebenernya ngerti betul formalin jelek, tapi ga peduli. pokoknya dagangan laku, dapet untung. lalu duitnya dipake buat beli makanan (sehat) untuk keluarganya.

sialnya formalin ini nggak cuman punya efek biologis, bisa jadi urusan sosial katut ribut. kalo si pembeli kebetulan teliti, kan bisa jadi gegeran di pasar. ato kasus lain: ada orang beli buah formalin untuk bingkisan. kalo si penerima kebetulan teliti, bisa jadi rasan2 kalo si john doe itu sengaja ngirim buah foobar beracun karena punya niat jelek. jadi salah paham lagi... padahal john doe nggak tau apa2. lebih buruk lagi, dari kasus salah paham itu nanti bisa berbuntut balas dendam dan dosa2 lainnya.

jadi, kalo kebetulan ada pedagang buah yg mbaca blog ini, tolong diteliti lagi barang2 dagangannya. sapa tau dapet kiriman barang jelek dari petani/supplier.

lha terus, ini buah pir di meja enaknya diapain ya? sebenernya ada sedikit keinginan buat ngincipi makan buah itu. hehe pingin tau kayak gimana toh rasanya formalin? sak ndulit ae... :p

Labels:

“formaldehyde”

  1. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    efek dari makan makanan yg berformalin, jenazah si pemakan akan utuh...
    *HOAX...HOAX...xixixi...*

  2. Blogger DenaDena Says:

    wik poto buah pir e apik teniiiinnn. moto dewe tah?

  3. Anonymous zam Says:

    justru Formalin, Borax, dan Rodamin-B itu yang bikin makanan tambah mak nyuuusss...

  4. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    mi dimakan aja...buah berformalin bikin yang makan awet muda...soalnya tahan lama. hehehe

  5. Blogger mit@ Says:

    gpp mi makin sehat..
    jadi imun..
    ga lo ro loroen..
    heueuue :p

  6. Anonymous rey Says:

    foto buah pirnya bagus...!
    kalo gue mah makan apa aja yg penting "Bismillah". Sepertinya sih gue pernah konsumsi formalin, borax, pewarna textil, minyak bleeching, dan sebutkan lah yg laen. Maklum tukang jajan, tp alhamdulillah gue msh idup :D

  7. Anonymous de Says:

    :P tak pikir iku apik. Onok bayang2 e hehehe

  8. Anonymous firman firdaus Says:

    tubuh kita nggak seringkih itu kok. asal jangan terlalu sering mengonsumsi aja. lagian, segala sesuatu yang "terlalu" pasti bruk kan?

  9. Anonymous Fany Says:

    kenalanku yg orang depkes dulu pernah cerita, pas mereka lagi sidak ke penyimpanan buah2 impor gt, ternyata buah2 itu biar tetep awet dari luar negeri itu dilapisi semacam zat lilin.
    Jadi segudang isinya buah apel dkk (yg keras2 gt) yang putih2 berlapis lilin. Kalo mo jual tinggal bersihin pelapis2nya itu, bisa awet sampe berminggu2 (atau bulanan ya..).

    Huah..makanan sehat jadi gak sehat juga deh kalo udah gitu...

  10. Blogger lady Says:

    wah, kalo gitu mesti ditanyain ke bu sukesi cara mengurangi kadar formalin dalam buah ya :)

  11. Anonymous [ew] Says:

    udah mi, makan aja rezki kok ditolak, asal baca bismillah dulu paling udah niat makan makanan halal :d

    permen juga kemarin kena razia tuh make formalin. intinya sekarang lg ngtrend klo pengin awet pake formalin.

    pengin duit kita awet ngga cepet habis ? olesin aja formalin :p

  12. Anonymous mina Says:

    sini kalo kamu gak mau Mi *paling demen sama buah pir* <--- toh sudah kadung makan formalin dan boraks :D

  13. Anonymous Linda Says:

    mosok neng pingin buah pir kudu nandur dhewe mi? :D

  14. Anonymous anna Says:

    Duh.. ngiler deh liat tuh buah **netes-netes**
    Dimakan aja.. ga usah pake dipikir deh