<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

diet?

Monday, January 31, 2005 by efahmi

sore ini, di kantor, lagi tenang2 ngupil n ngelamun, tau tau...
FREE PIZZA FOR EVERYBODY!


pizzahhh!
ahahahahahahaaa... :))




tips optimasi flash untuk web

Saturday, January 29, 2005 by efahmi

fahmi!

hey hey hey ceritanya mimi lagi doyan belajar ngeflash nih. n dari pengalaman main main animasi, ini ada beberapa tips yg bisa dijadikan guideline waktu mbangun website berbasis flash:

1. gunakan preload
orang paling benci kalo ngebrowse situs flash, tapi yg keliatan cuman about:blank (padahal waktu itu flashnya masih ngeload). animasi preload bisa menunjukkan visitor bahwa ada sesuatu sedang diload waktu itu. selain itu preload juga berguna ngasih informasi sudah berapa persen loadingnya n kira2 visitor masih harus nunggu berapa lama lagi sampek semuanya ter-load komplit.

2. pake frame rate secukupnya
untuk presentasi desktop, kita bisa pake 30 frame per detik (ato lebih) biar animasinya keliatan alus nggak putus2. tapi untuk dipublikasikan di web, ukuran file jadi pertimbangan penting. semakin tinggi frame rate, semakin besar pula ukuran file. jadi kalo bisa pake frame rate standard aja 12, ato paling banter 15 lah biar keliatan agak alus.

3. optimasi bitmap
sebaiknya gambar2 bitmap dioptimasi dulu di photoshop. flash emang punya fasilitas optimasi di publish setingnya. tapi gimana2 juga masih tetep lebih jago photoshop. photoshop = tool untuk manipulasi gambar bitmap, flash = tool untuk mbuat animasi. jadi flash tinggal ngimport gambar2 bitmap matengan yg udah dioptimasi sekecil-kecilnya.

4. optimasi vector
sama juga seperti gambar2 bitmap, gambar2 vector kalo bisa udah beres di freehand duluan, flash tinggal import aja. tapi kenapa freehand? soalnya freehand satu pabrik ama flash, macromedia. jadi nggak usah kuatir dg issue kompatibilitas. apa yg keliatan di freehand dijamin keliatan sama di flash. ya emang di indonesia masih banyak ilustrator masih doyan mainan coreldraw. tapi kemudian mereka harus export file cdr-nya ke ai, trus diimport ke freehand, baru dipublish di flash. uhh... kalo freehand bisa bikin hidup lebih gampang kenapa masih pake corel? ayo belajar sesuatu!

5. pecah jadi beberapa file swf
ukuran file punya pengaruh penting pd kecepatan download. visitor nggak mau nunggu lama, apalagi kita2 yg online dari indonesia. jadi supaya website flash cepet keliatan, kalo bisa dipecah jadi beberapa file swf. pecahan file2 swf itu nggak perlu diload kalo nggak diminta. n kita nggak perlu nunggu lama untuk loading file2 swf yg nggak perlu.

dlm proses pengerjaannya, mecah project jadi beberapa file gini juga bisa motong waktu produksi, karena bisa dikerjakan beberapa orang animator secara simultan. masing2 orang bertanggung jawab ngerjain 1 file. kalo kerjaan cepet beres kan animatornya bisa santai maen need for speed hehehe.

trus, kalo memungkinkan, file2 bitmap (jpg) juga nggak usah diimport ke dalem flash. sejak jamannya flash mx file jpg bisa diload on the fly. ini bisa nambah enteng lagi ukuran file swf-nya.

7. gunakan actionscript untuk membantu animasi
efek animasi translasi obyek dari posisi x = 0 ke x = 100 bisa dibuat pake motion tween, tapi bisa juga diakali pake actionscript. main2 actionscript emang nggak gampang, aahhh... coding lagihh! tapi hasilnya, ukuran file swf jadi jauh lebih kecil.

