<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

terapi salat tahajud

menyembuhkan berbagai penyakit.
terbukti secara medis dan ilmiah.

terapi salat tahajud

isbn: 979-114-014-6
penulis: prof. dr. moh. sholeh
penerbit: mizan media utama

lebih dari 14 abad perintah dan keutamaan tahajud diajarkan dari generasi ke generasi. al-quran maupun al-hadis menyatakan bahwa dahsyatnya kekuatan salat tahajud bagi pembentukan jiwa. dengan berjalannya waktu, mulai bermunculan berbagai analisis mengenai keutamaan salat tahajud, satu di antaranya adalah buku ini yang membahas dari sudut medis dan akademis.
(testimoni dikutip dari prof. dr. komaruddin hidayat)

buku ini pada mulanya adalah sebuah disertasi yg berhasil dipertahankan penulis di fakultas kedokteran universitas airlangga pada tahun 2000. disertasi itu berjudul "pengaruh salat tahajud terhadap peningkatan respon ketahanan tubuh imunologik, suatu pendekatan psikoneuroimunologi". disertasi itu kemudian diterbitkan ulang dalam bentuk buku dg bahasa yg lebih populer sehingga hasil dari penelitian bisa diakses dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.

secara redaksional, buku ini terbagi jadi tiga bagian: yg pertama berupa telaah bibliografik psikoneuroimunologi dg nalar deduktif tentang anatomi sistem kekebalan tubuh. eh bagian yg ini memang masih ada kesan elitis dan lebih cocok dikonsumsi kalangan akademis. tapi gpp, makan aja sampek abis.

bagian kedua, berisi deskripsi dari sumber2 normatif tentang salat tahajud, lalu ditutup dg sebuah kesimpulan hipotetik tentang psikoneuroimunologi salat tahajud.

dan bagian ketiga, adalah deskripsi laporan penelitian tentang pengaruh salat tahajud terhadap peningkatan respon ketahanan tubuh imunologik: suatu pendekatan psikoneuroimunologi.

satu temuan menarik yg diungkap prof. sholeh di buku ini adalah bahwa penyelenggaraan sholat tahajud secara ikhlas mampu menurunkan respons sekresi kortisol dan meningkatkan perubahan respons ketahanan tubuh imunologik. dg dasar temuan ini, konsep ikhlas yg sedemikian sentral dalam kesadaran religius, tetapi amat sukar menemukan parameternya, memperoleh penjelasan empirik: penurunan respons sekresi kortisol dan peningkatan perubahan respons ketahanan tubuh imunologik dalam kasus salat tahajud dapat digunakan sebagai indikator ikhlas untuk bidang amal saleh lainnya.

anyway, pada dasarnya ini buku yg bagus buat berbagai kalangan, pembaca nggak harus jadi dokter atau praktisi medis untuk mempelajari buku ini. bahkan dalam buku ini nggak cuman bisa dipelajari tahajud dari sudut pandang medis dan akademisnya saja, pembaca juga akan dapat makna salat tahajud, hakikat khusyuk dalam salat, bobot bacaan ayat dalam salat tahajud, sampai etika salat tahajud.

Labels: , ,

“terapi salat tahajud”

  1. Anonymous det Says:

    wah kayaknya perlu beli nie.. tapi kalo kamu punya pinjem mie! hehehe..

    oia selamat berpuasa ya..

  2. Anonymous aRuL Says:

    oia... yang buat itukan juga sering khutbah kan?
    wah kayaknya menarik banget...
    tapi pelatihannya mahal yakz, ngak ada paket murahnya?

  3. Blogger M Fahmi Aulia Says:

    wah, menjelang Ramadhan, buku yg ditulisnya juga berkaitan dg agama,heheh :p

  4. Anonymous fahmi! Says:

    det: iya det, perlu beli. kalo buku yg tak baca ini maap bgt sepertinya sedang ga bisa dipinjem2kan. cari di uranus ae, kan harganya lebih miring dari gramedia :D selamat berpuasa juga.
    aRuL: iya, tarif pelatihannya memang segitu sih. moga2 besok ada paket murahnya untuk kalangan pelajar/mahasiswa.
    M Fahmi Aulia: ini buku ditulis tahun 2006 lalu, draft post ini juga sebenernya udah lama, tapi baru sempat kepublish sekarang, hehe :D

  5. Blogger latree Says:

    sudah kau praktekkan?
    semoga sukses niatanmu rajin tahajud...

  6. Blogger Fenty Fahmi Says:

    Sudah punya, tapi belum sempet baca ... wah ternyata punya yang hardcover :p

    Happy fasting !!! Puasa kaya'nya tahajudnya bakal makin lancar :D

  7. Blogger Ayu Says:

    mi mi.. di sini ngga ada uranus

  8. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    Kayaknya aku butuh buku kayak gini. Biar rada "adem"

  9. Anonymous gajah_pesing Says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa 1429 H

  10. Anonymous torasham Says:

    hm...
    saya merasa masih berat sekali untuk tahajjud..
    gak tau kenapa..?

  11. Anonymous kw Says:

    mau bangun malam kok susah banget ya....

  12. Blogger Neng Keke Says:

    Weks! Susah banget dapetinnya. Dimana2, abis!

  13. Anonymous Edi Psw Says:

    Dr. Hembing pun pernah mengatakan seperti itu di TV.

  14. Anonymous gempur Says:

    wew.. informasi yang sangat menarik.. makasih mas.. maaf nih jarang bersilaturrahim... maaf.

  15. Anonymous d'UnOrdinary.World Says:

    Sepertinya buku yang cukup bagus, tapi lebih ke arah medis yah? bukan cara praktek step by step? Nanti coba saya cari bukunya deh....

  16. Anonymous ario saja Says:

    met menjalankan ibadha puasa

  17. Anonymous mantan kyai Says:

    aku dah pernah ketemu sama pak sholeh ... sehat orangnya

  18. Blogger Rey Says:

    berarti solatmu skrg tambah khusuk dong mi... =D

  19. Blogger escoret Says:

    kpn kamu ke jogja mi....
    bawa sekalian ya....

  20. OpenID wildankurnia Says:

    huehehe..
    lumayan lah gae oleh bapak di rumah..
    :)

    salam kenal.. :)

  21. Blogger Rosa Says:

    wooouu....berita bagus tuh.....mau beli ah..hargae brapa?salam kenal ya...oh ya, kunjungin http://devga.blogspot.com ada cerita seru juga...

  22. Anonymous Akhmad Guntar Says:

    Sepertinya buku yg menarik.
    Orang2 barat pernah meneliti ttg tingkat energi dari mereka yg mengalami englightenment secara spiritual. Entah krn keterbatasannya atau apa, dia baru bisa memberikan satu levelisasi pada kondisi tercerahkan scr spiritual. Di tahap ini, bahkan orang dg sekedar aliran kepercayaan tampaknya juga sudah bisa masuk ke tingkat energi yg dimaksud.
    Anyway, aku pikir sholat tahajud bisa membawa seseorang ke tingkat energi yg jauh lebih tinggi dari apa yg sudah mereka temukan.

  23. Anonymous kangoyot Says:

    Buku yang bagus boss...
    ditunggu info buku selanjutnya... ^_^

  24. Anonymous harly Says:

    mantap mudahmudahan kan membantu orang-2 yang bersungguh-sungguh dalam beribadah..
    butuh tulisan seputar ilmu ekonomi kunjungi repository unand :
    jurnal ekonomi andalas

  25. Anonymous jepit rambut Says:

    Sepertinya buku yg menarik.

  26. Anonymous ARTATEL, Solusi Komunikasi Hemat dan Handal Says:

    Mantap artikelnya gan, sangat bermanfaat. Thanks