<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7109511\x26blogName\x3dmimimama+wawawa...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mimimama.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mimimama.blogspot.com/\x26vt\x3d-5074708033921183677', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

durban street race

Monday, January 30, 2006 by Eddy Fahmi

grand prix afrika selatan, kwazulu-natal, durban. entah kenapa afrika selatan bela2in nyulap jalanan durban jadi sirkuit balap padahal mereka sudah punya kyalami yg sudah masuk grade 1 (boleh dipake balap formula one). tapi, seru juga a1gp punya event street race macem gini, nggak kalah sama monaconya formula one ato macaunya formula three asia.



durban.

sama juga seperti monaco n macau, sirkuit jalanan berarti kiri kanan trek langsung tembok, nggak punya run-off-area, nggak punya banyak lokasi untuk aksi salip menyalip, hampir semua tikungan = blind corner, n perlu konsentrasi penuh pembalap, mereka bisa lari ngebut 250 kmh dg jarak cuma 5 cm dari tembok, n sekali ada insiden bisa jadi langsung red flag! panjang lintasan durban = 3.283 km, dg trek lurus terpanjang 700 m. tapi yg seru itu tikungan pertama, right-hander-hairpin. wah wah... baru liat petanya aja saya sudah nebak bakal banyak drama disitu, dan ternyata bener :p

latihan.

babak latihan nggak disiarkan live di tivi. tapi coba perhatikan babak kualifikasinya, banyak mobil pake hidung item. kenapa? itu sebenernya hidung cadangan yg belom dicat seperti livery mobil. hidung utamanya udah abis dipake nyium tembok. pembalap pakistan bahkan sempat tabrakan serius, dibawa ke rumah sakit, n akhirnya batal turun balapan.

kualifikasi.

kualifikasi di a1gp terbagi jadi 4 sesi, masing2 15 menit, 3 lap (1 flying lap). normalnya, pembalap nggak langsung rebutan keluar kualifikasi di detik pertama, bagusnya nunggu mobil lain keluar dulu, ninggal skid-marks di trek. dg demikian, mobil yg keluar belakangan punya lebih banyak grip dg aspal. tapi di durban ini pembalap sampek antri nunggu lampu ijo kualifikasi. kenapa? ini sirkuit jalanan, sekali ada insiden bisa jadi langsung red flag! n selama nunggu periode red flag itu, bisa2 abis tempo 15 menitnya. batal kualifikasi = start dari belakang.

di durban, direktur tim pasti pusing menentukan timing keluarnya pembalap mereka:
keluar duluan = belom ada grip bagus di trek,
keluar belakangan = resiko batal keluar sama sekali karena red flag,
keluar tengah2 = bisa terganggu traffic.

seperti kasus tim lebanon, pas lagi flying lap, ketemu mobil afrika selatan yg jalan pelan. nyoba ngelewati dari sebelah dalem, nggak dapet racing line, melintir. sial juga buat tim indonesia, mikola salah ngukur titik ngerem di tikungan 5, melintir.

sprint race.

eventful! belom juga penuh 1 lap, ananda mikola ditabrak rookie italy, retired. lap pertama itu memang masih crowded sekali, posisi mobil indonesia juga terjepit di tengah2, kalo misalnya pembalap italy mau bersabar dikit mestinya insiden itu nggak perlau terjadi. tapi yah namanya rookie, street race pula, shit happens.

di lap terakhir juga drama masih seru. tim republik ceko yg sudah kerja keras memperjuangkan posisi 2 terpaksa harus drop ke 4 gara2 ban flat-tyre setelah nyenggol mobil china. di depan, tim belanda nekat ngejar tim prancis. sayang setelah manuver berani di tikungan 5 terpaksa kontak ban dg mobil prancis. mobil prancis masih bisa recovery n finish juara, mobil belanda melintir, retired. sial.

feature race.

waddahell! global tivi tolol, begitu online tau2 udah lap kedua. posisi ananda mikola juga entah dimana. start mungkin bukan event paling seru, tapi itu jelas event paling penting. bekalangan baru tau kalo mobil indonesia terpaksa start dari pit setelah insiden di sprint race tadi.

drama masih seru di feature race, lebih seru malah. tim prancis kalah tarikan dg tim swiss waktu start. mobil republik ceko stall di grid. ada juga insiden kabel nyangkut di mobil inggris. saya pikir harusnya mobil itu segera kena black flag, tapi ternyata enggak.

ada yg curang, tapi nggak kena hukuman. mobil canada sempat tabrakan n kehilangan hidungnya. tapi nggak segera masuk pit. di lap berikutnya dia nabrak pecahan hidung itu n hancur semburat memenuhi trek. mungkin secara teknis itu tergolong racing-incident tapi secara etika itu nggak bagus. bah.

anyway, race ini tetep punya tontonan bagus, aksi gila2an tim new zealand n tim belanda hebat, jempol! setelah gagal nyalip mobil prancis di sprint race, akhirnya tim belanda berhasil nyalip mobil inggris di feature race, dan menang! selamat buat tuan meneer jos verstappen, sampeyan memang punya skill n spirit juara.

brake testing.

di formula one, kadang ada pembalap senior yg suka usil ngerjain rookie dg brake testing. mereka ngerem beberapa meter di depan titik pengereman normal sebelum tikungan, hasilnya rookie di belakang kaget, banting setir. di durban, entah untuk alasan apa pembalap india ngerem di trek lurus jauh sebelum tikungan. pembalap indonesia yg slipstreming persis di belakangnya kaget, escape maneuvre = injek rem keras2, banting setir ke kiri, sial = nabrak tembok. terbanting balik ke tengah trek, nyenggol mobil india. rasain, kualat.

herannya setelah insiden si india gila itu kok marah2 ya? saya sama sekali nggak liat mikola bikin salah.

Labels: ,




case study: utang kartu kredit

Thursday, January 26, 2006 by Eddy Fahmi

hermawan fresh graduate (diploma) n langsung dapet kerja di perusahaan konsultan di surabaya. sbg staf junior dia digaji 1 juta sebulan. hermawan merasa duit segitu terlalu ngepas buat dia hidup di surabaya. setelah dipotong biaya kos-kosan, bensin n makan, dia nggak punya terlalu banyak duit buat ditabung.

dari situasi seperti itu, hermawan mikir untuk nyari keahlian tambahan (dg harapan keahliannya bisa dijual lebih mahal pula). hemawan berniat ikut kursus bahasa inggris, komputer, n pajak. masalahnya: biaya kursus di surabaya nggak murah. tapi niat hermawan untuk kursus sudah mantap. toh biaya yg dikeluarkan bisa dianggap investasi untuk masa depan, benar?

lalu gimana cara hermawan ngakali biaya kursusnya? setelah dipertimbangkan, hermawan ngikuti bisikan setan untuk apply kartu kredit. nanti pembayarannya kan bisa dicicil. semuanya masih keliatan masuk akal, benar?

---------

kesalahan hermawan: dia memaksakan diri akal2an bikin surat keterangan gaji yg di-markup dari manajer HRD supaya bisa apply kartu kredit. padahal dg penghasilan yg masih 1 juta sebulan, seharusnya dia belom boleh megang kartu kredit. tambah lagi: kartu kredit = gaya hidup. dg megang kartu kredit itu dia merasa punya uang lebih, merasa bisa beli apa saja dg gampang, tinggal gesek. urusan mbayar tagihan dipikir belakangan.

hermawan terjerumus ke dalam lingkaran setan. sekarang dia bingung, tagihan kartu kreditnya nggak abis abis. tiap bulan juga cuman bisa mbayar batas minimumnya saja.

lebih sial lagi, malem hari hermawan habis buat kursus, dia nggak bisa kerja side-job buat nyari penghasilan tambahan. padahal gaji dari kantor ya masih segitu segitu aja. terus gimana?

---------

buat hermawan, ini pelajaran baru yg nggak pernah ada praktikumnya di program diploma ato di kelas pajak. kamu pernah tau kasus seperti ini? pernah ngalami sendiri? ato punya teman seperti hermawan? punya saran apa buat hermawan? program solusi seperti apa yg baik buat dia?

Labels: ,




what a wonderful world

Tuesday, January 24, 2006 by Eddy Fahmi

cheap love, cheap care.
oh i hate you and your fake smiles.

i see trees of green, red roses too
i see them bloom for me and you
and i think to myself what a wonderful world

i see skies of blue and clouds of white
the bright blessed day, the dark sacred night
and i think to myself what a wonderful world

the colors of the rainbow so pretty in the sky
are also on the faces of people going by
i see friends shaking hands, saying how do you do
they're really saying i love you

Labels:




masih terlalu banyak loket

Friday, January 13, 2006 by Eddy Fahmi

bulan januari 2006 ini saya mbayar pajak kendaraan bermotor. lahhh sialnya itu pajak harusnya dibayar november 2005 kemaren :p lebih sial lagi KTP saya juga sudah expired bulan april tahun lalu. doh!

walopun cuman setahun sekali, sumpah males kalo mesti ke samsat situ. kenapa nggak boleh bayar pajak 5 tahun sekaligus? sekalian update STNK + plat nomor. tahun lalu, kalo nggak salah inget, aturan mainnya gini: beli formulir putih + formulir biru + map di loket luar, copy paste data2 dari STNK + BPKB ke formulir (eh iya, jangan lupa mbawa spidol kecil, spidol gede, jepretan), fotokopi, trus masukkan dokumen2 tadi ke map, susunan dokumen dlm map juga mesti ngikuti aturan tidak tertulis: formulir putih n biru di sebelah kiri, yg biru agak ke bawah, di depan yg putih, BPKB + STNK di sebelah kanan, covernya map juga harus ditulisi nomor polisi dg jelas (pake spidol gede) ...halah aku nggak apal detailnya. pokoknya, kalo nggak seperti itu terima aja di-reject petugas di loket tanpa penjelasan lebih lanjut. mbak2 yg jaga meja informasi juga ogah2an kalo ditanya, kayak ngganggu acara ngelamunnya aja.

baru kemudian dibawa masuk ke dalem gedung samsat, daftarkan data2 di loket sebelah situ, trus mbayar di loket yg ini, trus ambil bukti pembayaran + STNK di loket agak sono. bah... saya lupa detailnya.


*taking a deep breath*


perhatikan, saya sama sekali nggak ada minat membebani otak untuk menghafal aturan2 macem gitu, yg cuman berguna setahun sekali. masih mending menghafal serial number, setahun kan bisa install beberapa kali. mestinya di gedung samsat sono ada papan petunjuk yg menjelaskan gimana caranya mbayar pajak.

nah, rumitnya aturan samsat di manyar kertoarjo itu jadi "pasar" buat calo. terus terang ya jasa mereka lumayan banyak membantu buat orang2 awam macem saya. awalnya mereka nawarkan 10.000 buat ngurus segala macemnya, tapi ditawar 5.000 mau. tunggu 10 menit. beres.

saya perhatikan cara kerja mereka: cuman nulis nomor polisi di formulir putih n formulir biru, jepret di map (sesuai aturan penjepretan yg tersebut diatas), "digiring" ngelewati loket2, tunggu sebentar, keluar bukti pembayaran pajaknya. selesai. enaknya: mereka sudah saling kenal dg orang dalam, jadi bisa dg gampang "menggiring" formulir2 itu tadi, walopun datanya nggak lengkap.