8. apa lagi ya?
yaaa kurang lebih gitu lah... harusnya masih banyak trik optimasi lain yg aneh2, tapi mungkin mimi masih belom tau. mungkin kamu2 punya trik2 flash yg lain, ayo ikutan share di comments ya...

Labels: ,




Jongko Joyo Boyo

Thursday, January 27, 2005 by efahmi

dutulis oleh: Ronggowarsito (Nostradamus versi Jawa)
dan karena banyak yg protes, ini dikasih terjemahannya sekalian hehehe

Iki sing dadi tandane zaman kolobendu
Ini yang menjadi tanda zaman kehancuran

1. Lindu ping pitu sedino
1. Gempa bumi 7 x sehari
2. Lemah bengkah
2. Tanah pecah merekah
3. Manungsa pating galuruh, akeh kang nandang lara
3. Manusia berguguran, banyak yang ditimpa sakit
4. Pagebluk rupo-rupo
4. Bencana bermacam-macam
5. Mung setitik sing mari akeh-akehe pada mati
5. Hanya sedikit yang sembuh kebanyakan meninggal

Zaman kalabendu iku wiwit yen
Zaman ini ditandai dengan

1. Wis ana kreto mlaku tampo jaran
1. Sudah ada kereta yang berjalan tanpa kuda
2. Tanah jawa kalungan wesi
2. Tanah Jawa dikelilingi besi (mungkin maksudnya Rel kereta kali ya)
3. Prau mlaku ing nduwur awang-awang
3. Perahu berjalan di atas awan melayang layang
4. Kali ilang kedunge
4. Sungai kehilangan danaunya
5. Pasar ilang kumandange
5. Pasar kehilangan keramaianya
6. Wong nemoni wolak-walik ing zaman
6. Manusia menemukan jaman yang terbolak-balik
7. Jaran doyan sambel
7. Kuda doyan makan sambal
8. Wong wadon menganggo lanang
8. Orang perempuan mempergunakan busana laki-laki

Zaman kalabendu iku koyo-koyo zaman kasukan, zaman kanikmatan donya, nanging zaman iku sabenere zaman ajur lan bubrahing donya
Zaman kalabendu itu seperti jaman yang menyenangkan, jaman kenikmatan dunia, tetapi jaman itu sebenarnya jaman kehancuran dan berantakannya dunia

1. Mulane akeh bapak lali anak
1. Oleh sebab itu banyak bapak lupa sama anaknya
2. Akeh anak wani ngalawan ibu lan nantang bapak
2. Banyak anak yang berani melawan ibu dan menantang bapaknya
3. Sedulur pada cidro cinidro
3. Sesama saudara saling berkelahi
4. Wong wadon ilang kawirangane, wong lanang ilang kaprawirane
4. Perempuan kehilangan rasa malunya, Laki-laki kehilangan rasa kejantanannya
5. Akeh wong lanang ora duwe bojo
5. Banyak Laki laki tidak punya istri
6. Akeh wong wadon ora setia karo bojone
6. Banyak perempuan yang tidak setia pada suaminya
7. Akeh ibu pada ngedol anake
7. Banyak ibu yang menjual anaknya
8. Akeh wong wadon ngedol awakke
8. Banyak perempuan yang menjual dirinya
9. Akeh wong ijol bojo
9. Banyak orang yang tukar menukar pasangan
10. Akeh udan salah mongso
10. Sering terjadi hujan salah musim
11. Akeh prawan tuwo
11. Banyak Perawan Tua
12. Akeh rondo ngalairake anak
12. Banyak janda yang melahirkan anak
13. Akeh jabang bayi nggoleki bapake
13. Banyak bayi yang lahir tanpa bapak
14. Wong wodan ngalamar wong lanang
14. Perempuan melamar laki-laki
15. Wong lanang ngasorake, drajate dewe
15. Laki-laki merendahkan derajatnya sendiri
16. Akeh bocah kowar
16. Banyak anak lahir di luar nikah
17. Rondo murah regane
17. Janda murah harganya
18. Rondo ajine mung sak sen loro
18. Janda nilainya hanya satu sen untuk dua
19. Prawan rong sen loro
19. Perawan nilainya dua sen untuk dua
20. Dudo pincang payu sangang wong
20. Duda berharga 9 orang

