<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\0757109511\46blogName\75mimimama+wawawa...\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://mimimama.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://mimimama.blogspot.com/\46vt\75-8327042964642446593', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

puff the magic dragon

Wednesday, March 21, 2007 by efahmi



dragon is a mythical animal. dragon's appearance is described as having the trunk of a snake, the scales of a carp, the tail of a whale, the antlers of a stag, the face of a camel, the talons of eagles, the ears of a bull, the feet of a tiger, and the eyes of a lobster. bla bla blah... but hey, i found a funny article about dragon's toes on the wiki:

The Chinese dragons have five toes on each foot, Indonesian or Korean dragons have four, and the Japanese dragons have three. To explain this phenomenon, Chinese legend states that all Imperial dragons originated in China, and the further away from China a dragon went the fewer toes it had. Dragons only exist in China, Korea, Indonesia, and Japan because if they traveled further they would have no toes to continue.

hehehehhh... dragons travel on foot, eh? i thought dragons are capable of taking flight :D

Labels:




wishful thinking

Tuesday, March 20, 2007 by efahmi



listen to the ways everything communicates
will it ever be anything more than wishful thinking
oh no there you go
looked away and missed the show
how much wasted time
will you survive
feel the blades of grass
how it brings you back
it will always be
only as green as you can see
oh no there you go
looked away and missed the show
how much wasted time
will you survive
oh yeah fooled again
don't know how and i don't know when
not much else to blame, but wishful thinking




Credits: lyrics by duncan sheik, photography by me.

Labels: ,




on a slow boat to china

Monday, March 12, 2007 by efahmi



i'd like to get you
on a slow boat to china
all to myself alone
to get you and keep you
in my arms evermore
leave all your lovers
weeping on the faraway shore
out on the briny
with the moon big and shinny
melting your heart of stone
darling, i'd love to get you
on a slow boat to china
all to myself alone




Credits: lyrics by renee olstead, photography (+editing) by me.

Labels: ,




tahu teck-teck "pak ali"

Thursday, March 08, 2007 by efahmi



tahu teck-teck "pak ali". walopun cuman depot kecil pinggir jalan, reputasinya sudah kesohor puluhan tahun. lokasinya di jalan dinoyo 147-a, surabaya. tepatnya di sisi timur jalan, persis seberangnya toko roti suzanna (deket jembatan bat).

jalan dinoyo ini nggak punya bahu jalan cukup lebar buat parkiran yg layak. jadi kalo kesitu mending naek motor aja, dan perhatikan timingnya kalo mau ngincipi tahu teck pak ali. buka sore sampek malem. tapi kalo jam2 pulang kantor, jalanan macet. lewat maghrib, waktunya makan malem, warung penuh, terlalu malem keabisan :p jadi bagusnya sekitar 16:30 - 17:00 gitu kalo mau kesitu. bungkus bawa pulang lebih hemat, soale kan nggak perlu beli minum hehe.

soal kebersihan, ya standard warung2 pinggir jalan lah. suasana ruang makan juga sebenernya nggak terlalu spesial, terkesan sumpek, sempit. cuman di temboknya aja dipajang foto/tanda tangan seleb2 yg pernah ngincipi tahu teck-nya pak ali. sekilas keliatan ada katon, nirina, cathy, daniel, nia zulkarnaen, robby tumewu, dan pastinya arletta danisworo + crew wisata kuliner.

nah produknya, tahu tek, ini yg luar biasa.



apa itu tahu tek? gorengan tahu, gorengan kentang, lontong, disiram bumbu petis, terus diatasnya ditaburi kecambah, krupuk.

bumbu petisnya itu yg spesial. pak ali pake petis fresh kualitas wahid, terasa thick, heavy, sedep. tambah lagi campuran kacangnya bikin gurih. terakhir tentu saja komposisi gula + garam yg bikin bumbu jadi rich. optional: boleh tambah lombok sebanyak selera. semua itu diulek alus, lembut di lidah hehe.

itu tadi tahu tek versi pak ali yg original. tapi menanggapi permintaan pasar, pak ali nambah telor ke produknya. ini harusnya berubah nama jadi tahu telor hehe.

soal harga, satu porsi tahu tek dg telor dihargai 7.500 rupiah.

lha kenapa makanan itu disebut tahu tek? konon, dulu tahu macem gini dijajakan pake rombong, ngider keliling jalan. untuk ngundang calon pembeli, itu sutil dipukul2kan ke wajan, jadi bunyi tek-tek-tek... ada sejarah versi lain: bunyi tek-nya dari gunting. iya, motong tahu, kentang, dan lontongnya pake gunting, bukan pisau.

