<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

boleh bookmark: the waiter rule

Saturday, April 29, 2006 by efahmi

how you treat a waiter or a waitress reveals a lot about your character. it may sound insignificant, but... lebih lanjut silakan baca di:

http://donaldtrump.trumpuniversity.com/default.asp?item=169024

slamet berakhir mingguu dududuuu...

Labels:




Saturday, April 22, 2006 by efahmi

di jalan, gaya mengemudi saya _______________, tapi teman2 bilang _______________, padahal kan _______________, iya kan? heheheehhh :D

Labels:




springwise: referensi ide2 bisnis

Wednesday, April 12, 2006 by efahmi

kasus klise: karyawan merasa sumpek dg kantornya, dapet tanggung jawab terlalu gede, dapet gaji terlalu sedikit, rekan kerja nggak kooperatif, etc...

solusi yg biasanya diambil: mereka browsing situs2 headhunter macem jobsdb.com, cari kerjaan di tempat lain. berharap ada keajaiban yg mau beli skill mereka yg 'biasa2 saja' dg harga selangit.

alternatif solusi yg boleh diambil: browsing situs2 sumber inspirasi macem springwise.com. dari sono visitor bisa kulakan macem2 ide bisnis yg mungkin bisa dilakoni.

memang bukan hal sepele untuk seorang karyawan berubah jadi pengusaha. apalagi banyak karyawan yg terjangkit penyakit kredit, cicilan, utang, dsb... ada modal dari mana buat mulai bisnis? iya kalo kemudian berhasil untung, lha kalo bangkrut? mau makan apa? halaahhh kalo mikir yg negatif2 terus besok hasilnya ya negatif, ayo kita liat peluangnya. di situs2 macem springwise gitu banyak ide kreatif yg 'menarik' n kadang nggak butuh modal gede. asal ada niat kuat n komitmen untuk 'nglakoni' mestinya nggak perlu lagi takut/ragu.

salah satu contoh ide menarik dari springwise.com: campus cookie calls. di sekitar kampus/kos2an mahasiswa memang mesti ada warung yg buka 24 jam, tapi apa ada diantara mereka yg melayani delivery? kemudian bandingkan dg potensi jumlah mahasiswa yg males keluar kos tengah malem (padahal laper, pingin ngemil)? tuh kan bisa jadi peluang bisnis baru ;) bla bla bla detail usahanya gimana itu nanti tergantung fantasi si calon pengusaha n faktor situasi sekitarnya.

sama juga seperti cerita tentang bisnis wartel yg pernah saya tulis dulu, pokoknya jeli2 aja mengamati situasi sekitar, insyaallah bisa jadi pengusaha ulung, amin.

btw buat yg nggak bisa sering2 browsing, springwise.com juga ngasih rss/atom ato newsletter via imel:
http://feeds.feedburner.com/springwise
http://www.springwise.com/index.xml
http://www.springwise.com/atom.xml
http://www.springwise.com/newsletter/

selamat menikmati :)

Labels:




how to win girlfriend and influence people

Monday, April 10, 2006 by efahmi

pendahuluan
suatu hari di surabaya di suatu kantor yg isinya banyak cowok jomblo pathetic ada seorang karyawan, sri, yg mengenalkan seorang sahabat, tia, pd teman2nya. yah seperti yg bisa ditebak jomblo2 pecundang itu langsung gatel. paling enggak ada 5 yg jelas2 keliatan mupeng pd tia. salah satu diantaranya = tomo, seorang praktisi pemasaran yg sukses menjual produk2 dari tempatnya kerja. sayang, tomo ini nggak seberapa sukses menjual diri sendiri.

latar belakang dan permasalahan
kompetisi para penggemar tia ini lumayan ketat. nggak gampang buat tomo untuk menang. kompetitor2 lain pada giras, agresif. dalam tempo 24 jam mereka sudah dapet messenger id dan mungkin nomer telpon tia dari sri. kemudian mereka menyerang secara langsung tia via chat. sialnya si tomo ini agak ketinggalan make a move.

melihat situasi seperti ini, sahabat tomo, nurintan dari biro konsultan strategi percintaan nurintan dan rekan mencoba mbantu. untuk urusan seperti ini, tim konsultan strategi percintaan nurintan dan rekan langsung all out. obyektif mereka not only to make sure tomo wins, but also to make sure competitors lose!

dasar teori
lalu, teknik seperti apa yg bisa diaplikasikan pd kasus tomo? kompetitors pake blitzkrieg, segera setelah melihat tia, mereka langsung nodong sri dg pertanyaan messenger id-nya apa? sudah punya pacar pa belom? dsb. dari modal messenger id itu juga mereka langsung ngontak tia secara agresif. hi tia... aku salah satu penggemarmu, hobimu apa? makanan favoritmu apa? kenal sri dari mana? kamu udah punya cowok belom? bla bla blah... kalo menyusul dg cara ini, telat. peluang tomo kecil, sudah banyak yg masuk duluan, kalo tomo masuk dg cara ini juga, tomo = just another face in the crowd, nggak ada yg spesial.

apalagi tia juga paham betul posisinya sebagai perawan di sarang penyamun. merasa nggak punya saingan, tia bisa sok jual mahal, main tarik ulur layangan, n milih2 jomblo mana yg paling sedikit kadar loser-nya.

terinspirasi dari bab 3 dan 5 the art of war-nya sun tzu, tim nurintan dan rekan menyusun strategi flanking untuk tomo:
- intelijen (bab 13, the art of war): dapatkan informasi2 penting.
- deploy a decoy: mengalihkan perhatian kompetitor dari target (tia).
- blue ocean strategy: setelah kompetitor terpancing decoynya, tomo bisa leluasa mendekati tia.
- devide et impera: pancing kompetitor untuk ribut sendiri sehingga saling melemahkan.

analisa dan pembahasan
how to win girlfriend? karena ketinggalan start, tomo perlu dapet informasi2 kritis tentang tia dg cara yg lebih smart daripada kompetitor2nya. chat n pendekatan langsung seperti para kompetitor cuman menghasilkan informasi dangkal, superficial. untuk ini nurintan dan rekan melakukan riset online: menyelidiki tia di friendster. dari sono bisa ketauan testimoni temen2 terdekat tia yg jujur n nggak dibuat2. dari sono juga keliatan tia berteman dg orang2 seperti apa saja. bisa ditebak kepribadiannya seperti gimana. tapi untuk profilnya nggak seberapa perlu diperhatikan, karena ditulis oleh tia sendiri = kurang bisa dipercaya, lebih bagus mbaca testimoni temen2nya.

berikutnya, tim nurintan dan rekan bongkar2 archive blog tia. dari sini keliatan seperti apa isi otak tia, sejarah hidupnya, dan sedikit prediksi dangkal tentang masa depan tia (jangka pendek).

nah, dari internet tim konsultan strategi percintaan nurintan dan rekan dapet banyak informasi penting, nggak perlu noise2 basa basi seperti yg ada di chat log para kompetitor.

nggak lupa juga informasi tentang para kompetitor perlu dikumpulkan. untuk ini tim nurintan dan rekan butuh banyak partisipasi tomo sendiri. karena para kompetitors adalah temen2 sekantor tomo, mestinya tomo sendiri yg paling paham seperti apa mereka, dimana kekuatan n kelemahan masing2 kompetitor, n di titik mana masing2 dari mereka bisa diserang. tapi secara umum tipe2 cowok jomblo mengenaskan yg desperately need to be loved itu gampang dipancing dg cewek cantik, berkulit putih, berbody seksi, senyum manis, dsb. mereka nggak akan berpikir lebih lanjut soal tingkat kepintaran si cewek, ato latar belakang pendidikannya, ato masa lalu n keluarganya, ato hobi shoppingnya, dll... buat mereka punya pacar itu sudah anugerah terindah yg pernah dimiliki.

nah setelah informasi2 penting terkumpul, berikutnya nurintan dan rekan bisa melakukan promosi tomo pd tia. melalui jalur teman2 tia dan teman2 tomo, bisik2 boleh dikeluarkan: eh tia, si tomo itu suaranya bagus lho, jago nyanyi, kemaren waktu ikut indonesian idol dia kan sempat lolos ke jakarta... n dia juga doyan nongkrong di excelso, bukan coffee bean, sama kayak kamu kan, bodynya bagus, kan rajin fitness hehehe btw tomo itu karirnya cemerlang, dia lho yg mimpin tim pemasaran di kantornya, pinter pula. coba deh kalo santai ngobrol2 sama tomo, kayaknya kalian bakal cocok deh... ya tentu saja bahan obrolannya sudah disiapkan dari hasil riset online tersebut diatas, pasti cocok! n yg bikin lebih meyakinkan = promosi ini nggak dilakukan oleh tomo sendiri seperti yg dilakukan para kompetitor via chat. untuk promosi ini digunakan jasa dari teman2 tia n teman2 tomo.

how to influence people? cari dari friendlist-nya tia satu profil cewek yg cantik, "menarik", n potensial untuk dieksploitasi. kemudian sebarkan bisik2 pd masing2 komptetitor... eh kamu kenal nggak temennya tia yg anu itu... jane doe, lebih cakep lho, pernah sekolah di luar negri pula, lokasinya di surabaya nih, n yg paling penting = single. kejar yg itu aja, kamu sadar kan kompetisi rebutan tia ketatnya kayak gini? mending ngejar temennya tia itu ;)

dg demikian, diharapkan perhatian kompetitors pd tia akan terganggu, bisa jadi red ocean berpindah ke sekitar jane doe. kalo udah gini tomo bisa dengan nyaman mendekati tia. ya sebenernya bisa juga mengalihkan obyektif tomo ke jane doe dan secara otomatis tercipta blue ocean sendiri. tapi kan misinya memenangkan kompetisi nggaet tia. dan lebih dari itu, nggak cuman memenangkan kompetisi, tapi juga memastikan kompetitor lain kalah!

sebenernya ada lagi dirty trick yg bisa dipake: devide et impera, politik pecah belah. tapi sebaiknya nggak diaplikasikan kalo situasi nggak sangat darurat.

kesimpulan dan saran
- apa yg bisa dipelajari dari jasa tim konsultan strategi percintaan nurintan dan rekan? sekarang era informasi, supaya bisa sukses ngerjain suatu proyek, perlu riset dulu secara serius. kemudian dari informasi yg terkumpul baru strategi yg mematikan bisa diaplikasikan.
- bagaimana memenangkan kompetisi yg ketat? pindahkan kompetisi tersebut ke tempat lain, sehingga 1 kompetitor bisa turun sendirian di tempat sebelumnya dg enteng hehehe.
- untuk tomo, mestinya dia belajar lebih agresif memasarkan diri sendiri, seperti dia sukses memasarkan produk2 kantornya.





*) nama2 yg tersebut diatas = bukan nama sebenarnya.

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers