<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

monopoli vs kompetisi

shell, bp, mungkin yg lain juga, sebentar lagi ikut jualan bensin di surabaya. akibatnya apa? pertamina nggak bisa lagi berdagang semau gue. pertamina terpaksa berusaha sebisa mungkin supaya orang tetep beli bahan bakar fosil di spbu-nya. trus gimana caranya mempertahankan pelanggan? sekarang baru sadar kalo sebenernya servis itu nggak kalah pentingnya dibanding produk.

dulu guru saya pernah ngomong: whatever your business, it's a service business.

full service

lima, sepuluh tahun kemaren, kita nggak bisa ngarep ada salam ato senyum. lha wong kasus meteran dispenser dicurangi aja sudah jadi berita biasa. apalagi yg namanya bensin campur, nggak heran hehe. sekarang, mas2nya jadi murah senyum, santun dan sangat friendly :D lebih dari itu, mereka bersedia mbersihkan kaca mobil secara percuma :)

jadi, secara dangkal kurang lebih bisa disimpulkan kalo monopoli itu nggak sehat. kompetisi bikin pasar jadi lebih hidup. dan tentu saja konsumen semakin diuntungkan, ha!

alhamdulillah bisnis telekomunikasi sudah terbuka duluan, sekarang giliran minyak. moga2 urusan listrik dan air bersih bisa segera dihapus monopolinya ya, aamiin :)

eh sebenernya mall2 dan hotel2 gede sudah mampu mbangun unit penyedia listrik dan air bersih mandiri. kalo ada yg kreatif bikin versi lite-nya untuk kebutuhan rumah tangga, bisa jadi peluang bagus itu, gimana?



nah nah naahhh... wes update toh? semoga puas :p

Labels:

“monopoli vs kompetisi”

  1. Anonymous de Says:

    gelem ngelapi koco soale arep ditempeli stiker :D

  2. Anonymous galih Says:

    Ide teknologi buat rumahan banyak mi, apalagi di kampus-kampus teknik, tapi ya sekali lagi, terbentur masalah pendanaan untuk produksi masal. Produksi masal juga memerlukan nyali gede.

  3. Anonymous JiE Says:

    gelem ngelapi koco soale arep ditempeli stiker :D

    Huehheheehe.. iyo, ditempeli stiker 'Pertamina on the move'.
    Bener mas, skrg org spbu ramah banget. Pake nunjukin angka di meterin yg masih "0", padahal menurut gw jg ga penting2 banget coz bisa aja meterannya udah di modifikasi (spt kasus di Jkt).

  4. Anonymous rey Says:

    wehh... kalo disini spbu pertamina masih biasa aja tu... masih seperti yg dulu, kalo pun mrk bersedia ngelap koco, lape mesti lethek, ra koyo lap sing dinggo nang spbu shell. Tapi emang deh, shell itu service-nya jempolan, kalo mo pipis ato ke mushola mobil bs ditinggal, ntar dijagain, tempatnya luas, trus musholla-nya bersih, toiletnya bersih, ada mini marketnya pula.

    Sbnrnya ini pelajaran bagus buat pertamina, masih mo gitu2 aja ato bersaing dengan meningkatkan service dan kualitas?

  5. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    Eh, satu lage hebatnya Shell, dia nggak pernah mikirin lokasi, soalnya di mana ada Pertamina, nggak jauh dari situ dia bakal dirikan SPBU..huhuehueuee..hebatt banget khan strateginya. Jadi,ngga bingung nyari customer.

    Wis kapok koen Pertamina..!!!

  6. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    nunggu telkom dapat saingan dari luar negeri, heheh... :p
    *ngimpi...*

  7. Anonymous zam Says:

    ah, saya tetep milih pertamina, biasanya Shell ama BP kan minyaknya lebih MUAHAL.. yg dateng ke situ ya orang-orang kaya jugak.. :p

    kalo situ mau mbeliin mobil mewah, saya pasti ke Shell atau BP deh.. :D

    eh, bukannya kompetisi juga bisa membingungkan konsumen? liat aja operator seluler sekarang.. perang tarif yg akirnya membuat bingung konsumen mo milih yg mana..

    menurutku sih, kompetisi yang sehat dan monopoli yg tepat saja lah..

  8. Blogger Edy W Says:

    This comment has been removed by the author.

  9. Anonymous Fany Says:

    iya tuh, di jakarta dulu sejak shell mulai buka trus spbu2 pertamina jadi berbenah.
    bahkan di beberapa wilayah yang berdekatan dgn spbu shell, harganya diturunkan lho..

  10. Anonymous [ew] Says:

    Kalo aku bilang sich telekomunikasi belum bisa dikatakan bener-bener terbuka. Aturan yang dibikin pihak regulator cenderung menganakmaskan salah satu BUMN.

    Sebenernya kompetisi ngga membingungkan konsumen. Kalau ada konsumen yang bingung karena soal tarif ya emang konsumennya aja yang cenderung liat harga murah. Harga murah tapi service bobrok buat apa, masa masih dipilih ?

    Setuju apa yang dibilang Guru sampeyan, whatever your business, it's a service business.