Zamane zaman edan
Zamannya Zaman Gila/Sinting

1. Wong wadon nunggang jaran
1. Perempuan menunggang Kuda
2. Wong lanang lungguh plengki
2. Laki-laki berpangku tangan
3. Wong bener tenger-tenger
3. Orang yang benar cuma bisa bengong
4. Wong salah bungah-bungah
4. Orang yang melakukan kesalahan berpesta pora
5. Wong apik ditapik-tampik
5. Orang Baik di singkirkan
6. Wong bejat munggah pangkat
6. Orang Yang kelakuannya bejat malah naik pangkat
7. Akeh ndandhang diunekake kuntul
7. Banyak komentar yang tidak ada isinya
8. Wong salah dianggap bener
8. Orang salah diangap benar
9. Wong lugu kebelenggu
9. Orang lugu dibelenggu
10. Wong mulyo dikunjara
10. Orang mulia dipenjara
11. Sing culika mulya, sing jujur kojur
11. Yang salah mulia, yang jujur hancur
12. Para laku dagang akeh sing keplanggrang
12. Pedagang banyak yang menyeleweng
13. Wong main akeh sing ndadi
13. Orang berjudi semakin menjadi
14. Linak lijo linggo lica, lali anak lali bojo, lali tangga lali konco
14. Lupa anak dan pasangan, lupa tetangga dan teman
15. Duwit lan kringet mug dadi wolak-walik kertu
15. Uang dan keringat hanya untuk berjudi
16. Kertu gede dibukake, ngguyu pating cekakak
16. Kartu besar dibuka, tertawa terbahak-bahak
17. Ning mulih main kantonge kempes
17. Tapi waktu pulang main kantongnya kosong
18. Krugu bojo lan anak nangis ora di rewes
18. Denger anak istri nangis tidak digubris

Abote koyo ngopo sa bisa-bisane aja nganti wong kelut,keliring zaman kalabendu iku.
Seberat apapun jangan sampai ikut larut dalam warna-warni zaman kalabendu.

Amargo zaman iku bakal sirno lan gantine joiku zaman ratu adil, zaman kamulyan. Mula sing tatag, sing tabah, sing kukuh, jo kepranan ombyak ing zaman Entenana zamanne kamulyan zamaning ratu adil.
Sebab jaman itu bakal sirna dan diganti dengan jaman Ratu adil, jaman kemuliaan, karena itu yang tegar, yang tabah, yang kokoh, Jangan melakukan hal bodoh. Tunggulah jaman kemuliaan jamannya Ratu adil.

Labels:




Quote of the Day

Wednesday, January 26, 2005 by efahmi

The Essential Difference between Emotion and Reason is that Emotion Leads to Action while Reason Leads to Conclusions
Kevin Roberts, A. G. Lafley - Lovemarks

Labels:




ex astris scientia

Tuesday, January 25, 2005 by efahmi

NGC6946 Gemini

gambar dikutip dari:
http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/astropix.html

he kalian doyan gambar2 astronomy? kalo iya berarti situs APOD boleh di-bookmark. koleksi foto2 disono hi-res, free, n diupdate tiap hari ;)







inul look, falling star... make a wish

Labels: ,




fad?

by efahmi

firefox. semua orang migrasi ke firefox. katanya IE banyak bug-nya, IE nggak aman, orang2 'pintar' pake firefox. dan sama seperti semua orang, akhirnya fahmi ikut2an pake firefox juga. kenapa? karena orang2 di sekitar pake firefox.

