<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

restoran sepi

kalo ada bisnis, sepi. kemungkinan rugi, tapi tetep dipertahankan running selama sekian tahun. apa pendapatmu?

-----

ok, ceritanya beberapa hari yg lalu saya ketemu sahabat lama, teman sejak jaman sd. saya diajak makan siang di restoran keren di daerah gubeng situ. lokasinya strategis, pojokan, gampang diakses lah. parkiran juga cukup luas. tapi sepi.

di dalem, baru ketahuan kenapa sepi. daging ikannya nggak fresh. daging sapinya nggak empuk. jadi nggak heran kalo yg pernah makan disitu kemudian memutuskan nggak mau balik :p

soal pelayanan, untuk restoran sekeren itu ya terbilang es-te-de. pelayan nyambut tamu, buka pintu sambil senyum, nyodorkan daftar menu, membiarkan tamu bengong lama, menyajikan makanan, nerima pembayaran, senyum lagi sambil mbuka pintu keluar.

sebenernya pelanggan pingin diperhatikan lebih dari itu. kan orang bijak bilang pembeli adalah raja, ha. pelayan ato sekalian pemilik usaha perlu lah sekali2 bersosialisasi dg pelanggan. siap2 sih dg kuping panas, tapi itu perlu dilakoni supaya dapet masukan dari pelanggan, toh demi bisnis mereka sendiri. masakannya enak nggak? apa kurang asin ato gimana? gimana pelayanan kami pak? apa cukup memuaskan? ato bapak punya saran untuk pengembangan? and the bla bla blah...

mbaknya sahabat saya sempat bilang: "analisa pertama, ganti koki."

setuju. kalo produknya nggak beres, mau dijual pake teknik gimana juga hasilnya nggak bakal bisa sempurna. kalopun bisa terjual, saya ragu konsumen bakal balik beli lagi.

nah, sambil makan, saya sempat ngelamun film the fast and the furious. disana ceritanya dominic toretto punya usaha bengkel mobil sama warung makan. hebatnya, tongkrongan toretto itu mazda rx-7 man! lengkap dg segala aksesoris veilside-nya. perhatikan, nggak masuk akal toh orang buka warung sama bengkel aja bisa beli sedan sport, modifikasi pisan. gampang ditebak toretto punya "bisnis lain" yg lebih serius. sumber duit toretto yg sebenernya adalah bisnis colong-mencolong barang2 elektronik. bengkel dan warung itu cuman sbg cover aja, sekedar menunjukkan kalo dia punya bisnis yg legal.

-----

nah balik ke gubeng lagi. kalo ada restoran, sepi. kemungkinan rugi, tapi tetep dipertahankan running selama sekian tahun. apa pendapatmu?

hehe bisa jadi pemilik usaha memang nggak butuh duit dari restoran ini. toh keran duit dari bisnis2 yg lain nggak pernah kering. sapa tau restoran ini dipertahankan cuman buat praktikum anaknya yg lagi belajar bisnis. toh nanti kalo si anak sudah molai pinter dia akan mampu njalankan restoran dg cara yg bagus dan menguntungkan. heheheee... nggak usah berburuk sangka, semoga memang demikian situasinya.

Labels:

“restoran sepi”

  1. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    "Kalau ada restoran, sepi. kemungkinan rugi, tapi tetep dipertahankan running selama sekian tahun. apa pendapatmu?"

    Yang akan kulakukan :
    SEGERA KE GUNUNG KAWI, NYARI PENGLARIS ...!!!

    *Ssstt..katanya sih ampuh betul buat memikat pelanggan.

  2. Anonymous de Says:

    ato jangan2, onok sing masang menyan koyo warunge mendol (lol)

  3. Anonymous mantan bakul Says:

    wakakaak..mbak de ngga sopan mbuka aibku..lek aku tau dadi bakul.

    Mungkin trik Kikil Pagesangannya Mbak de, bisa dicoba..bagi-bagi brosur, ama ngajak makan gratisan. Meski...akhirnya yo kukut juga..hehehe.

    SING JELAS AE-LAH, NANG GUNUNG KAWI AE !!!

  4. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    nggak usah berburuk sangka, semoga memang demikian situasinya.
    memang benar apa yang dikatakan ybs™

  5. Anonymous zam Says:

    bisa jadi si pemiliki restoran ingin mengurangi angka pengangguran di Indonesia?

    wikikikikik..


    tapi bener.. saya makan jg memperhatikan suasana.. kalo suasananya hangat dan bersahabat, makanan yg gak enak pun bisa terdistorsi.. wekekeke.. palagi kalo di situ banyak cewek-cewek semlidhit-nya.. wakakaakkaa

  6. Anonymous [ew] Says:

    klo emang itu misal buat belajar bisnis anaknya ya tentunya bener-bener buat ujian gimana caranya warung restoran yang sepi bisa dibuat rame kenyataannya ngga kan, tetep aja sepi...

  7. Anonymous dental Says:

    yoi 'mi! kayak makan di pizza hut itu kok rasanya nyaman, apalagi disapa waitress yang lucu-lucu :D

  8. Anonymous galih Says:

    mungkin pasarnya memang beda, misalnya pasarnya kaum kelas atas atau bagaimana begitu. atau di balik itu ada bisnis terselubung? *teori konspirasi mode: on*

  9. Blogger .:nien:. Says:

    cita-citaku nggawe pre-wed nang resto iku temenan loh. sumpaaah!

  10. Blogger imgar Says:

    bisa jadi resto itu emang cuma menunggu waktu (mati)

  11. Anonymous mysyam Says:

    ya enggak mungkin lah klo tiap bulan merugi terus smentara masih tetap buka. Mungkin untung tapi kecil, dan mungkin udah males bikin usaha lain

  12. Anonymous rey Says:

    setuju ma elo mi, gak mungkin dong resto sepi gitu dia gak bikin evaluasi. Ada apa gerangan? wahh jadi misteri resto yang sepi nih...

  13. Blogger Vania Says:

    pertanyaan yg menarik, bingung juga ya, la ga ada yg bagus2nya dari itu restoran koq masi berdiri...paling lagi menghitung hari ya sampai penutupan...ditunggu pantauannya...hahaha...kangen rek karo Gubeng...salam teko Jerman, Vania (Aremania)