---------

sayangnya pak ali ini cukup puas bertahan dg warung kecilnya. tipikal orang indonesia memang gini, kalo sudah tua, sudah merasa cukup memenuhi kebutuhan hidupnya, udah nggak ada ambisi lagi buat ekspansi.

bandingkan dg colonel sanders, walo sudah pensiun, semangatnya masih on, bisa jualan ayam goreng sampek ke seluruh dunia.

kalo mau, mestinya pak ali nggak akan kesulitan nyari investor buat diajak kerja sama. cari lokasi baru yg strategis, bangun rumah makan lebih gede, ngasih space parkiran lebih luas. bahkan nantinya tahu teck-teck "pak ali" ini potensial di-franchise-kan ke investor lain.

kebab turki baba rafi-nya hendy itu kan contoh bagus. ato paling enggak soto ambengan-nya pak sadi.

warungnya pak ali ini sudah jadi salah satu obyek wisata surabaya, perlu dilestarikan. hayo, sapa mau jadi investornya? sapa mau kerja sama dg pak ali? brand sudah ada, keuntungan sudah di depan mata.

Labels:




cap go meh, barongsai, rekor, dsb.

Tuesday, March 06, 2007 by efahmi

hari minggu kemaren, cap go meh dirayakan secara seru di surabaya. ada konvoi barongsai molai dari kembang jepun sampek ke sanggar agung kenjeran.

acara ini tercatat di museum rekor indonesia sbg event yg melibatkan seniman barongsai paling banyak. di panggung, pembawa acara nyebut total barongsainya ada 108, tapi di koran jawapos tertulis 128. yg mana yg bener yo mbuh, pokok'e itu banyak lah.

asli, punya stamina super mereka itu. kembang jepun - kenjeran itu wes jauh, mereka mesti jalan kaki panas2, begidakan pisan. apa karena faktor extra joss? hehe event ini kebetulan disponsori extra joss, sekalian ditunggangi buat momen launching produk baru extra joss.

anyway, soal cap go meh ato barongsai mungkin nggak perlu banyak dibahas disini. kalo pingin tau apa itu cap go meh ya monggo baca dewe disini, berita tentang acara kemaren juga bisa dibaca di jawapos. ato untuk info lebih lanjut boleh searching di technorati/google. karena lagi coba2 belajaran moto, jadi disini ini saya mau kasih liat beberapa foto menarik (menurut saya menarik).

ok, ini foto2*nya... (click to enlarge)



start di kembang jepun jam 8 pagi, lalu lintas macet total. motor terpaksa diparkir jauh dari lokasi, jalan kaki aja juga susah, harus lihai ndusel.



patung naga, di deket parkiran sanggar agung, kenjeran.



eh, sponsor. boleh diincipi. eh produk barunya maksudnya, rasa apel :D



kesempatan, momen bagus buat nyari rejeki. termasuk buat bapak2 penjual gelembung sabun ini, business is good ya mister?



kecepatan wartawan nulis steno nggak kalah dibanding dokter nulis resep.



mak: le ayo le, melu rame2 numpak praoto yo le
le: praotone atene lungo nang endi mak?
mak: nang penjara le
le: horeee...!




rame, uyel2an, ruwet. mungkin perhitungan panitia meleset, nggak nyangka kalo volume manusia bakal sebanyak ini.



bapak2 pulisi sudah all out, tapi kayaknya masih kurang personel, masih ada aja friksi.



banyak fotografer turun, banyak yg nyambut gawe, lebih banyak lagi yg keliatannya sekedar hobi. termasuk bapak veteran itu. walopun sudah sepuh tapi semangat selalu muda. masih kuat berpanas2 dan dusel2an dg yg muda2. perhatikan dompet, ati2 copet.



walopun di luar rame, orang2 ini tetep khidmat menjalankan ritual ibadahnya.



patung budha berwajah 4, ukurannya gede! asli.


btw ternyata barongsai bisa macem2 warnanya ya, ada yg putih, ungu, pink, sampek oranje. dulunya tak pikir cuman merah sama item aja (male/female barongsai). kira2 apa ya artinya warna pink? gay barongsai?


*) all rights reserved.

