<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

dongkrek, kesenian rakyat madiun

kamu tau apa itu dongkrek? aku duga nggak banyak dari kalian yg kenal dongkrek, sama lah seperti aku juga hehe. tapi satu ekor blogger yg aku tau dia tau dongkrek = anton. alhamdulillah, kemaren kita sempat liat apa itu dongkrek, live.

catetan: seniman2 dongkrek dari madiun mulai perform persis jam 19:00 (+0700), tanggal 10 november 2007, di festival cak durasim. mungkin nggak penting, tapi aku bener2 hormati ketepatan waktu pertunjukan mereka itu. beda dg cerita guangzhou art ensemble dulu, haha... sudahlah.

dung krek

jadi, apa itu dongkrek? nama dongkrek terinspirasi dari bunyi alat musik yg mengiringinya. bunyi 'dung' berasal dari bedug, dan bunyi 'krek' berasal dari alat musik yg disebut korek. kalo bedugnya ya sama dg bedug2 yg biasa kita liat di masjid (cuman mungkin ukurannya lebih kecil). yg menarik itu korek, korek ini nggak ada padanannya di kesenian lain, cuman ada di dongkrek. sehingga jadi ciri khas seni dongkrek. klik aja gambarnya untuk memperbesar.

peralatan musik dongkrek: bedug, korek, kentongan, kenong, gong besi, gong kempul, kendang. peralatan topeng dongkrek: topeng orang tua, topeng putri, topeng gendruwo/buto, juga topeng masyarakat dan gendongan.

dongkrek adalah kesenian rakyat, yg bisa dimainkan oleh anak2. dongkrek mempunyai filosofi untuk mengusir pegeblug atau wabah penyakit yg mengganggu masyarakat, juga untuk tolak bala, serta mengurangi keburukan.

sejarahnya, dongkrek dulu dipopulerkan tahun 1910 oleh R. Bei Lo Prawirodipura, seorang palang(?) di daerah caruban. dongkrek punya banyak versi: dari madiun selatan, dari takeran, sampai dari ngawi juga ada. semua versi itu untuk kebaikan, kan filosofinya untuk tolak bala, untuk mengurangi keburukan.

tahun 1973, dongkrek digali dan dikembangkan oleh dinas P dan K kabupaten madiun dan dinas P dan K propinsi jawa timur. tahun 1980 diadakan garap tari oleh pak suwondo, kepala seksi kebudayaan kabupaten madiun. tapi semakin lama dongkrek ini semakin tenggelam, jadi nggak terkenal. baru mulai tahun 2002 dongkrek dibawa kelompok seni "condro budoyo" mengikuti festival2 ke luar madiun, termasuk ke festival cak durasim, surabaya. bahkan sampek tampil di istana segala.

dongkrek dongkrek dongkrek
dongkrek dongkrek dongkrek
dongkrek dongkrek dongkrek

(catetan: perhatikan bandwidth)


Labels: ,

“dongkrek, kesenian rakyat madiun”

  1. Anonymous zam Says:

    menarik! sayang tradisi dan upacara adat kek gini udah banyak ditinggalkan..

  2. Anonymous Luigi Pralangga Says:

    Mestinya terus dilestarikan.. moga2 tulisan ini bisa jadi bahan referensi buat kita..

    Sebelumnya hanya kenal dengan "Dongkrak" ternyata udah ada "Dongkrek" juga nih..

  3. Blogger Rey Says:

    wah menarik bgt ni...
    cuman... dongkrek tu narinya sak karepe aja ya? sbnrnya ada ceritanya gak sih? mengusir buto2 gitu? itu buto apa monyet?

    Btw kalo bulan desember ada festival budaya apa lagi disana?

  4. Blogger heRRu Says:

    hiahiahia ini pasti nemenin mendol menjajal kulinter madiun hehehe... tambah pirang kilo mi jalan jalan karo manda?

  5. Blogger imgar Says:

    dongkrek..? baru tau. baru denger.. :D

  6. Anonymous venus Says:

    gak pernah denger tentang dongkrek. hwadooohhh.....kangen nonton ludruk di tvri surabaya :D

  7. Anonymous [ew] Says:

    weleh aku malah ngga ngerti dongkrek ngertine tempe bongkrek :p

    klo ngomongin madiun ingetku cuma brem karo pecel :d

  8. Blogger Si Jagoan Makan Says:

    Halah Herru salah nuduh. Si Fahmi cenderung pengen kencan karo Anton.

    *ono hubungane sama dongkrak nggak ya ?

  9. Blogger DenaDena Says:

    koncoku wong caruban malah gak ngerti hahaha. mei ngerti ngga yo?

  10. Anonymous fahmi! Says:

    rey: narinya dongkrek itu nggak sekedar sak karepe kayaknya, tapi aku nggak tau pasti, perlu tanya2 dulu ke anton, hehe.
    herru: wah, kali ini nggak sama mendol om, sama anton :D
    venus: eh cak kartolo sempat nongol lho di festival cak durasim ini.
    si jagoan makan: dongkraknya anton kecil :p
    denadena: mei sopo? meiby yes? meiby no?