---------

eksistensi calo itu nggak bagus, tapi kalo birokrasi di samsat masih seperti itu, ya pasar calo masih tetep basah. bah... republik indonesia... kalo bisa dibikin ruwet, kenapa digampangkan?

itu urusan mbayar pajak lho, negara yg minta duit dari saya. saya yg kaya, saya yg punya uang, kok saya yg dibikin repot? coba bandingan dg aturan nyetor duit ke bank. asal identitas penyetor jelas, nomer rekening tujuan jelas, beres. cukup 1 loket. lebih hebat lagi nyetor sumbangan lewat yayasan dana sosial al-falah, nggak perlu datang ke kantor al-falah, mereka yg kirim kurir untuk njemput dana di tempat donatur. logikanya bener gitu: yg punya uang yg digampangkan.

balik ke samsat lagi, kalo dipikir goblok2an, dokumen apa aja yg sebenernya diperlukan? saya pikir cukup STNK aja. dlm database mereka mestinya sudah punya informasi kendaraan + pemiliknya komplit. bahkan si calo tadi cuman nulis nomor polisi kendaraan aja di formulir nggak penting itu. sudah waktunya program mereka diupgrade. samsat juga belom bisa menangani pembayaran pajak dg kartu debit/kredit.

teman2 programmer, monggo silakan menawarkan jasa kalian bikin program untuk menyederhanakan birokrasi samsat. ini bisa jadi proyek gede lho! heheheehhh tapi terus terang saya nggak yakin gampang gol, karena program itu mungkin bisa mematikan "pasar" beberapa orang :p

Labels:




Flashforward Film Festival Finalists

Thursday, January 12, 2006 by Eddy Fahmi

http://www.flashforwardconference.com/finalists
selamat menikmati... :)

Labels:




GP Indonesia

Tuesday, January 10, 2006 by Eddy Fahmi



ya, kita semua sudah tau jadwal GP indonesia yg harusnya 15 januari besok ditunda. alasannya? tanggal 3 januari kemaren emir dubai his highness sheik maktoum bin rashid al maktoum wafat di ostrali. nah sialnya sang emir ini = paman dari sheik maktoum hasher maktoum al maktoum, founder n sekaligus presiden A1GP. sehingga, aktivitas manajemen sang presiden di A1GP jadi terganggu.

seperti tradisi, kerajaan uni emirat arab menetapkan 40 hari berkabung. jadwal GP Indonesia = 15 januari = mau nggak mau mesti ikut di-reschedule. dan bla bla blah setelah manajemen A1GP meeting dg pemerintah indonesia, ditetapkan jadwal baru A1GP = 12 februari. 12 februari itu sebenernya jadwalnya GP brasil. tapi karena sirkuit curitiba brasil dinilai nggak layak balap oleh FIA, event GP brasil dicoret.

buat indonesia, 12 februari nggak masalah, justru menguntungkan. sirkuit sentul jadi dapet tambahan waktu buat bersih2, orang2 marketing punya lahan baru buat nyari sponsor untuk event ini, n penonton di sirkuit mungkin jadi tambah banyak.

tapi yg ganjil, jadwal GP afrika selatan = 29 januari nggak kena re-schedule. padahal kan masih dalam tempo 40 hari dihitung dari 3 januari? kenapa nggak GP indonesia digeser ke 29 januari n GP afrika selatan digeser ke 12 februari? karena kebijakan re-schedule GP indonesia ini jelas2 makan biaya banyak. FYI: tanggal 21 desember 2005 kemaren mobil2 balap A1 sudah dikirim ke sentul. kemudian dikarantina. kalo gini situasinya, mobil2 itu harus dikirim ke afrika selatan, balapan disono, kemudian dikirim balik ke indonesia, balapan disini. sama sekali nggak efisien.

mari dipikir2, apa profesional seorang sheik maktoum menunda GP indonesia? hanya karena pamannya meninggal dunia? kalopun iya dia berkabung, A1GP kan nggak cuman sheik maktoum seorang sendiri, dia punya manajer2 n asisten2 yg bisa ngurus A1GP untuk 1 event ini aja. sebagai presiden mestinya dia sudah paham betul gimana mendelegasikan tugas2 ke manajer2nya. A1GP ini kan 'sesuatu' yg sangat besar. kompetisi multinasional, melibatkan 25 negara termasuk amerika, rusia, cina dan jepang. GP indonesia ditunda karena paman sang presiden wafat? cengeng nggak?

mmm bisa jadi juga... re-schedule GP indonesia ini berbau politis. sheik maktoum cuman pingin menunjukkan kekuatan dia sebagai anggota keluarga kerajaan uni emirat arab, n pengaruh dia di dunia. dia pingin menunjukkan bahwa dia punya power untuk ngatur dunia, n orang lain harus patuh pd perintahnya. yah, apa yg ada di dalem otak maktoum cuman dia yg tau, kita cuman bisa nebak2. harap makloum.

dia yg punya duit, dia yg bikin aturan.

Labels: ,




regulasi ban F1 2006

Sunday, January 08, 2006 by Eddy Fahmi

tahun ini FIA bikin aturan boleh ganti ban lagi waktu balapan. acara pitstop bakal jadi lebih seru. mungkin otak direktur tim jadi lebih cerdas pula karena dilatih mikir strategi pit yg ciamik.

dampaknya apa? ban mobil2 F1 nggak perlu dibikin keras biar bisa bertahan sampek finish. tahun ini mereka bisa pake kompon karet yg lebih lunak, lebih boros, tapi lebih kuat daya cengkeramnya. sehingga = mekanikal grip antara mobil dan aspal lebih kuat. sehingga = aerodinamik grip bisa dikurangi. karena semakin kuat aero grip berarti juga semakin kuat pula aero drag yg timbul.

tapi, ini berarti juga supplier ban balap F1 mesti riset lagi untuk nemu konstruksi kompon ban yg kampiun. musim balap tahun 2004 kemaren mereka juga boleh ganti ban, apa data2 tahun 2004 nggak bisa dipake? dalam dunia F1, jeda 2 tahun itu = sangat panjang. peralatan yg dipake tahun 2004 kemaren sudah obsolete. ya, data2 2004 memang masih bisa digunakan sbg referensi, tapi supplier ban mesti belajar lagi seperti apa konstruksi chassis mobil F1 2006, seperti apa suspensinya, n seberapa banyak pengaruh gaya (downforce) yg dihasilkan sayap2 mobil baru? semuanya sama sekali baru.

anyway, mari berdoa moga2 nggak terjadi lagi kasus indianapolis 2005. prediksi: pasaran bridgestone bakal naik di pertengahan sampek akhir tahun ini. untuk musim ini mereka dapet tambahan 2 tim papan atas yg pake ban bridgestone, nggak cuman ferrari + 2 penggembira. semakin banyak tim papan atas yg pake bridgestone = semakin banyak masukan data untuk riset = semakin 'canggih' ban yg bakal diproduksi.

bandingkan dg michelin yg pasti bakal pensiun dari F1 akhir tahun ini. seberapa banyak duit yg mereka rela hamburkan demi gengsi 'jawara formula one'? kayak gimana mood kerja orang2 mereka di lab? kira2 apa masih bakal ada inovasi yg 'extraordinary'?

jadi, kira2 kenapa tahun 2006 ini FIA ngembalikan aturan boleh ganti ban? bukannya mereka sudah sepakat nyusun regulasi2 baru untuk mengurangi biaya operasional? kalo boleh ganti bankan berarti lebih boros? bener? ya kalo ngeliat sejarah 2005 kemaren memang tim ferrari nggak cuman kalah, tapi ajuuurrr! kalo kemudian pernah terjadi acara ngobrol2 santai antara montezemolo n ecclestone ya saya nggak tau n juga nggak berkepentingan. mari berharap balap F1 musim 2006 ini jauh lebih seru n jauh lebih banyak surprise!

apa saja bisa terjadi di formula one.
--azrul ananda.

Labels: ,




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers