<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

lelakone wong songko ndjowo

does cabaret does cabaret does cabaret

lelakone wong songko ndjowo. sebuah lakon yg menceritakan proses integrasi keturunan jawa dlm masyarakat suriname. sebuah flashback kehidupan orang jawa menginjakkan kaki di bumi suriname sejak 1890 sampai sekarang. "lakon meniko didamel ngingetaken tiyang ing tanah jawi menawi wonten seduluripun ingkang urip wonten tanah seberang, ingkang tasih uri-uri kebudayaan, adat istiadat, lan boso jawi."

dan... srimulat! iya, srimulat, itu yg langsung pop di otak waktu liat penampilan does cabaret di festival cak durasim kemaren. pertunjukan seni teater dari suriname ini persis seperti pertunjukan ludruk di indonesia. menggunakan cerita kehidupan sehari2, dan setting panggung + dagelan khas srimulat.

sayang, penampilan "lelakone wong songko ndjowo" kemaren nggak komplit. pertunjukan yg totalnya sekitar 1,5 jam terpaksa dipotong jadi 45 menit demi ngikuti jadwalnya festival cak durasim. minggu paginya does cabaret manggung lagi dg lakon "one people, one nation, one destination". tapi aku nggak liat :(

nama 'captain does' sangat terkenal di suriname, penampilan panggungnya selalu rame ditonton orang. bahkan gedung utama cak durasim yg berkapasitas 1.300 orang itu kemaren juga penuh sesak. banyak yg nggak kebagian tempat duduk, lesehan di depan panggung.

tapi sebenernya siapa toh captain does itu? nama aslinya salimin ardjooetomo, penyiar radio pertjaja, dan presenter tv garuda di suriname. salimin dapet nickname captain does karena secara fisik dan karakter mirip dg does, atlet sepak bola kesebelasan nasional suriname yg pernah kondang tahun 70an. tanggal 1 agustus 1992, salimin membentuk kelompok seni does cabaret bareng temen2nya: soelijanto amatirsat, argyll ardjooetomo, rochmani wongsosemito, dan rakiman resosemito.

does cabaret does cabaret

captain does bersama kelompok seninya memang nggak pernah lupa dg sejarah jawanya. tapi yg kemudian aku pingin tau, seperti apa makanan orang suriname? apakah tetep berbumbu jawa? ato sudah menyesuaikan dg hasil bumi amerika selatan? ato mengikuti gaya makan negara tetangga? muncul menu2 fusion baru? mestinya menarik.

Links: Pembelajaran Multikultural Dari Captain Does, oleh Tomy Su.

Labels: ,

“lelakone wong songko ndjowo”

  1. Blogger DenaDena Says:

    lho kok durung ono sing komen?
    wah iso nambahi wikipedia ki

  2. Anonymous aprikot Says:

    nang ndi iki mi?

    mantep rek tulisane

  3. Anonymous zam Says:

    onok Cak Didi Kempot gak?

  4. Anonymous fahmi! Says:

    aprikot: nang suroboyo git. tepatnya di gedung utama cak durasim di kompleks taman budaya jawa timur, pd acara festival cak durasim 2007.
    zam: gak onok cak didi kempot, tapi onok cak kartolo.

  5. Blogger devie Says:

    pas UTS minggu ini. ndak bisa mampir deh. padahal pengen banget. belum tentu tahun depan masih di SBY.

  6. Anonymous Deka Says:

    Buat ngingetin kita yang di Indo hrs jaga budaya kita.

  7. Anonymous chiw Says:

    wah, aku moco reviewne keren tenan Cak...

    kok sayang banget aku ra ndelok winginane...