Labels:




tertib berhenti di belakang garis

Sunday, March 04, 2007 by efahmi



ya ya pastinya kamu semua sudah pernah mbaca blog ato forwardtan imel bermuatan komplen pengemudi mobil soal perilaku barbar pengendara motor di jalanan. soal kelakuan mereka yg bikin rusuh jalanan, nggak tertib, dsb.

fakta di lapangan = memang banyak motor sering ngelewati marka di setopan. lebih seru lagi, ada oknum yg nyolong start sebelom lampu ijo. let's go.

tapi, apa para pengemudi mobil itu sendiri lebih mulia perilakunya? lebih tertib? nggak suka serobot2an? ato sebenernya nggak bisa serobot2an karena kendaraannya lebar, jadi nggak lincah nyerobot?



satu sama. idem ditto. jadi pada intinya adalah pengendalian diri *halah* manusia memang gampang khilaf di jalanan. apalagi momen2 buyaran kantor sekitar maghrib gitu, lalu lintas gampang mancing emosi hihihi... mungkin ada baiknya kita berguru lebih lanjut pada aa gym. belajar ilmu manajemen qalbu maksudnya. bukan maruk ikut2 belajar poligami, nggak usah ikut2 nyari istri kedua. karena kamu jelek, dapet jodoh satu aja untung2an, butuh perjuangan keras pula hahahh.

Labels:




mathematical funfair

Friday, March 02, 2007 by efahmi

teka teki di bawah ini diambil dari koleksi lawas brian bolt, the mathematical funfair, cambridge university press, 1989, isbn 979-403-878-4.

reuni ibu ibu

pada sebuah acara reuni sekolah, lima ibu2 yg semasa sekolahnya merupakan teman kental duduk mengelilingi sebuah meja. (pada waktu mereka masih sekolah, nama akrab mereka masing2 adalah: siska, santi, sari, sita dan susi. tetapi, kini, ketika semuanya sudah menikah, mereka juga sering dipanggil bu + nama suami mereka). masing2 memesan segelas minuman, sepiring makanan berikut dessert pencuci mulut. siska dan bu santoso memesan kola, sedangkan sita dan bu siregar memesan es kelapa kopyor. bu saleh hanya memesan air putih karena ia sedang diit. siska dan bu sadikin memesan steak. sari dan bu saleh memesan ayam goreng. untuk dessert, sari dan bu subangun memesan puding, sedangkan santi dan bu saleh memesan es krim. ibu yg lain memesan salad buah. tidak ada dua ibu yg duduk berdekatan memesan hidangan yg sama.

siapa yg memesan ayam panggang dan apa yg dimakan susi?


kalo yg di bawah ini dari koleksi lain brian bolt, a mathematical pandora's box, cambridge university press, 1993, isbn 979-605-030-7.

mengukur lebar sungai

dalam perjalanannya menjelajahi daerah pedalaman, dr. shah dan keponakannya ravi sampai di tepian sebuah sungai yg cukup lebar. dr. shah menantang ravi untuk mengukur lebar sungai namun tidak boleh kebasahan. ravi menjawab tidak mungkin sebab ia tidak mempunyai alatnya, namun dr. shah meyakinkan bahwa, dengan sedikit berpikir dan mencoba, ia akan dapat mengukur lebar sungai dalam satuan langkahnya dg sangat mudah. dan, memang benar, ravi berhasil. apakah kalau anda menjadi ravi juga akan berhasil? tentu saja di situ tidak ada jembatan!


yak, segitu dulu. permainan tersebut di atas bisa diselesaikan secara matematis lho, bukan sekedar pertanyaan akal-akalan kayak gimana caranya masukkan gajah ke dalem kulkas. jadi siapkan kopi, camilan, dan kertas oret2an kalo perlu. selamat menikmati dan have a nice day :)

tak tunggu di comsys, sapa yg bisa ngasih jawaban bener paling cepet?



bonus: sudoku dari google gadgets.

update: sudoku-nya dihapus aja, karena saya ternyata script sudoku dari google gadget ini nggak asik :p anyway, kalo mau maen sudoku digital ya silakan cari sendiri di internet. ato boleh pasang sudoku sendiri di blog kamu pake script dari google gadget (kalo suka) hehehhh.

Labels:




fortune teller?

by efahmi

walopun jaman sudah Modern gini ternyata praktik klenik dan ilmu perdukunan masih laku dijual. tiap minggu/bulan/tahun kolom ramalan bintang di koran/majalah masih laris dibaca. lhA padahal informasi begituan sudah nggak akurat lagi toh Ya? zodiak kan sekarang sudah jadi 13 macem, haha :D

beberapa hari yg lalu sempat dicurhati temen lama, katanya dia Abis diramal orang. biasaaa... soal jodoh, bla bla blah dia bilang dukunnya sok tau, dibilang bakal ketemu jodoh waktu umur sekian, dst...

lha lapo ngomel2i dukun coba? sapa suruh konsultasi begituan ke dukun? kalo kesulitan bergaul mestinYa berguru sama carnegie sana.



jadi sebenerNya apa toh fortune teller itu? apa yg mereka lakukan?

aslinya modal sEniman klenik itu adalah pErmainan cold reading. ini keterampilan mbaca profil orang dari bahasa tubuh. Di awal pertemuan, dari keras/lembutnya jabat tangan saja fortune teller sudah bisa nebak tingkat ke-percaya-diri-an klien, lebih dari itu juga fortune teller bisa tau si klien itu sedang sediH, gelisah, marah ato yg lain. mata, tangan, senyum, cara duduk dll juga ngasih sinyal2 yg lain.

bla bla blah lebih lanjut kalo mau bErmain2 dg cold reading, boleh baca bukunya richard webster yg juduLnya quick and effective cold reading, terbitan brookfield press, isbn 0-86467-035-4. ato how to build up a psychic practice with full length cold readings, brookfield Press, isbn 0-86467-037-0.

---------

contoh kasus: kalo yg dateng minta diramal itu gadis berpakaian Mahal, berdandan modis, maka gampang dibaca kalo gadis itu punya banyak teman, tapi terlalu suka pilih2 dlm berteman. si gadis kurang pinter ngatur keuangan. dan si gadis juga punya masalah dg kekasihnyA.

fyi: 90% wanita muda Yg Dateng ke peramal, pasti masalahnya soal cintA. kalo Yg dateng ibu2, pasti urusan anak. fortune teller itu memanfaatkan ilmu psikologi, nggak lebih nggak kurang.

---------

contoh kasus lain: kali ini kliennya laki2, nemui fortune teller MAlem hari. oleh si fortune teller dibilang "kamu orangnya suka kerja keras, tangguh dlm menghadapi masalah, tapi kadang kurang bisa handle masalah Yg tampaknya kecil. kamu kadang nggak bisa tidur cuman karena masalah kecil itu belom selesai. kamu juga termasuk orang yg banyak teman. kekuranganmu, kamu kurang bisa njaga rahasia, kamu punya masalah kesehatan, terutama di tenggorokan dan perut. sering terlambat makan. betul gitu?"

fortune teller, sebenernya nggak menerawang pribadi si klien itu. fortune teller cuman mbaca orang kebanyakan. bukannya semua orang punya masalah yg sama? semua orang pasti seneng kalo Dibilang mampu ngatasi masalah, semua orang yA kesulitan tidur kalo ada masalah Yg belom beres, dan kebanyakan orang memang kesulitan nyimpen rahasia.

lanjut soal kesehatan tenggorokan dan perut, ini gampang dibaca, klien ngerokok. tambah lagi kebiasaan klien pulang larut Malem, pastinya juga jarang makan tepat waktu.

---------

nah, setelah fortune teller berhasil 'mbaca' profil kliennya (dan pastinya diApprove betul sama kliennya), fortune teller itu menguasai kepercayaan si klien.

kalo sudah gini, klien menganggap fortune teller itu betulan 'sakti'. jadi apa pun nanti Yg bakal diomongkan, pastinya juga bakal betul. termasuk juga kalo Dibilang "kamu bakal berjodoh dg orang bule". Atau "kamu bakal ketemu soul mate-mu nanti di usia 25".

secara nggak sadar, omongan fortune teller itu dibikin jadi kenyataan oleh si klien sendiri. karena dibilang bakal berjodoh dg orang bule, jadi muncul sugesti nggak mau lagi ngelirik inlander, menutup mata pd oriental, afro, dsb. pokoknya harus kaukasia.

---------

lalu gimana kalo ternyata ramalannya mbleset? halah lha wong ramalan gitu aja kok dipercaya, Ya wajar aja to kalo nggak akurat. mayoritas ramalan itu kan memang nggak bener. iya toh?

tapi kalo ada satu aja kasus yg ternyata akurat, See? what did i tell ya???

terus itu klien jadi terkagum2 dg kesaktian sang fortune teller. ini yg diingat kuat, bahwa fortune teller itu ternyata bener. segala ramalan yg mbleset itu tadi ya wes lupa.

hehe fakta yg lucu = banyak yg secara sadar digombali dukun, tapi ya tetep fine fine aja tOh. karena memang pada dasarnya Seneng digombali :p

kalo kamu gimana?

Labels:




about

forza ferrari!
mimimama, male, surabaya, addicted to velocity, extreme sports, and adrenaline pumping activities, more...

shoutbox

recent comments

recent posts

archives

search

merdeka.or.id

fenty's blogs

friends' blogs

more blogs

stickers