tapi, apa dg firefox hidup jadi lebih indah? nggak juga. ternyata feel-nya sama aja. sialnya justru ada side effect yg mengganggu, sepele sih, tapi mengganggu. flashget nggak bisa monitor link2 dari firefox, jadi mesti copy url dulu, baru dimasukkan ke flashget. ya, memang firefox punya program downloader sendiri. tapi kok masih tetep lebih enak pake flashget ya?

selain itu, flash playernya harus update sendiri. plugin buat applet juga masih harus install, belom lagi shockwave, quicktime, dsb... jadi repot kalo mo browse situs2 mutakhir.

urusan koneksi, firefox masih belom bisa ndeteksi jalur keluarnya lewat mana. kalo pas pake network kantor setingan DNS, proxy, dsb udah diatur beres, eh waktu komputer dibawa pulang ke rumah, konek pake dial-up, seting koneksinya perlu mbuat profil baru. belom lagi kalo numpang konek via henfon, ganti seting lagi. (eh din, aku mo numpang njajal konek pake henfonmu boleh ya ya ya)

firefox ternyata cuman bisa nyimpen 1 profil. nggak ngikuti profil2 network connections'nya windows. kalo IE kan otomatis, kita konek lewat profil yg mana, udah nggak ada masalah proxy lagi, ato DNS dsb...

fasilitas popup blocking punya firefox ternyata mengganggu haloscan. kalo butuh fasilitas begituan untuk IE, banyak program kecil gratisan di download.com yg bisa dipilih. nggak kalah ama punya firefox program2 itu juga bisa di-customize, alamat2 yg diblok, alamat2 yg lolos.

orang ndesain website juga standardnya dites pake IE, nggak sedikit kasus layout situs yg jadi berantakan waktu di-browse pake firefox. salah webmasternya? ah kalo pake IE keliatan ok ok aja kok...

security issue? kan ada personal firewall. dulu waktu masih pake IE nggak pernah ada masalah keamanan kok. antivirus juga selalu update.

jadi gimana? balik ke IE lagi? asal selalu update dg patch, bug-fix, virus definition, dsb... ditambah personal firewall pula, pake IE nggak pa pa kok. ya terserah lah... pilihan browser favorit masing2 orang kan beda, ada yg bilang lynx paling enteng hehehe, terserah.

Labels:




Thursday, January 20, 2005 by efahmi

SNAFU: Situation Normal All Fucked Up.

ughhh... :(




Want Truth in Advertising? Try a Blog

by efahmi

A legendary ad executive tells how he uses blogs and how companies can use them in their marketing—without being crushed.

http://www.fortune.com/fortune/fastforward/0,15704,1017715,00.html

Labels:




quote of the day

Tuesday, January 18, 2005 by efahmi

When I got their name, I'd use it constantly. Women think their name is the most important word in the world.
Bond, James Bond.

Labels:




deodoran

by efahmi

kambing! kalian punya masalah serius dg bau badan.




Friday, January 14, 2005 by efahmi

he udah mau wiken lagi, hampir seminggu ini nggak posting apa2. lagi males posting, lha internet super duper lemot :p pasti gara2 daus lagi <-- nuduh ga pake alasan.

tulisan tentang maya kemaren ternyata laris komen. buat blog nggak mutu macem gini, dapet 17 komen udah sangat laris! makasih untuk semuanya, yg komen, yg cuman lurking, n yg ngomel2, hahahaaa... you bastards. fyi: maya itu temennya 3d studio max, lightwave, cinema 4d, dsb. program komputer buat bikin karakter n animasi 3 dimensi, bukan cewek.

anyway, kemaren ada cerita menarik. ban belakang motor fahmi kempes, bocor kena paku, n fahmi nggak ngerti. baru taunya siang2 ditelpon mas maryanto. dia bilang "mas fahmi, bane sampeyan sing mburi bocor kenek paku, tapi wes beres kok, wes tak tembelno nang sebelahe bakul sego goreng". loh... kok baik bener makhluk ini? punya hutang budi apa sama fahmi? waktu dikasih duit servis kembaliannya 1000 rupiah juga dibalikin.

bisa bayangin nggak motor kaze yg berat gitu kempes? nuntun motor macem gitu ke sebelah bakul sego goreng, lumayan jauh. pake ban battlax pula, tambah berat. fahmi kan bukan atasannya mas mar, ngasih order buat servis motor juga enggak, semuanya inisiatif mas mar sendiri, n free of charge.

hehe jadi inget akhir desember kemaren waktu kita bersih2 kantor, mas mar diperintah sang kepala produksi, berani nolak. ya walopun akhirnya dikerjain, tetep aja sambil ngomel2. hahaaa... berarti secara struktural fahmi memang bukan kepala produksi, tapi bisa jadi punya karisma lebih tinggi daripada kepala produksi :p







btw, lagi sakaw F1, akut!
race pertama baru bulan maret besok... uuhhh... :(




maya

Monday, January 10, 2005 by efahmi

maya

hari minggu kemaren maen ke kos udin, eh ternyata disono ada maya, trus dikenalin ama si udin heheheee... boleh juga nih :p thx ya din.

nah, ceritanya tahun 2005 ini fahmi mo pdkt ama si maya, wish me luck yah ;)

Labels:




bahan bacaan menarik

Thursday, January 06, 2005 by efahmi

  1. Master of the Youniverse
  2. Massclusivity
  3. ...

lumayan buat ngisi waktu kalo lagi nganggur/males/bosen di kantor :p

Labels:




riders on the storm

by efahmi

Riders on the storm
Riders on the storm
Into this house we're born
Into this world we're thrown
Like a dog without a bone
An actor out alone
Riders on the storm

There's a killer on the road
His brain is squirmin' like a toad
Take a long holiday
Let your children play
If ya give this man a ride
Sweet memory will die
Killer on the road, yeah


peraturan lalu lintas:
1. polisi selalu benar.
2. apabila terjadi pelanggaran, perhatikan lagi peraturan nomer 1.

ini ada satu lagi cerita temen berurusan dg polisi:
http://autos.groups.yahoo.com/group/suzuki-2wheels/message/19701

yah, kecuali kalo kamu hidup di bayview city. aturan main disono beda, sapa yg paling kenceng n paling keren tongkrongannya itu yg menang :p

Labels:




ada gajah masuk kulkas

Wednesday, January 05, 2005 by efahmi

hadohhh koneksi internet jadi super duper lemot gara2 daus angon gajah, fuck fuck fuck... lek nggajah dilimit po'o ndeng!

hell yeah, this is very very diamput sir.




strong

by efahmi

and you know and you know
'cos my life's a mess
and i'm trying to grow
so before i'm old i'll confess
you think that i'm strong
you're wrong you're wrong
i'll sing my song my song my song...




hehehhh ngutip dari strong-nya robbie williams :p

Labels:




how customers think

Monday, January 03, 2005 by efahmi



Everything else has been reinvented – distribution, new product development, the supply chain. But marketing is stuck in the past.
--Elliot Ettenberg, an article in The Economist.

kemaren baca buku tulisannya gerald zaltman, judulnya how customers think, essential insights into the mind of the market. material di dalem buku ini nggak cuman ngajari tentang seperti apa pola pikir konsumen, tapi lebih luas juga menjelaskan pola pikir manusia secara umum, dan aktivitas/respon2 bawah sadar, kemudian bagaimana memanfaatkan itu semua untuk mempengaruhi orang lain.

how customers think dibagi jadi 3 bagian:
bagian pertama yg terdiri dari 2 bab, menjelaskan gambaran umum marketing saat ini, dan introduksi pd paradigma baru marketing.
bagian kedua, 8 bab yg panjang lebar, berisi tentang penjelasan tentang the mind of the market, prinsip2 paradigma pemasaran baru, lengkap dengan contoh kasus nyata di lapangan.
n bagian terakhir, 3 bab, mengajak pembaca untuk berpikir dg cara yg berbeda, berpikir lebih dalem tentang paradigma baru pemasaran tadi. Mencoba membaca gambaran yg lebih detail lebih daripada apa yg ada di benak kustomer dan konsumen.

buku ini ditulis dg gaya yg sangat teoritis, konseptual. mungkin lebih cocok dikonsumsi mereka2 yg master ato doktor marketing. orang awam macem fahmi cuman bisa nangkep sedikit informasi, sekedar tau aja tentang pola pikir para konsumen/kustomer hehehe... btw buku ini bagus dibaca kalo lagi insomnia, soalnya asli bikin ngantuk :p (apalagi mbacanya ditemeni richard clayderman ato solas gitu)

---------

Knowing that customers prefer a container that has a round shape rather than a square shape is important. Knowing why they prefer this shape is even more important, because it may suggest a desirable configuration that is neither round nor square.
--Gerald Zaltman, How Customers Think, p.15.

Labels:




rawon yang baik dan benar

by efahmi



doyan makan rawon? udah pernah ngincipi berapa macem varian rawon? seperti apa sih rawon yg baik dan benar?

1. warna
emang mayoritas rawon berwarna item gelap. tapi ada beberapa warung jualan rawon warna coklat bening. menyalahi standard? standard apa? rawon nguling yg kondang n punya franchise dimana2 warna kuahnya coklat. karena dia pemain penting di dunia rawon, apa berarti warna rawon dia jadi standard? trus yg item salah?

2. media penyajian
di warung2 kecil emang lebih praktis kalo nasinya langsung dicampur jadi satu sama rawonnya di mangkok. tapi ada juga yg nasinya disajikan terpisah di piring, trus rawonnya di mangkok. plus biasanya ada extra piring kecil tempat kecambah, sambel, lauk tambahan, dll.

3. krupuk
wajib ada ato sekedar pelengkap? kalo rawon produksi mamah di rumah ya nggak ada krupuknya, kalo pengen krupuk beli sendiri di warung. n kalo rawon yg bener itu harus ada krupuknya, pake krupuk udang ato boleh krupuk putih biasa?

4. telor asin
yg ini juga wajib ato sekedar pelengkap? kalo emang harus ada, satu porsi rawon itu pake 1/2 butir telor asin ato 1 butir penuh?

5. waktu makan
menu rawon itu bagusnya untuk sarapan, makan siang, ato makan malem? kalo fahmi sih kapan lapar itu waktu yg bagus buat makan rawon hehehehhh. beberapa orang bilang rawon itu menu dinner. tapi kalo semua warung n resto jualan rawon waktu makan malem aja, trus kalo siang2 mupeng rawon gimana donk?

btw, di surabaya tepatnya di jalan embong malang ada warung rawon yg terkenal dg nama rawon setan. kenapa disebut rawon setan? karena warung rawon ini bukanya tengah malem, waktu setan gentayangan :p lokasinya persis di sebarang jw marriott (sebelah kanan jalan). tempat nongkrong favorit para super hero kalo lagi kelaparan tengah malem. satu porsinya dulu 7000an, nggak tau sekarang berapa. udah lama nggak aktif jadi super hero (kontraknya abis). mahal? nggak juga, harga segitu rasanya pantes lah ama porsi n rasa rawonnya. kalo mo nambah telor asin +1200.

eh nggak penting ya? hehehe... lha ngapain juga kamu baca sampek abis? ini semua gara2 fajar yg namanya di dalem otak fahmi selalu 'associated to rawon'. faj kamu bikin mupeng rawon, kapan mudik? ayo kita hunting rawon! hidup rawon!

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers