<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

bebas parkir

Thursday, May 31, 2007 by Eddy Fahmi


bebas parkir: berlaku untuk segala mobil merah di surabaya dan monte carlo hehe :D jadi mau parkir model gimana aja ya bebas. emang gue EGP?

Labels: ,




softer soft?

Monday, May 28, 2007 by Eddy Fahmi


banyak regulasi baru tahun 2007 ini, beberapa aturan malah berubah sangat smurf! salah satunya: kewajiban pake 2 compound ban dalam 1 race. harapannya: balapan jadi lebih seru karena 2 macem compound itu punya pengaruh grip berbeda thd aspal, sehingga berpengaruh juga pd kecepatan mobil ngelewati tikungan. kapan pake harder tyre? kapan perlu softer tyre? kenapa kubica dibaca kubitsa? kapan timing yg pas buat ganti ban? nah di area ini para race engineer punya arena balapan sendiri, adu kesaktian dan akal-akalan.

normalnya harder tyre punya grip lebih jelek daripada yg softer, kurang nggigit. tapi harder tyre lebih awet, bisa dipake lebih lama. softer tyre punya konstruksi karet lebih lunak, lebih nempel ke aspal. konsekuensinya: softer tyre itu boros, lebih cepet gundul daripada yg harder. tapi dg grip yg lebih bagus itu softer tyre bisa mbantu mobil di tikungan, bisa dipaksa mbelok lebih kenceng tanpa kuatir slip. rata2 softer tyre bisa 0,5 detik per lap lebih cepat.

jadi kapan pake harder tyre? kapan perlu softer tyre? kapan timing yg pas buat ganti ban? secara default, mereka yg start di depan sebaiknya pake softer tyre di awal race. pertimbangannya: aspal masih licin, perlu grip lebih. trus lagi, tikungan pertama selalu seru. jarak antar mobil cuman itungan senti bahkan milimeter, perlu handling presisi dan kontrol sempurna. kalo sampek mbeleset ngerem dikit aja = game over.

dg softer tyre itu juga mereka yg di depan berharap bisa kabur sejauh2nya sebelom harus pitstop. lalu biasanya setelah pitstop kedua baru ganti pake harder tyre. pd momen ini, aspal sudah jadi lebih lengket soalnya sudah ada layer karet cukup tebel di permukaan lintasan. selain itu, setelah pitstop kedua juga situasi race dan posisi pembalap sudah banyak terbaca.

strategi lain untuk yg start di belakang 10 besar: karena setelah kualifikasi mereka bebas ngatur ulang jumlah bahan bakar yg dibawa start, mereka bisa mbawa lebih banyak bahan bakar supaya bisa pitstop lebih telat. keuntungannya: yg pitstop lebih telat mobilnya jadi lebih enteng daripada yg pitstop duluan (untuk beberapa lap di sekitar pitstop window itu). artinya: mereka bisa lari sedikit lebih kenceng. tapi konsekuensinya: mereka perlu harder tyre di awal balapan.

di monaco kemaren, ada yg aneh.

2 mobil mclaren pake harder tyre untuk start. mereka start di depan. aku nggak ngerti betul apa yg ada di otak ron dennis, apa berasumsi mclarens mbawa bahan bakar lebih banyak daripada ferrarinya felipe massa? ternyata lebih ganjil lagi, massa juga start dg harder tyre, wah. cari2 informasi di formula1 dot com dan crash dot net, nggak dapet artikel yg mbahas anomali ini. di f1technical dot net juga nggak ada penjelasan memuaskan. kira2 kenapa ya? pertimbangan apa yg bikin mclarens start dg harder tyre?

Labels: ,




have you ever been fishing?

Sunday, May 27, 2007 by Eddy Fahmi

have you ever been fishing? the bait always dies.

Labels:




Fw: VRAYKITA Gathering part 01

Thursday, May 24, 2007 by Eddy Fahmi


(click to enlarge)


VRAYKITA | THE MOST INDONESIAN VRAY USER SOCIETY

Satu-satunya komunitas V-Ray yang Indonesian banget, untuk pertamakalinya hadir di SURABAYA dalam :

"HAPPY RENDERING ON VRAYKITA GHATERING part 01"

Hari Sabtu, 26 Mei 2007
Pukul 10.00 pagi

di Ruang Seminar, HI-TECH Mall Surabaya
Jl. Kusuma Bangsa 116-118 Surabaya

Acara :
- gathering bersama V-Ray user dan pecinta 3D
- SHOW OFF karya hasil render V-Ray oleh VRAYKITA User
- sharing knowledge tentang "V-Ray and its STUFF"

Terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Konfirmasi dan informasi hubungi :
- tim VRAYKITA /an Afu, 031 60110217, 081330769273, afumado.vray [at] yahoo [dot] com
- Ibu Lia, Workshop HI-TECH Mall Surabaya, 031 531 6557

Acara ini didukung oleh :
- HI-TECH Mall
- Surabaya Design Forum
- IndoCG.com
- Animator Forum Surabaya

Labels:




festival perahu hias

Tuesday, May 22, 2007 by Eddy Fahmi




hari minggu kemaren, 20 mei 2007, surabaya punya acara: festival perahu hias 'ekspedisi ujung galuh'. start di jembatan merah, finish di monumen kapal selam, melibatkan 70 perahu nelayan. tapi sayang festival ini terkesan kurang cihuy, nggak terasa ada semangat di dalemnya. hiasan di perahu juga terkesan asal2an, mungkin karena nggak ada sponsor. masak untuk hiasan perahunya itu harus nelayan sendiri yg keluar duit? duit apa?

yg lucu, yth bapak walikota surabaya sempat ngomong kalo ternyata kali mas itu kotor. perahu yg ditumpangi beliau pun sempat beberapa kali mogok gara2 baling2nya tersangkut sampah. haha, bukan sampah tersangkut baling2 lho.

jadi ya secara keseluruhan memang nggak seberapa menarik.

yg mungkin bisa jadi catetan: di event kemaren itu saya liat untuk kali pertamanya tarian sparkling surabaya. menarik, tapi kenapa harus 'sparkling' ya? :D




sayang cuman dapet foto, mestinya tarian ini lebih sip dismurf secara video. lebih lanjut tentang sparkling surabaya indo pos online punya artikelnya.

Labels: ,




s e p i

Sunday, May 20, 2007 by Eddy Fahmi

ini foto lawas. nemu waktu bersih2 harddisk. secara teknis memang payah, dijepret fotografer amatiran pake kamera pinjeman. POI kurang kontras dg background. backgroundnya terlalu rame pisan. ketinggian ISO, ngegrain. keliru white balance, fluorescent. dan bla bla blah... masih banyak lagi cacatnya.

tapi, snapshot jelek gini bisa jadi sentimentil. bisa punya cerita yg 'dalem'. apalagi ditambah bumbu streaming cinta terakhirnya gigi hihihi jadi lebih dramatis! wes pokok'e gitu lah, aku ga peduli :p




powered by ODEO

tak semestinya ku merasa sepi
kau dan aku di tempat berbeda
seribu satu alasan melemahkan tubuh ini

aku disini mengingat dirimu
ku menangis tanpa air mata
bagai bintang tak bersinar

redup hati ini

Labels:




The DHA Baby

Friday, May 11, 2007 by Eddy Fahmi


Professor Hawking, I strongly believe that Aristotelian and Copernicus theories on the cosmos are absolutely incorrect. Earth is not the centre of the galaxy, neither is the sun. Venus is the centre of the cosmos, I will say. It is also the centre of the universe. It is the mars that revolves around venus in its orbit. Thank you.

Labels:




Festival Jajanan Bango 2007 - Surabaya

Tuesday, May 08, 2007 by Eddy Fahmi

Festival Jajanan Bango 2007

Nikmatnya Bersantap di Festival Jajanan Bango 2007: Sebuah Pengalaman Menyenangkan. Ya, pengalaman menyenangkan, sekaligus juga mengenyangkan hehe. Kali ini saya mau berbagi sedikit cerita dari Lapangan Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Sabtu lalu tanggal 5 Mei 2007.





Lokasi Lokasi Lokasi

Di blog bango mania disebutkan Festival Jajanan Bango 2007 akan digelar di Lapangan Basuki Rahmat (seberang TP Surabaya). Lapangan seberang TP sebelah mana? Sependek yg saya tau, yang ada di seberang TP itu Toko Atal dan tikungan balik kanan. Bablas sampai Embong Malang, ternyata nggak ada. Puter lagi, ternyataaa... lokasi yg benar adalah Lapangan Basuki Rahmat (seberang Gelael Surabaya). Atau Lapangan Basuki Rahmat sebelum McDonalds.

Lokasi ini menarik, strategis tapi tidak mudah diakses.

Pertama, pintu gerbang FJB 2007 terlihat kurang besar jika dibandingkan dengan obyek lain di sekitarnya. Kurang eye-catching. Posisinya agak tersembunyi diantara pohon-pohon dan jembatan penyeberangan. Misalnya panitia FJB 2007 dapat ijin memasang spanduk di jembatan ato memasang lebih banyak umbul-umbul di sekitar pohon mungkin lebih gampang terlihat dari jauh. Karena di jalan Basuki Rahmat itu jika kendaraan sudah terperangkap masuk lajur kiri agak susah belok kanan.

Kedua, parkir ruwet. Jalanan di sekitar Taman Apsari/Arca Joko Dolog disulap jadi tempat parkir dadakan. Dimanfaatkan tukang parkir oportunis. Saya parkir motor disitu bayar 2.000 rupiah. Lebih sial lagi Christian Pieschel, terpaksa bayar 3.000 rupiah untuk parkir motor juga. Berapa tarif parkir mobil? Wah nggak tau, tapi pasti lebih seru.

Saran saya untuk festival tahun depan (moga-moga mampir surabaya lagi): Coba jauh hari panitia pesan tempat di Taman Surya depan Kantor Walikota. Alternatif ini tetep strategis, di tengah kota, bisa diakses dari beberapa jalur, punya beberapa jalur keluar pula. Dan kalaupun terpaksa menutup jalan, lalu lintas bisa dibelokkan ke beberapa jalur alternatif. Tidak perlu lagi ada kejadian macet parah seperti di jalan Basuki Rahmat.

Tapi, mungkin juga perijinan Taman Surya itu lebih rumit, siapa yg tau? dan Lapangan Basuki Rahmat itu memang pilihan lokasi paling optimal. Saya pribadi kurang paham urusan seperti ini, tapi saya percaya panitia sudah kerja keras mencari lokasi paling rasional.


Setelah maghrib, saya kembali lagi ke lokasi FJB 2007, bawa mobil. Titik terdekat yang rasional untuk parkir = jalan Kombes Pol. Duriyat, sebelah Citibank. Disana tarif parkir tetap wajar = 1.000 rupiah saja hehe.



Jajanan Tradisional Nusantara

Okeeh... di dalam lokasi festival, saya ketemu si Jagomakan dan Mamuk. Wah orang-orang baik, dermawan betul mereka itu. Saya dikasih voucher hehe... mungkin kasian liat badan kurus kering gini, seperti perlu banyak makan, kurang gizi hihihi.


Lalu, diantara 40an pilihan makanan itu, mana yang terpilih jadi nomer satu? Beda dengan pilihan si Jagomakan, saya menghindari Rawon Setan, Bebek Papin, Bebek Kayu Tangan, dan sebagainya. Saya pikir sudah pernah coba, sudah ngerti rasanya. Ini kesempatan buat cari pengalaman aneh-aneh. Jadi saya memutuskan ngincipi Soto Betawi Mpok Rodemah dulu. Pertimbangannya simple, ingin tau seperti apa itu Soto Betawi? seberapa jauh variasinya dari Soto Madura? ato Coto Makassar? ato Sroto Banyumas?

Ternyata... luar biasa! kuahnya terasa rich, dengan santan yang agak over-saturated, "mlekok" istilahnya Pak Bondan. Dagingnya mungkin sudah digoreng dulu. Di dalamnya juga banyak potongan tomat, tambah lagi peresan jeruk nipis, biar segar. Tapi tetap saja santannya kencang, mantap, nendang. Rasanya mungkin agak terlalu kuat untuk lidah Surabaya. Disini orang terbiasa dengan kuah soto yg lebih bening, light.

Ngelewati Rujak Cingur Sedati, terkagum-kagum dengan cobek batu yang diameternya setengah meter itu. Wuah, pemiliknya malah bilang di rumah lebih lebar lagi, 70cm. Yang kemudian pop di otak saya = Flintstone! hehehhh :D

Tapi saya nggak beli rujak, nggak paham dunia rujak-rujak'an, nggak tertarik. Biasanya perempuan yang lebih doyan makan rujak.


Berikutnya Bakwan Bakar, jajanan tradisional khas Malang (cmiiw). Nah yang ini lebih cocok dg lidah Surabaya, enak. Tekstur bakwannya pas, kenyal, nggak terlalu lembek atau keras. Aroma gosong dari arang pembakaran bikin bakwannya terkesan eksotis. Tambah lagi olesan Kecap Bango di luar, terbakar jadi lapisan caramel, keliatan menggiurkan. Sayang proses pembakarannya agak lama, padahal sudah ngiler! Kalo misalnya bakwan-bakwan itu sudah setengah terbakar sebelum dibawa ke lokasi festival mungkin nggak perlu berlama-lama.


Menu penutupnya, Ketan Durian. Tapi yang ini saya bawa pulang, buat oleh-oleh Mama di rumah. Konon katanya enak, mantap, dan mengenyangkan. Saya nggak kebagian ngincipi, jadi percaya saja sama omongan beliau.

Waktu balik ke lokasi festival malemnya, saya nemu jajanan tradisional menarik: Roti Kompyang. Dulu, yang namanya roti kompyang itu gede, keras, polos. Tapi yang ini sudah modern, Kompyang Yahud. Sayang kalah tangkas, tinggal 5 biji diborong mbak-mbak sebelah. Kehabisan. Tapi nggak pa pa, dapet alamatnya, besok langsung ke Babatan Pantai saja.



Tips

Saran buat calon pengunjung Festival Jajanan Bango 2007 Jakarta dan Medan: datang dalam kelompok besar, 4 orang, 5 orang, ato lebih.

Pertimbangannya: efisiensi kendaraan, hemat lahan parkir. Selain itu, 5 orang bisa ngantri di 5 tempat berbeda secara simultan. Hasilnya: 5 macam makanan berbeda, bisa diincipi rame-rame. Porsi jadi sedikit, tapi perut nggak cepat kenyang. Bisa lanjut incip-incip makanan lainnya ;)



Tip lainnya: bawa botol minum sendiri dari rumah, lumayan menghemat duit.



Saran untuk Peserta Festival

Persiapan komplit sebelum datang ke lokasi festival. Kalo jualan menu bakar-bakaran, bakar dulu setengah mateng. Jadi di lokasi festival tinggal dipanasi sebentar saja. Pembeli nggak perlu nunggu lama. Pekerjaan jadi lebih praktis.

Waktu saya order Soto Betawi Mpok Rodemah, baru beliaunya motong-motong daging, tomat, dan lainnya. Ini yang bikin antrian panjang dan penjualnya sendiri juga repot. Kalo misalnya daging itu sudah terpotong-potong sejak dari rumah mungkin proses penyajian soto bisa jauh lebih cepat, efisien.

Contoh bagus waktu saya beli Ketan Durian. Seluruh proses transaksi nggak lebih dari 8 detik. Ketan sudah dipaket dalam kemasan plastik, duriannya dalam gelas plastik.



Kritik untuk Panitia Penyelenggara

Diantara puluhan kompor, saya nggak liat ada satu pun tabung pemadam kebakaran. Memang kita nggak pernah berharap terjadi musibah, tapi jaminan keselamatan itu penting. Kalo kejadian betulan gimana? Mau disiram pake Teh Sariwangi?



Selain itu saya juga kesulitan mencari tempat sampah.



-----
Penulis adalah blogger dan penikmat makanan/minuman di Surabaya. Tergolong omnivora, pemakan segala: daging, sayuran dan bandwidth. Email: efahmi at gmail dot com. All rights reserved. Tidak diperkenankan mengutip sebagian atau seluruh material dari post ini untuk kepentingan "Bloggers Writing Contest" Festival Jajanan Bango 2007.


Links: blog bango mania, mailing-list bango mania

Labels: ,




Festival Jajanan Bango 2007 - Foto

Monday, May 07, 2007 by Eddy Fahmi

Festival Jajanan Bango 2007

Nikmatnya Bersantap di Festival Jajanan Bango 2007: Sebuah Pengalaman Menyenangkan. Ya, pengalaman menyenangkan, sekaligus juga mengenyangkan hehe. Melalui post ini saya coba berbagi sedikit pengalaman Sabtu 5 Mei 2007 lalu di Surabaya, secara visual.

Kecap Bango mempunyai misi untuk dapat melestarikan berbagai makanan dan jajanan tradisional nusantara warisan kuliner yang ada di Tanah Air. Hal ini dirasakan penting karena makanan adalah salah satu bagian dari budaya kita sendiri. Lewat berbagai kegiatannya, Kecap Bango berupaya untuk menggali, menampilkan dan mempopulerkan berbagai makanan tradisional daerah.


(klik gambar untuk memperbesar)

"Pecel Bu Kus is a salad of lightly cooked vegetables that is common in Indonesia, an interesting reflection of the multiethnic influences on Indonesia cuisine..." Nah ini cocok dengan misi Kecap Bango. Bahkan lebih dari itu, karena menjelaskan apa itu pecel alam bahasa internasional Bu Kus nggak cuman melestarikan, tapi juga punya kontribusi mengenalkan makanan/jajanan tradisional nusantara ke luar.


Tahu Pong Bu Rudy = enak. Tapi kenapa bisa seenak itu? Apa karena digoreng dengan minyak ...... ?


Ok, pose, mata liat kamera, senyum, say "Mbeeeeekkk..."






Animo masyarakat luar biasa. Semakin malam, semakin rame!

Cerita-cerita lebih lanjut tentang Festival Jajanan Bango 2007 menyusul di post berikutnya.

Links: blog bango mania, mailing-list bango mania

Labels: ,




communication and negotiation

Saturday, May 05, 2007 by Eddy Fahmi

meet adisty, my niece. she's 8 months, and is learning 'communication and negotiation'. hehehe :D



hey you
eh, me? you're talkin' to me?
yes you
now listen carefully
you go get my milk
i'm hungry

i want my milk, now!



whaaattt? i think...
no, no, you don't think
you do what i told you
hey wha...
zip it!
my baby sitter has a tommy gun.
you get my milk, you stay alive.
capiche?
eww...
you have 30 seconds, go!



oh, hi mom :)
look, i made friend.
i have learned and now i understand what communication and negotiation is all about. i'm smart.

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers