<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

formaldehyde

Thursday, July 26, 2007 by efahmi

formaldehyde can be toxic, allergenic, and carcinogenic. at concentrations above 0.1 ppm in air, formaldehyde can irritate the eyes and mucous membranes, resulting in watery eyes. if inhaled, formaldehyde at this concentration may cause headaches, a burning sensation in the throat, and difficulty breathing, as well as triggering or aggravating asthma symptoms. bla bla blah... [wiki]

ya ya di tivi kita sudah pernah liat liputan tentang makanan yg dikasih formalin biar awet dsb... buat banyak orang mungkin sekedar berita. ah itu kan di tivi, lagian peredaran makanan begituan kan nggak luas, nggak sampek ke'sini'. it won't happen to me lah. kita2 kan selalu beli makanan dari tempat yg dapat dipercaya, bahkan sayuran dan buah2an pun dipilih yg organic.

eh sek, sbentar, sebenernya definisi 'organic' itu benernya gimana toh? vocab ini masih terasa agak ganjil hehe tapi nggak penting lah...

balik ke formaldehyde lagi. it won't happen to me lah. kita2 kan selalu beli makanan dari tempat yg dapat dipercaya, bahkan sayuran dan buah2an pun dipilih yg organic. tapi situasinya jadi menarik kalo pas nerima bingkisan makanan (ato minuman) dari orang lain. ya yg namanya hadiah mosok harus di-scan dulu, ngelewati QC dulu? kalo nggak cihuy mesti retur, nggak lucu.



yg di atas itu buah pir yg mak cling tau2 nongol di meja makan kami. kata pembawa acara di tivi, buah yg penampilannya begini ini boleh dicurigai mengandung formalin. kulit buah nampak seger, tapi tangkai buahnya sudah mulai bosok. bisa diduga buah seperti ini udah nggak fresh lagi. tapi diakali supaya tetep keliatan fresh, supaya tetep laku dijual.

demi duit, orang berani bermain2 formalin. mungkin oknum2 itu sebenernya ngerti betul pengaruh formalin pd tubuh manusia. tapi kan cuman dikit aja, nggak pa pa. mungkin oknum2 itu sebenernya ngerti betul formalin jelek, tapi ga peduli. pokoknya dagangan laku, dapet untung. lalu duitnya dipake buat beli makanan (sehat) untuk keluarganya.

sialnya formalin ini nggak cuman punya efek biologis, bisa jadi urusan sosial katut ribut. kalo si pembeli kebetulan teliti, kan bisa jadi gegeran di pasar. ato kasus lain: ada orang beli buah formalin untuk bingkisan. kalo si penerima kebetulan teliti, bisa jadi rasan2 kalo si john doe itu sengaja ngirim buah foobar beracun karena punya niat jelek. jadi salah paham lagi... padahal john doe nggak tau apa2. lebih buruk lagi, dari kasus salah paham itu nanti bisa berbuntut balas dendam dan dosa2 lainnya.

jadi, kalo kebetulan ada pedagang buah yg mbaca blog ini, tolong diteliti lagi barang2 dagangannya. sapa tau dapet kiriman barang jelek dari petani/supplier.

lha terus, ini buah pir di meja enaknya diapain ya? sebenernya ada sedikit keinginan buat ngincipi makan buah itu. hehe pingin tau kayak gimana toh rasanya formalin? sak ndulit ae... :p

Labels:




restoran sepi

Thursday, July 19, 2007 by efahmi

kalo ada bisnis, sepi. kemungkinan rugi, tapi tetep dipertahankan running selama sekian tahun. apa pendapatmu?

-----

ok, ceritanya beberapa hari yg lalu saya ketemu sahabat lama, teman sejak jaman sd. saya diajak makan siang di restoran keren di daerah gubeng situ. lokasinya strategis, pojokan, gampang diakses lah. parkiran juga cukup luas. tapi sepi.

di dalem, baru ketahuan kenapa sepi. daging ikannya nggak fresh. daging sapinya nggak empuk. jadi nggak heran kalo yg pernah makan disitu kemudian memutuskan nggak mau balik :p

soal pelayanan, untuk restoran sekeren itu ya terbilang es-te-de. pelayan nyambut tamu, buka pintu sambil senyum, nyodorkan daftar menu, membiarkan tamu bengong lama, menyajikan makanan, nerima pembayaran, senyum lagi sambil mbuka pintu keluar.

sebenernya pelanggan pingin diperhatikan lebih dari itu. kan orang bijak bilang pembeli adalah raja, ha. pelayan ato sekalian pemilik usaha perlu lah sekali2 bersosialisasi dg pelanggan. siap2 sih dg kuping panas, tapi itu perlu dilakoni supaya dapet masukan dari pelanggan, toh demi bisnis mereka sendiri. masakannya enak nggak? apa kurang asin ato gimana? gimana pelayanan kami pak? apa cukup memuaskan? ato bapak punya saran untuk pengembangan? and the bla bla blah...

mbaknya sahabat saya sempat bilang: "analisa pertama, ganti koki."

setuju. kalo produknya nggak beres, mau dijual pake teknik gimana juga hasilnya nggak bakal bisa sempurna. kalopun bisa terjual, saya ragu konsumen bakal balik beli lagi.

nah, sambil makan, saya sempat ngelamun film the fast and the furious. disana ceritanya dominic toretto punya usaha bengkel mobil sama warung makan. hebatnya, tongkrongan toretto itu mazda rx-7 man! lengkap dg segala aksesoris veilside-nya. perhatikan, nggak masuk akal toh orang buka warung sama bengkel aja bisa beli sedan sport, modifikasi pisan. gampang ditebak toretto punya "bisnis lain" yg lebih serius. sumber duit toretto yg sebenernya adalah bisnis colong-mencolong barang2 elektronik. bengkel dan warung itu cuman sbg cover aja, sekedar menunjukkan kalo dia punya bisnis yg legal.

-----

nah balik ke gubeng lagi. kalo ada restoran, sepi. kemungkinan rugi, tapi tetep dipertahankan running selama sekian tahun. apa pendapatmu?

hehe bisa jadi pemilik usaha memang nggak butuh duit dari restoran ini. toh keran duit dari bisnis2 yg lain nggak pernah kering. sapa tau restoran ini dipertahankan cuman buat praktikum anaknya yg lagi belajar bisnis. toh nanti kalo si anak sudah molai pinter dia akan mampu njalankan restoran dg cara yg bagus dan menguntungkan. heheheee... nggak usah berburuk sangka, semoga memang demikian situasinya.

Labels:




monopoli vs kompetisi

Monday, July 16, 2007 by efahmi

shell, bp, mungkin yg lain juga, sebentar lagi ikut jualan bensin di surabaya. akibatnya apa? pertamina nggak bisa lagi berdagang semau gue. pertamina terpaksa berusaha sebisa mungkin supaya orang tetep beli bahan bakar fosil di spbu-nya. trus gimana caranya mempertahankan pelanggan? sekarang baru sadar kalo sebenernya servis itu nggak kalah pentingnya dibanding produk.

dulu guru saya pernah ngomong: whatever your business, it's a service business.

full service

lima, sepuluh tahun kemaren, kita nggak bisa ngarep ada salam ato senyum. lha wong kasus meteran dispenser dicurangi aja sudah jadi berita biasa. apalagi yg namanya bensin campur, nggak heran hehe. sekarang, mas2nya jadi murah senyum, santun dan sangat friendly :D lebih dari itu, mereka bersedia mbersihkan kaca mobil secara percuma :)

jadi, secara dangkal kurang lebih bisa disimpulkan kalo monopoli itu nggak sehat. kompetisi bikin pasar jadi lebih hidup. dan tentu saja konsumen semakin diuntungkan, ha!

alhamdulillah bisnis telekomunikasi sudah terbuka duluan, sekarang giliran minyak. moga2 urusan listrik dan air bersih bisa segera dihapus monopolinya ya, aamiin :)

eh sebenernya mall2 dan hotel2 gede sudah mampu mbangun unit penyedia listrik dan air bersih mandiri. kalo ada yg kreatif bikin versi lite-nya untuk kebutuhan rumah tangga, bisa jadi peluang bagus itu, gimana?



nah nah naahhh... wes update toh? semoga puas :p

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers