<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Belut Elek, Spesial Belut Surabaya

Monday, April 07, 2008 by efahmi

Spesial Belut Surabaya. Pecel Belut Elek. Haha, akhirnya dapet pengalaman ngincipi barang satu ini, harta karun kuliner Surabaya yg tersembunyi. Memang kita sudah biasa denger Surabaya identik dg bebek goreng, tapi boleh coba cek lah makanan yg satu ini.

Makasih banyak buat Manda la Mendol si Jago Makan yg sudah nganter blusukan ke Banyu Urip hehehee... pake acara ban kempes segala (karena ketancep kawat, bukan karena beban kok).


Lokasi Lokasi Lokasi

Alamat Spesial Belut Surabaya:
Jl. Banyu Urip Kidul IV / 39 (Bok Abang) Surabaya
Itu pusatnya, tapi kalo nggak ngerti daerah situ ato kesulitan transportasi, ada juga cabang utama dg alamat:
Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 119 Surabaya
dan
Jl. H. R. Muhammad No. 249 Surabaya
Nggak jelas kenapa disebut sebagai 'cabang utama', apa ada cabang lain yg nggak 'utama'?

Spesial Belut Surabaya

Banyu Urip Kidul? Kalo nggak paham lokasi ini, coba jalan dari Diponegoro ke arah utara, atau jalan dari Kedungdoro / Pasar Kembang ke arah selatan. Di pertemuan Diponegoro dan Pasar Kembang, belok ke barat ke jalan Banyu Urip. Dari situ kamu akan dapet sungai di sepanjang sisi kiri jalan. Kalo nggak ada sungai, berarti kamu salah belok, nyasar, ha!

Berikutnya, perhatikan deretan jembatan di sisi kiri, cari yg warna merah (Bok Abang). Belok kesitu, ikuti jalan, menanjak, itu sudah jalan Banyu Urip Kidul IV. Spesial Belut Surabaya bakal ketemu di sisi kiri jalan.

Tips: Naek motor saja. Karena jalanan sekitar Banyu Urip itu nggak lebar, sulit buat mobil bermanuver, apalagi nyari spot parkir.


Belut Elek

Belut, binatang air tawar ini secara fisik seperti ular (panjang), tapi dagingnya terasa mirip ikan lele. Siwi bilang ini binatang hasil selingkuh ular sama lele, hehe. Beberapa orang berpendapat belut itu nggilani, tapi kalo diolah dg bener nikmatnya bisa bikin ketagihan.

Rumah makan lain boleh milih menamai menunya dg kosakata yg indah2, tapi H. Poer (pemilik Spesial Belut Surabaya) justru nabrak pakem dg nama Pecel Belut Elek. Kenapa disebut Belut Elek? Karena penampilannya yg buruk rupa: Coklat kehitaman (pengaruh saos raja rasa waktu digoreng), dan permukaannya licin berminyak.

Pecel Belut Elek

Tapi walopun penampilannya jelek, jangan berani menganggap remeh rasanya, luar biasa. Sudah nggak ada lagi amis, mungkin karena pengaruh bawang putih? Dagingnya lembut, gurih, manis, tersaji dalam kondisi basah. Sambelnya boleh pilih mau yg pedas, medium, ato nggak pedas. Tapi buat aku olahan sambelnya nggak seberapa istimewa sih (boleh tambah kecap untuk memperkaya rasa). Kalo nasinya bisa terbilang bagus untuk tempat makan kelas budget. Dan tentu saja dilengkapi lalapan standard: kubis, kacang panjang, kemangi.

Selain Pecel Belut Elek, Spesial Belut Surabaya punya macem2 olahan belut lain: goreng biasa/kering, saos inggris, juga menu lele dan burung dara. Harganya sekitar 9.000 sampai 13.000 rupiah. Satu porsi nasi dijual terpisah dg harga 2.500 rupiah. Pilihan minumannya antara air es, teh, jeruk nipis dan softdrink. Harganya antara 500 sampai 3.500 rupiah.


Pelayanan

Sebelum berangkat, si Jago Makan sudah wanti2 supaya jangan sampek nambah. Kalo volume makanmu banyak, langsung order 2 porsi sejak awal. Kalo enggak bisa kena semprot yg njual, duh!

Mungkin karena rame, pelanggannya banyak, tapi pelayannya cuman berapa orang. Jadi mereka kebingungan kalo si pelanggan pesennya aneh2. Tapi mestinya ini bukan alasan, karena pembeli adalah Radja! Yg perlu direvisi ya pengelolaannya, gimana caranya supaya semua pelanggan puas, dan pegawainya nggak terlalu repot.

Spesial Belut Surabaya (SBS)

Noise dari kompor gas di dapur juga lumayan mengganggu sampek ke ruang makan, jadinya para pelayan itu mesti saling teriak2 buat ngurusi order pelanggan. Nambah noise lagi dah.

Jadinya, kalo memang cari pengalaman dan perlu hunting foto belut, boleh lah makan di tempat. Tapi kalo niatnya menikmati makan belut dg nyaman, mending dibungkus, makan di rumah.


Jam Bisnis

Spesial Belut Surabaya buka malem hari, mulai 18:00 (+0700). Satu tip lagi dari si Jago Makan: Jangan buru2, mereka nggak bakal mau melayani pelanggan sebelum 18:00, selisih 1 menit pun.

Hehe, ini menarik... normalnya, orang nggak bisa berdagang dg cara gitu, arogan. Sialnya, Spesial Belut Surabaya ini bisa. Dan hebatnya, warung ini mampu bertahan sampek 25 tahun lebih. Menang reputasi, pelanggannya yg harus ngikuti aturan main disana.


Skor

Penilaian disini bersifat subyektif, nggak sependapat ya nggak pa pa.
- Kualitas makanan = 4/5
- Kualitas minuman = 1/5
- Harga = 3/5 (fair lah, nggak terlalu mahal/murah)
- Pelayanan = -2/5 (yup, nggak salah ketik, minus dua)
- Kebersihan = 1/5
- Lokasi = -2/5

Konon, dalam sehari H. Poer bisa mengolah hingga 60 kg belut. Dg volume seperti itu, untung tipis pun jadi lah, perputaran uang tetep gede.

Saran: moga2 dari keuntungan warung itu H. Poer bisa punya cukup modal untuk renovasi bangunan warungnya supaya lebih bersih, dan dg dapur yg kedap suara. Supaya pelayannya nggak perlu lagi teriak2 di deket kuping pelanggan.

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers